Pada 2020, Deretan Smartphone Ini Tak Bisa Lagi Pakai WhatsApp

Techno | Minggu, 15 Desember 2019 15:23
Pada 2020, Deretan Smartphone Ini Tak Bisa Lagi Pakai WhatsApp

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Smartphone kamu salah satunya?

Dream – WhatsApp akan menghentikan dukungan untuk iOS, Android, dan Windows Phone versi lama mulai 31 Desember 2019. Akan ada jutaan pengguna WhatsApp dengan smartphone lawas yang akan kehilangan akses ke platform ini.

Dikutip dari Liputan6.com, Minggu 15 Desember 2019, dalam persyaratan akses WhatsApp, pengguna hanya bisa memakai platform ini jika gawai mereka mengunakan iOS 9 atau Android 3 ke atas.

Sementara, seluruh smartphone Windows Phone akan kehilangan akses WhatsApp setelah 31 Desember 2019.

2 dari 6 halaman

Ini Daftarnya

Berikut ini adalah daftar smartphone yang tak bisa lagi menggunakan WhatsApp akhir tahun, menurut Lifehack.

 

 Ini Daftarnya

 

1. iPhone yang lebih lawas dari iPhone 5, misalnya iPhone 4 dan iPhone 4s.

2. Seluruh perangkat Microsoft Lumia

3. Seluruh smartphone seri HP Elite

4. Android yang diluncurkan setelah tahun 2010 atau sebelumnya. Misalnya saja Google Nexus One, Samsung Epic 4G, dan Motorola Droid X.

3 dari 6 halaman

Diminta Update OS

Pengguna juga diminta untuk meng-update sistem operasi smartphone mereka jika masih memungkinkan. Jika tidak, pengguna smartphone lawas bisa meng-upgrade perangkatnya ke versi lebih baru untuk bisa kembali memakai WhatsApp.

 Diminta Update OS

Langkah WhatsApp ini tidaklah mengejutkan, pasalnya, teknologi yang lawas memang biasanya ditinggalkan karena perusahaan beralih ke teknologi yang lebih baru untuk meningkatkan layanan.

Apalagi kini Facebook telah mengontrol WhatsApp dan berencana membuat WhatsApp terintegrasi dengan Facebook Messenger dan Instagram Messages.

4 dari 6 halaman

Jutaan Pengguna Tak Bisa Akses

Pada 2020, bakalan ada jutaan pengguna yang berpotensi kehilangan akses ke aplikasi milik Facebook tersebut. Kenapa?

Dikutip dari laman bantuan di web perusahaan, WhatsApp tidak akan bisa lagi dipakai di smartphone yang menjalankan iOS dan Android lawas.

Adapun OS yang tidak mendukung WhatsApp lagi, yakni perangkat yang masih menjalankan iOS 8 atau sebelumnya.

Sementara itu, perangkat Android yang sudah tidak bisa memakai WhatsApp adalah smartphone yang menjalankan Android 2.3.7 atau sebelumnya. (mut)

(Sumber: Liputan6.com/Agustin Setyo Wardani)

5 dari 6 halaman

WhatsApp Kenalkan Fitur Katalog untuk UKM

Dream - WhatsApp mengenalkan fitur Katalog. Fitur ini akan muncul di WhatsApp Business.

WhatsApp hari ini menyelenggarakan pelatihan perdananya di Jakarta. WhatsApp mengundang para pebisnis kecil untuk mendapatkan keterampilan fotografi pemasaran dan mendapatkan manfaat penuh dari fitur Katalog.

" Kami meluncurkan Katalog untuk memudahkan para pebisnis kecil menciptakan etalase secara mobile, yang membantu mereka untuk menampilkan dan membagikan informasi produk kepada para pelanggannya. Dengan Katalog, pelanggan dapat dengan mudah menjelajah dan menemukan sesuatu yang ingin dibeli," kata Sravanthi Dev, Direktur Komunikasi WhatsApp Asia Pasifik, dalam keterangan resminya, Rabu, 4 Desember 2019.

 

 WhatsApp Kenalkan Fitur Katalog untuk UKM

 

Membuat katalog dengan aplikasi WhatsApp Business hanya memerlukan beberapa langkah mudah. Hal terpenting bagi pebisnis kecil yaitu mempersiapkan galeri foto produk dan jasa yang lengkap dan konsisten.

“ Melalui pelatihan hari ini, kami ingin meningkatkan keterampilan fotografi pelaku bisnis kecil dan membantu mereka menghasilkan foto yang menarik agar dapat memikat para pelanggan dengan produk ataupun jasa yang mereka tawarkan,” ucap dia.

 

6 dari 6 halaman

Edukasi WhatsApp untuk UKM

 Pelatihan fotografi di WhatsApp Business (Foto: Istimewa)

Pelatihan fotografi di WhatsApp Business (Foto: Istimewa)

Selain membantu pelaku bisnis kecil untuk memanfaatkan fitur Katalog terbaru secara maksimal, WhatsApp juga memberikan sesi edukasi khusus untuk mengembangkan usaha mereka lebih cepat dengan WhatsApp Business.

Katalog yang dibuat oleh para pebisnis kecil akan tampil pada laman profil bisnisnya. Setiap produk dan jasa dalam katalog bisa diberi nama yang unik termasuk deskripsi produk, tautan situs bisnis, dan kode produk.

Penanda ini dapat memudahkan pelanggan untuk mengidentifikasi produk dalam katalog. Pelaku bisnis dapat mengunggah maksimal 500 foto produk atau jasa ke dalam katalog mereka.

Fitur Katalog sudah tersedia pada aplikasi WhatsApp Business untuk ponsel pintar dengan Sistem Operasi Android dan iPhone di Indonesia.

4 Januari, Hari Bahagia dan Paling Sedih Rizky Febian
Join Dream.co.id