Viral Video Penolakan UAS di Jonggol

News | Kamis, 16 Juni 2022 16:00

Reporter : Okti Nur Alifia

“Maka saat ini kami Forum Masyarakat Cinta Damai Citra Indah City dengan berat hati menolak kedatangan Ustaz Abdul Somad untuk datang ceramah di tempat kami,” kata salah satu warga.

Dream - Sebuah video yang menunjukkan sejumlah orang menolak kedatangan Ustaz Abdul Somad di Jonggol, Bogor, Jawa Barat, viral di media sosial. Video itu diunggah oleh akun Twitter @Dewie011 pada 13 Juni 2022. 

Menurut salah seorang dalam video itu, pendakwah yang kondang dengan panggilan UAS itu bakal hadir dalam acara tabligh akbar di Citra Indah City pada 17 Juni 2022.

Dalam video dua menit 20 detik itu, para pria itu mengaku sebagai masyarakat Citra Indah City yang telah lama menempati perumahan ini dengan penuh ketentraman, kedamaian, serta harmonis.

Viral Video Penolakan UAS di Jonggol
Ustaz Abdul Somad (Foto: Instagram/ustadzabdulsomad)
2 dari 5 halaman

Alasan Penolakan

 Sejumlah warga jonggol menolak uas ceramah di jonggol© (Foto: Twitter/dewie011)

Orang-orang yang mengaku tergabung dalam Forum Masyarakat Cinta Damai Citra Indah City itu menolak kedatangan UAS sampai batas waktu yang belum ditentukan.

" Maka setelah kami mengamati perkembangan yang ada, kejadian-kejadian yang meliputi Ustaz Abdul Somad, maka saat ini kami Forum Masyarakat Cinta Damai Citra Indah City dengan berat hati menolak kedatangan Ustaz Abdul Somad untuk datang ceramah di tempat kami sampai batas yang belum ditentukan," tutur pia berbaju kotak-kotak hitam.

Alasan penolakan itu untuk menjaga kemaslahatan bersama dengan menjaga ketentraman serta kedamaian, seperti yang diajarkan para sesepuh mereka.

" Demi menjaga ketentraman, kedamaian, dan marwah yang diajarkan para sesepuh, kyai, guru kami. Demikian pernyataan sikap ini kami buat untuk kemaslahatan bersama," pungkasnya.

3 dari 5 halaman

Warganet yang Mendukung Penolakan

Video ini menimbulkan pro kontra dari publik yang menyampaikan pendapatnya di kolom komentar. Berikut ini beberapa komentar yang mendukung atas aksi penolakan UAS di Jonggol.

“ Berarti adanya UAS  mengganggu ketentraman..., Ya benar aja klo ditolak…,” tulis warganet.

“ Mantap setuju banget jauhi ustad ustad seperti itu. Alhamdulillah,” tulis warganet.

“ Turut memuji kesadaran persatuan warga Citra Indah. Kalo UAS nya gak berubah, ya begini terus,” tulis warganet.

“ Tabligh Akbar, artinya menyampaikan risalah/ ceramah secara terbuka dan di hadiri oleh umat dengan jumlah yang cukup besar. Masalah timbul ketika acara tersebut yang seharusnya untuk menguatkan keimanan dan ketaqwaan umat, namun di isi dan atau di salahgunakan,” tulis warganet.

4 dari 5 halaman

Warganet yang Tidak Mendukung Penolakan

Sementara itu, ada pula warganet yang tidak setuju dengan penolakan UAS. Mereka bahkan menduga aksi itu sebagai settingan.

“ Lagi2 muncul settingan dari kelompok yg ingin memecah belah Islam dg merendahkan Dan dibuat seolah2 mayarakat setempat tak menyukai atau menolak ulama, cih... dasar komunis. Inilah ciri2 negara bkl dikuasai komunis. Maju terus UAS maju terus Ulama. Itu sexuil yg benci UAS,” tulis warganet.

“ yg nolak nih grombolan munafiqun, fasikun n rata2 kaum Islamophobia.... ngakunya paling pancasila..,” tulis warganet.

“ Keliatan amat odong2 nyaa,,, keliatan ga pernah pake sarung, ga pernah pake peci, ngedakak kaya orang sarungan dan pecian heheheh,” tulis warganet.

“ UAS kok ditolak, kenaikan minyak goreng, listrik, pajak itu yg ditolak, rakyat makin sengsara, data beli susah,” tulis warganet.

5 dari 5 halaman

 

Join Dream.co.id