Bangun Pabrik Chip Baru, Samsung Habiskan Dana Rp242,4 Triliun

Techno | Kamis, 25 November 2021 16:34

Reporter : Alfi Salima Puteri

Pabrik ini rencananya akan membuka 1.800 lapangan pekerjaan.

Dream - Samsung secara resmi mengumumkan pembangunan pabrik chip canggih baru di Texas, Amerika Serikat. Proyek ini diperkirakan menelan biaya sekitar US$17 miliar atau sekitar Rp242,4 triluin.

Pabrik ini rencananya akan menyedot 1.800 lapangan pekerjaan. Pabrik yang berlokasi di Kota Taylor itu memiliki luas sekitar 1.200 hektare, lebih besar dari pabrik di Austin.

“ Dengan kapasitas produksi yang lebih besar, kami akan dapat melayani kebutuhan pelanggan dengan lebih baik dan berkontribusi pada stabilitas rantai pasokan semikonduktor global,” ujar Vice Chairman dan CEO Device Solutions Division di Samsung Electronics, Kinam Kim, dikutip dari The Verge, Selasa 23 November 2021.

Samsung berencana memulai pembangunan tahun depan, dan mulai memproduksi chip pada tahun 2024. Pada akhirnya, Samsung diharapkan mulai menggunakan pabrik baru untuk memproduksi prosesor, untuk digunakan sendiri dan produk perusahaan lain.

Bangun Pabrik Chip Baru, Samsung Habiskan Dana Rp242,4 Triliun
Foto: Ilustrasi/Shutterstock
2 dari 6 halaman

Peringanan pajak properti lebih dari 90%

 Ilustrasi© shutterstock

Selain mitra yang ada di Texas, Samsung berterima kasih kepada pemerintahan Biden karena telah menciptakan lingkungan yang mendukung perusahaan seperti Samsung.

“ Saat kami bekerja untuk memperluas manufaktur semikonduktor terdepan di Amerika untuk produksi dan inovasi chip domestik,” kata Kim.

Kota Taylor juga menawarkan insentif kepada Samsung untuk menempatkan pabriknya di sana, yang dilaporkan menghasilkan keringanan pajak properti lebih dari 90 persen untuk sepuluh tahun pertama.

Pabrik di Taylor akan memproduksi chip canggih untuk perusahaan lain berdasarkan desain mereka. Laporan sebelumnya telah mengindikasikan pabrik baru ini dapat menghasilkan chip 3nm.

Samsung sebelumnya telah memproduksi chip untuk perusahaan seperti Qualcomm dan Nvidia.

3 dari 6 halaman

Nilai baru untuk pabrik chip baru

Saat ini pemerintahan Biden berusaha untuk meningkatkan produksi chip Amerika, mengurangi potensi gangguan rantai pasokan, dan membalikkan penurunan pangsa manufaktur negara itu dalam beberapa dekade terakhir.

Senat baru-baru ini menyetujui subsidi sebesar US$52 miliar untuk pabrik pembuat chip baru, meskipun aturannya belum disahkan.

Industri pembuatan chip memiliki rencana peningkatan kapasitas produksi, tapi banyak dari pabrik baru tidak akan beroperasi dalam waktu dekat.

Pabrik chip baru TSMC dan Sony senilai US$7 miliar di Jepang tidak akan memulai produksi hingga akhir tahun 2024, tahun yang sama dengan pabrik baru TSMC senilai US$12 miliar di Arizona.

TSMC mengatakan pihaknya berencana untuk menginvestasikan lebih dari US$100 miliar di pabrik chip baru selama tiga tahun ke depan.

Sementara Intel berencana untuk menghabiskan jumlah yang sama selama dekade berikutnya untuk investasi di Amerika dan Eropa.

4 dari 6 halaman

Galaxy Z Flip3 5G Dinobatkan Salah Satu Penemuan Terbaik 2021

Dream - Sebelum kebangkitan era smartphone, produsen mencoba berbagai macam bentuk dan desain telepon genggam untuk melihat mana yang paling disukai pasar.

Dari telepon candy bar dengan dial pad-nya hingga model yang lebih mutakhir seperti flip phone dan slider, sampai telepon genggam dengan keyboard QWERTY.

Galaxy Z Flip3 5G Bikin Penampilan Makin Stylish, Favorit Para Trendsetter!

Namun pada saat itu, hanya flip phone-lah yang benar benar mencuri hati para konsumen: ringkas untuk ditaruh di saku, namun bisa ‘dibuka’ untuk memberikan lebih banyak fitur.

Menjaga semangat inovasi tersebut tetap menyala, Samsung telah bekerja dengan keras untuk mengembangkan perangkat seluler next generation–perangkat yang dapat mengombinasikan kekuatan smartphone masa kini dengan gaya flip phone yang portable.

 Samsung Galaxy Z Flip3 5G© Istimewa

Melalui peluncuran Galaxy Z Flip3 5G, Samsung telah menemukan titik yang pas, terbukti dari reaksi positif konsumen dan para tech enthusiast terhadap inovasi, kesiapan teknologi, ketahanan, serta style dari perangkat Galaxy Z Flip3 5G.

Kombinasi inilah yang akhirnya membuat TIME Magazine menobatkan Galaxy Z Flip3 5G sebagai salah satu dari “ The 100 Best Inventions of 2021,” yang dipenuhi daftar kreasi-kreasi yang paling groundbreaking dari seluruh dunia tahun ini–sebuah pencapaian yang berhasil diraih oleh Samsung setelah tiga generasi inovasi foldables.

5 dari 6 halaman

Melalui banyak usaha dan dedikasi, era flip phone akhirnya terlahir kembali–dengan segala inovasi dari smartphone modern.

" Beberapa tahun ke belakang, banyak produsen telah berusaha untuk menggabungkan fungsi dari smartphone dengan bentuk ringkas dari flip phone era 2000-an–dengan hasil yang biasa-biasa saja. Namun, dengan Galaxy Z Flip3, Samsung akhirnya menemukan kesuksesan," tulis TIME Magazine dalam ulasannya.

Galaxy Z Flip3 5G Bikin Kamu Jadi Trendsetter Masa Kini

 Samsung Galaxy Z Flip3 5G© Istimewa

Masih menurut Time, Z Flip sama ringkasnya dengan perangkat dari dua dekade sebelumnya, namun sebagai ganti dari layar yang kecil dan dial pad fisik, terdapat layar 6,7 inci yang vibrant, dengan layar lainnya di bagian cover depan sehingga dapat dengan mudah membaca pesan atau panggilan masuk ketika perangkat dalam keadaan tertutup.

Lebih hebat lagi, lanjut Time, banderol 999 dolar AS, menjadikannya mainstream phone dengan foldable display pertama yang dihargai di bawah 1.000 dolar AS.

6 dari 6 halaman

" Kami mengucapkan terima kasih kepada para pelanggan setia yang telah menjadikan inovasi kami sebagai tren smartphone baru di 2021. Dukungan dan feedback membangun dari pelanggan lah yang telah membawa smartphone foldable kami, Galaxy Z Flip3 5G, sampai sejauh ini," ujar Yoonsoo Kim, President of Samsung Electronics Indonesia dalam keterangan tertulis, Kamis 25 November 2021.

 Samsung Galaxy Z Flip3 5G© Shutterstock.com

Kamera Super Hebat Samsung Galaxy Z Fold3 5G, Biasa Apa Saja?

Di Indonesia, 58% pengguna Galaxy Z Flip3 adalah milenial dan generasi z. Mereka adalah trendsetter sejati dengan smartphone foldable di genggaman.

" Desain inovatif dan compact, Flex Mode, dan fitur-fitur hands-free multitasking telah menetapkan tren baru, menunjukkan fungsionalitas, pengalaman penggunaan, dan keterjangkauan dapat menyentuh lebih banyak konsumen Indonesia dan mengembangkan cara mereka bekerja berekspresi, dan berkreasi,” imbuh Yoonsoo.

Join Dream.co.id