Viral Atlet Pencak Silat Nonmuslim Pakai Hijab saat Tanding, Ternyata Ini Alasannya

Stories | Selasa, 9 Agustus 2022 13:00

Reporter : Okti Nur Alifia

Wanita beragama Kristen ini mengaku tidak ada paksaan saat memakai hijab, begini alasan lengkapnya.

Dream - Merrywati Manuil, atlet pencak silat Malaysia, menjadi sorotan publik atas aksinya di arena pertandingan karena wanita yang mengaku beragama Kristen ini memakai hijab saat bertanding.

Penampilan itu menjadi pertanyaan bagi publik, yang disadari pula oleh Merrywati. Atlet berasal dari Keningau, Malaysia, ini ternyata punya alasan khusus memakai hijab. 

 merrywati manuil© Instagram @wawatty_

Dia mengatakan bahwa memakai hijab saat pertandingan adalah untuk menghormati kebudayaan pencak silat. Meskipun tidak diwajibkan, dia tetap memilih untuk memakai kain yang menutupi kepalanya itu.

Viral Atlet Pencak Silat Nonmuslim Pakai Hijab saat Tanding, Ternyata Ini Alasannya
Viral Atlet Pencak Silat Non Muslim Pakai Hijab Saat Tanding, Ternyata Ini Alasannya (Instagram @wawatty)
2 dari 5 halaman

“ Banyak yang tertanya kenapa saya pakai tudung (hijab) walaupun saya Kristian😊 Silat adalah warisan orang-orang melayu. Saya sebagai orang bukan melayu sangat menghormati, menggagumi dan mencintai SILAT. Walaupun tidak diwajibkan untuk memakai tudung (hijab) tetapi saya lebih memilih untuk memakai tudung (hijab) ketika pertandingan,” tulis Merrywati dalam akun Instagram @wawatty_ pada Senin, 8 Agustus 2022.

Menurutnya, hijab bukan hanya sekadar menutup aurat bagi wanita tetapi menunjukkan kesopanan saat dalam pertandingan. Ketika Merrywati memakai hijab, dia mengaku itu murni dari dirinya sendiri tanpa ada paksaan dari pihak manapun.

 merrywati manuil© Instagram @wawatty_

“ TUDUNG bukan sahaja wajib untuk menutup aurat bagi wanita melayu tetapi bagi sy untuk nampak lebih sopan, kemas dan beradab semasa pertandingan. Semestinya TIADA paksaan dari mana mana pihak,” ungkapnya.

3 dari 5 halaman

Atlet berusia 21 tahun ini berharap pengakuannya bisa menjawab rasa penasaran orang-orang yang mempertanyakan kenapa dirinya memakai hijab.

“ Saya belajar ILMU orang melayu sudah tentu saya mengikuti dan melakukan apa yang saya pelajari.Semoga persoalan berkaitan memakai tudung ini terjawab,” ujarnya.

 merrywati manuil© Instagram @wawatty_

Sebagai informasi, belum lama ini Merrywati meraih juara 1 dalam 19th World Pencak Silat Championship 2022 di Melaka, Malaysia yang diselenggarakan pada 25-31 Juli 2022.

4 dari 5 halaman

Pengakuannya ini mendapat dukungan dari warganet atas rasa respect yang dilakukan sang atlet.

" Betul. Tidak slh pkai tudung. Biarpun kita agama lain. Asalkan tidak menimbulkan masalah. #respect."

" Bah. Begitu lah tu. Respect... Syukur penjelasan yg padu. Keliru yg x tahu... Terima kasih."

" Mantapp bahhh🔥."

" Astaga mandak Sabahan pula ini patut lah aura keyakinan tu bg sya nmpak menyerlah betul.Tahniah kerana menang &bagi pencerahan yg jelas&bijak 😎👍..Terima kasih sebab harumkan nama negara&negeri ..poingka 👍👍."

" Cantiknya❤️❤️❤️."

5 dari 5 halaman

      View this post on Instagram      

A post shared by Merrywati 🌸 (@wawatty_)

 

Join Dream.co.id