Keren! Robot Ini Bisa Dioperasikan Penyandang Disabilitas

Techno | Minggu, 2 Desember 2018 18:22
Keren! Robot Ini Bisa Dioperasikan Penyandang Disabilitas

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Bukan hanya bisa dioperasikan oleh mereka yang normal, tapi juga membantu pekerjaan para disabilitas.

Dream – Kafe dengan robot yang bekerja sebagai pelayan itu adalah hal yang lumrah. Tapi, jika robot yang dikendalikan oleh orang yang lumpuh, itu baru luar biasa.

Kafe dengan layanan robot ini ada di restoran di Tokyo, Jepang. Dikutip dari Next Shark, Minggu 2 Desember 2018, kafe ini bernama Dawn.

Sepuluh orang yang mengidap penyakit Amyotrophic Lateral Sclerosis (ALS) dan nyeri saraf belakang dipekerjakan di restoran itu. Mereka mengoperasikan OriHime-D, robot berukurn 120 cm dari rumahnya untuk berkomunikasi, bergerak, dan memegang objek tertentu.

Setiap operator robot akan dibayar 1000 yen per jam. Robot ini juga bisa digunakan untuk menjaga anak-anak dan aktivitas lainnya,

Dawn (Diverse Avatar Working Network), juga merupakan kafe yang sama di film kartun “ Timr of Eve” yang dirilis 2008. Di film itu, manusia dan robot saling berinteraksi.

Kafe ini terletak di Distrik Akasaka, Jepang. Dibuat atas kerja sama Ory, All Nippon Airways (ANA),  Nippon Foundation, dan Avatar Robotic Consultative Association (ARCA).

Rumah makan itu dibuka pada 26 November 2018. Sayangnya, bakal berakhir pada 7 Desember 2018. (mut)

 

Terkait
Jerry Aurum Resmi Ditahan & Pakai Narkoba Sejak Lama
Join Dream.co.id