Amalkan Doa Ini Ketika Menghadapi Fitnah

Your Story | Minggu, 19 Juni 2022 18:00

Reporter : Okti Nur Alifia

Ini doa yang dianjurkan untuk mengadapi fitnah.

Dream - Hidup manusia beriringan dengan ujian sebagai cobaan yang bisa datang kapan saja. Seperti kata orang-orang, hidup jika tidak ada ujian, bukan hidup namanya.

Salah satu hal yang bisa datang sewaktu-waktu adalah fitnah. Hal ini dapat menjadi boomerang ketika seseorang tidak sabar, bisa saja fitnah yang mengolok-olokan manusia itu malah menjadi besar.

Bagaimana caranya menghadapi fitnah? Ada tips yang bisa dilakukan seseorang dengan kembali meneladani kisah di dalam Alquran. 

Mustasyar Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Pringsewu Lampung, KH Sujadi, memberikan tips dalam menghadapi fitnah.

Tips ini selaras dengan kisah hidup Siti Maryam yang termaktub dalam Alquran surat Maryam.

 Ilustrasi hadapi fitnah© Ilustrasi hadapi fitnah

Foto: NU Online

Amalkan Doa Ini Ketika Menghadapi Fitnah
Ilustrasi Berdoa (Shutterstock.com)
2 dari 5 halaman

Baca Doa Ini

Tips menghadapi fitnah adalah banyak membaca ayat berikut ini:

حَسْبُنَا اللَّهُ وَنِعْمَ الْوَكِيلُ نِعْمَ الْمَوْلَى وَنِعْمَ النَّصِيرُ

Hasbunallah wa ni’mal wakil. Ni’mal maula wa ni’man nasir

Artinya: " Cukuplah bagi kami Allah sebagai penolong dan Dia adalah sebaik-baik pelindung" .

Menurut Mustasyar Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Pringsewu Lampung, KH Sujadi, ayat tersebut menambah kekuatan hati seseorang bahwa fitnah yang menimpa akan dihilangkan oleh Allah SWT.

3 dari 5 halaman

Bersikap Tenang

" Ayat ini menambah kekuatan dalam hati setiap orang bahwa segala fitnah yang menimpa ini akan dihilangkan oleh Allah karena Dialah yang Maha Kuasa,” tuturnya.

Selanjutnya, pria yang kerap disapa Abah Sujadi itu memberikan saran untuk tidak perlu menanggapi fitnah secara membabi buta. Tidak banyak bicara menjadi salah satu sikap yang bisa dilakukan dalam merespon fitnah. 

" Ketika kita menanggapi fitnah maka energi kita pasti akan terkuras dan belum tentu fitnah itu reda," kata Abah Sujadi.

4 dari 5 halaman

Optimis

Seseorang juga harus optimis bahwa badai fitnah yang menerpanya akan segera berlalu. Optimisme akan menjadikan seseorang berpikir positif yang pada akhirnya mampu menemukan solusi untuk menghilangkan fitnah yang menerpa.   

Dampak fitnah, berupa beban psikologis yang didapat akibat dari fitnah, juga bisa berdampak pada kesehatan fisik seseorang.

Sehingga kesehatan badan juga harus dijaga dengan tetap makan dan minum sesuai porsi dan asupan gizi seperti biasanya. Ritme dan rutinitas keseharian harus terus dijaga sehingga tidak berdampak pada kesehatan tubuh.

 

 

5 dari 5 halaman

Berserah Diri kepada Allah SWT

Ada dua hal lagi yang penting dalam menghadapi fitnah, yakni tawakkal atau berserah diri dan berdoa kepada Allah SWT. Segala ikhtiar yang sudah dilakukan harus diserahkan kepada Allah SWT. 

Dengan ikhtiar ini semua, diharapkan badai fitnah bisa segera mereda dan menjadikan suasana kehidupan akan tenang kembali. 

Sumber: nu.or.id

 

Terkait
Join Dream.co.id