Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Ada Unicorn, Decacorn, Hectocorn, Apa Sih Bedanya?

Ada Unicorn, Decacorn, Hectocorn, Apa Sih Bedanya? Grab Menjadi Startup Pertama Di Asia Tenggara Yang Meraih Status Decacorn. (Foto: Grab)

Dream - Kehadiran startup yang kini kian berkembang pesat bukan hanya baik bagi bisnis tanah air, tapi juga telah menawarkan solusi sehari-hari yang memudahkan segala urusan.

Jika selama ini kamu hanya mengenal istilah unicorn, ternyata masih ada level-level lainnya di dunia startup. Yuk, tambah wawasanmu soal tingkatan perusahaan rintisan berikut ini.

Ada 6 Level Startup

Untuk menghitung nilai startup, ada beberapa cara yang bisa digunakan. Tapi yang paling mudah adalah menunjukkan profit bisnis, berapa banyak fitur yang telah dibuat, respon pengguna, hingga pertumbuhan user.

Di dunia startup sendiri, ada 6 tingkatan yang dimulai dari cockroach, pony, centaurs, unicorn, decacorn, dan hectocorn.

Tiga tingkatan awal startup biasanya menandakan langkah-langkah pertama dari pertumbuhan startup. Mulai dari memulai bisnis, giat melakukan promosi, hingga menaklukkan tantangan untuk mengembangkan valuasinya ke tingkat selanjutnya.

Tiga Level Teratas di Dunia Startup

Untuk tiga level teratas dari valuasi startup dimulai dari tingkat unicorn yang ditujukan untuk perusahaan rintisan yang memiliki nilai US$1 miliar. Sedangkan tingkat selanjutnya diberi gelar decacorn yang nilainya 10 kali lipat dibanding unicorn atau setara dengan US$10 miliar.

Level paling tinggi untuk startup dikenal dengan hectocorn yang diberikan saat valuasinya menembus US$100 miliar. Beberapa nama yang berhasil mencapai tingkat tertinggi ini adalah Apple, Google, dan Microsoft.

Grab Masuk ke Peringkat 14 Decacorn Dunia

Hingga kini, dari 300 lebih startup unicorn di seluruh dunia, baru ada 20 startup yang menembus decacorn. Hebatnya, Grab masuk ke peringkat ke-14 dan menjadi startup Asia Tenggara pertama yang mencapai level ini.

Di akhir tahun 2018, perusahaan rintisan yang bermarkas di Singapura ini berhasil meraih investasi lebih dari US$4,5 miliar dengan Softbank Vision Fun sebagai investor terbesar.

Pencapaian ini sekaligus mengawali visi Grab sebagai superApp nomer satu di Asia Tenggara. Diharapkan mampu menawarkan solusi untuk kebutuhan sehari-hari, Grab siap menyediakan layanan transportasi, pengiriman barang dan makanan, pembayaran mobile, dan hiburan digital.

Rahasia Grab Raih Level Decacorn

Kabar menggembirakan ini seakan jadi pembuktian langkah berani Grab yang dilakukan di tahun 2018. Mulai dari mengakuisisi Uber di Asia Tenggara hingga menjalin kerjasama dengan OVO sebagai alat pembayaran dan HOOQ untuk layanan video streaming.

Hal ini sejalan dengan komitmen Grab untuk menghadirkan layanan berkualitas terbaik dengan tarif paling terjangkau dan menjamin efisiensi waktu.

Untuk mewujudkan visi tersebut, Grab menginvestasikan dananya untuk mengembangkan inovasi pada fitur-fitur baru yang memanjakan pengguna setianya. Selain itu, startup yang didirikan pada tahun 2012 ini juga mengusung filosofi platform terbuka yang dapat menyatukan para mitra, demi hidup yang lebih baik bagi semua yang tinggal di Asia Tenggara.

Sudah tahu bedanya unicorn, decacorn, dan hectocorn, kini tinggal tunggu waktu bagi Grab untuk meningkatkan levelnya dari decacorn ke hectocorn.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
10 Nama Unik Orang Indonesia yang Sudah Terungkap Sampai Saat Ini, Penasaran Idenya Darimana?

10 Nama Unik Orang Indonesia yang Sudah Terungkap Sampai Saat Ini, Penasaran Idenya Darimana?

Saat mendengar namanya, kamu bisa geleng-geleng kepala karena heran ada orang dengan nama seperti itu.

Baca Selengkapnya
Deretan Hewan dengan Lidah Biru, Unik tapi Ada yang Berbahaya

Deretan Hewan dengan Lidah Biru, Unik tapi Ada yang Berbahaya

Deretan hewan yang memiliki warna biru pada lidahnya, salah satunya ada jerapah!

Baca Selengkapnya
10 Jenis Hewan yang Punya Kumis, Lalu Apa Fungsinya?

10 Jenis Hewan yang Punya Kumis, Lalu Apa Fungsinya?

Inilah beberapa daftar hewan yang memiliki kumis. Apa sebetulnya fungsi kumis buat hewan?

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Ini 6 Jenis Sapi Terunik di Dunia, Ada yang Bulunya Mirip Jerami

Ini 6 Jenis Sapi Terunik di Dunia, Ada yang Bulunya Mirip Jerami

Tanpa disadari, sapi memiliki banyak sekali jenis dengan berbagai keunikan. Yuk, simak 6 jenis sapi paling unik di dunia!

Baca Selengkapnya