Tjahjo Kumolo, Politisi 'the Man After Midnight' dan Tirakatan di Makam Walisongo

News | Jumat, 1 Juli 2022 15:01

Reporter : Nabila Hanum

Kini, Tjahjo telah berpulang. Pria berkacamata itu meninggal dunia pada Jumat 1 Juli 2022 saat dirawat di Rumah Sakit Abdiwaluyo, Jakarta Pusat, karena mengidap penyakit komplikasi.

Dream - The man after midnight. Demikianlah julukan untuk Tjahjo Kumolo. Sebutan itu disematkan kepada pria kelahiran Solo, Jawa Tengah, itu karena kebiasaan " tirakatan" . Dia kerap tidur larut malam, namun tetap beraktivitas seperti biasa dipagi-pagi buta.

Dalam artikel " Tjahjo Kumolo yang Saya Kenal" yang diunggah laman thahjokumolo.id dituliskan bahwa pria kelahiran 1 Desember 1957 itu punya kebiasaan menyendiri. Tjahjo selalu mencari masjid bersejarah di berbagai kota dan selalu menyempatkan tidur semalam, minimal sholat.

Tjahjo juga sering berziarah ke tempat Walisongo dan tokoh-tokoh bangsa, sambil mendoakan dan tirakat. Tirakat-tirakat tersebut kerap dilakukan pada malam hari, demikian ditulis Artanto Prastowo dalam artikel itu.

Tjahjo lahir dari seorang pejuang. Sang ayah, Bambang Soabandiono, seorang veteran pejuang dan anggota TNI/ Polri. Sementara sang ibu merupakan aktivis Perwari. Semasa di sekolah, lulusan Fakultas Hukum Universitas Diponegoro itu aktif di berbagai organisasi.

Tjahjo Kumolo, Politisi the Man After Midnight dan Tirakatan di Makam Walisongo
Menpan RB Tjahjo Kumolo (Menpan.go.id)
2 dari 5 halaman

Kiprah Tjahjo Kumolo di Dunia Politik

Dia pernah menjabat sebagai Sekjen DPP KNPI hingga Ketua Umum DPP KNPI. Kiprah Tjahjo di PDI Perjuangan bermula sebagai sekretaris pribadi Taufiq Kiemas.

 Menpan RB Tjahjo Kumolo Masuk Rumah Sakit, Sekretaris KemenPANRB: Beliau Tidak Koma© MEN

Tujuh tahun dia lalui sebagai tangan kanan mendiang suami Megawati Soekarnoputri tersebut.

Di partai banteng moncong putih itu, peran Tjahjo cukup menonjol, hingga akhirnya dipercaya sebagai Sekjen PDI Perjuangan merangkap Ketua Fraksi DPR.

3 dari 5 halaman

Orang Penting di Balik Pencapresan Jokowi

Dari gedung Dewan, Tjahjo dipercaya masuk kabinet Presiden Joko Widodo. Tjahjo memang menjadi orang penting dalam kesuksesan presiden yang karib disapa Jokowi itu. Dia menjadi Ketua Tim Pemenangan pasangan Jokowi-JK dalam Pilpres 2014.

 Gagal `Pangkas` Pejabat Eselon, Menteri PANRB Siap Dicopot© MEN

Di pemerintahan, Tjahjo pernah menjabat Menteri Dalam Negeri era pemerintahan Jokowi-JK. Pada periode ke dua kekuasaan Jokowi, Tjahjo didapuk sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Kini, Tjahjo telah berpulang. Pria berkacamata itu meninggal dunia pada Jumat 1 Juli 2022 saat dirawat di Rumah Sakit Abdiwaluyo, Jakarta Pusat, karena mengidap penyakit komplikasi.

 

 

4 dari 5 halaman

Menteri PANRB Tjahjo Kumolo Sempat Dirawat Karena Infeksi Paru-Paru

Dream - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada hari ini (Jumat, 1 Juli 2022) sekiar pukul 11 siang WIB.

Kabar duka ini diumuman dari siaran resmi Kementerian PANRB lewat akun media sosial Twitter .

" Inna lillahi wa inna ilaihi rojiun. Telah meninggal dunia Menteri PANRB Tjahjo Kumolo," tulis akun Twitter Kementerian PANRB.

Sebelum meninggal dunia, MenPAN RB Tjahjo Kumolo diketahui sempat menjalani perawatan intensif di RS Abdi Waluyo Jakarta Pusat.

Menteri yang juga politisi senior PDI-Perjuangan itu mendapat perawatan karena dkabarkan mengalami infeksi yang menyerang hingga paru-paru.

5 dari 5 halaman

Putri: `Mohon Maaf Bila Bapak Ada Salah`


Putri pertama Tjahjo Kumolo, Ajeng mewakili keluarga menyampaikan permohonan maaf, jika ayahnya mempunyai salah semasa hidup.

" Saya anak pertama, mohon maaf apabila bapak ada salah selama ini," ujar Ajeng di RS Abdi Waluyo, dikutip dari Merdeka.com.

Ajeng membenarkan informasi mengenai ayahnya yang meninggal dunia pada pukul 11.10 WIB.

" Saya mewakili keluarga membenarkan bapak sudah berpulang, hari jumat jam 11 lebih."

Direncanakan menteri yang lahir di Surakarta, 1 Desember 1957 itu akan dimakamkan di pemakaman TMP Kalibata di wilayah Jakarta Selatan.

Sementara waktu pemakaman yang diinformasikan dari keluarga adalah setelah waktu ashar, mengutip laman Liputan6.com.

Join Dream.co.id