Apa Itu Podcast? Inilah Sejarah Perkembangan Podcast

Techno | Rabu, 27 Mei 2020 19:12
Apa Itu Podcast? Inilah Sejarah Perkembangan Podcast

Reporter : Ulyaeni Maulida

Podcast menjadi sarana berbagi informasi sesuai dengan topik yang diinginkan pendengar.

Dream – Selain Youtube atau TikTok, Podcast juga menjadi tren baru selama beberapa bulan terakhir. Podcast adalah sebuah berkas audio yang harus unduh untuk dapat mendengarkannya. Mirip siaran penyiar radio, podcast membahas banyak topik sesuai selera pendengarnya. Kamu punya kendali penuh untuk memilih siaran podcast yang didengarkan serta dapat diputar secara berulang.

Namun seiring perkembangan zaman, podcast tak lagi hanya berupa berkas audio semata. Seperti contohnya podcast pada salah satu channel youtube di Indonesia. Podcast yang disajikan tak sekadar menampilkan audio namun juga disuguhi dengan video yang juga dapat di tonton.

Saat ini, membuat podcast jauh lebih mudah dan praktis. Tidak seperti dulu yang membutuhkan dana yang cukup besar. Inilah penyebab podcast dapat berkembang dengan pesat.

2 dari 4 halaman

Sejarah Podcast

 Podcast© Pixabay.com

 

Podcast berasal dari kata iPod + Broadcasting. Podcast dulunya hanya dirancang untuk dapat digunakan pada Mac dan Ipod. Dan pada tahun 2007 adalah tahun kepopuleran podcast. Dan dapat bertahan hingga saat ini. Di indonesia sendiri, podcast mulai populer sejak tahun 2012.

Dahulu untuk mendapatkan podcast lebih sulit dibandingkan zaman sekarang. Karena terkendala oleh akses internet. Sehingga untuk dapat mendengarkan podcast, harus diunduh terlebih dahulu. Bahkan pada awalnya podcast harus berlangganan terlebih dulu.

Podcast juga dulunya hanya dapat digunakan pada Iphone atau Ipad. Karena podcast sendiri adalah sebuah rancangan yang diciptakan oleh Apple. Namun semakin kesini, podcast sudah dapat diakses dari berbagai jenis sistem operasi, baik android ataupun windows.

Sistem akses yang fleksibel ini membuat podcast semakin populer dan dapat diakses banyak pendengar.

3 dari 4 halaman

Cara Mendengarkan Podcast

 Podcast© Pexels.com

 

Untuk dapat mengakses dan mendengarkan podcast, kamu dapat melakukan beberapa langkah berikut ini:

  1. Gunakan smartphone, sistem operasinya pun bebas. Tidak harus IOS.
  2. Unduh aplikasi podcast. Kamu dapat mengunduh berbagai aplikasi podcast baik itu yang diunduh melalui AppStore ataupun PlayStore.
  3. Pilih podcast yang kamu ingin dengarkan. Podcast banyak membahas tema-tema yang sesuai dengan perkembangan zaman. Kamu bebas memilih sesuai yang diinginkan.

Namun jika kamu sudah terbiasa dengan podcast yang sudah banyak dibuat oleh para youtuber, kamu hanya perlu mendengarkan podacst tersebut melalui youtube. Sesuai dengan topik yang kamu inginkan.

 

 

 

4 dari 4 halaman

Perbedaan Podcast dan Radio

 Podcast© Pexels.com

 

Hal yang paling mencolok antara podcast dan radio adalah kamu bebas menentukan topik apa yang ingin kamu dengarkan pada podcast. Sedangkan radio, kamu harus menyesuaikan dengan tema dari penyiar radio.

Selain itu podcast juga dapat diunduh melalui aplikasi yang sudah tersedia di AppStore ataupun Playstore. Sedangkan radio, harus didengarkan sesuai dengan jam tayang yang telah ditentukan.

 

(Diambil dari berbagai sumber)

Join Dream.co.id