Sosok 'Si Cantik' Diduga Jadi Pemicu Pertengkaran Ferdy Sambo dan Istri di Magelang Berujung Pembunuhan Brigadir J

Stories | Rabu, 17 Agustus 2022 12:01

Reporter : Nabila Hanum

Sambo diduga berselingkuh dengan seseorang yang disebutnya sebagai "si cantik".

Dream - Pengacara Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J, Kamaruddin Simanjuntak, menduga ada pertengkaran yang terjadi antara Irjen Ferdy Sambo dan istrinya, Putri Chandrawathi, yang memicu terjadinya pembunuhan berencana.

Kamaruddin mengatakan, Sambo diduga berselingkuh dengan seseorang yang disebutnya sebagai " si cantik" . Informasi perselingkuhan itu diduga dibocorkan oleh Brigadir J ke Putri sehingga Ferdy Sambo merencanakan pembunuhan.

" Balik ke Jakarta juga normal jadi terkait dengan tuduhan Ferdy Sambo yang menyatakan ada sesuatu di Magelang. Dialah (Sambo) yang ada sesuatu dengan ibu, dan dialah yang ada sesuatu dengan 'Si Cantik'. Kalau dengan Yoshua (Brigadir J) atau almarhum itu tidak ada. baik-baik saja," ucap Kamaruddin, dikutip dari Merdeka.com, Selasa 16 Agustus 2022.

Sosok Si Cantik Diduga Jadi Pemicu Pertengkaran Ferdy Sambo dan Istri di Magelang Berujung Pembunuhan Brigadir J
Irjen Ferdy Sambo Dan Istri, Putri Chandrawathi (Instagram @divpropampolri)
2 dari 6 halaman

Meski begitu, Kamaruddin tidak menjelaskan siapa yang dimaksud " si cantik" itu. Namun dia mengatakan dalam peristiwa di Magelang, Brigadir J diduga sempat dituduh membocorkan informasi rahasia kepada Putri Candrawathi.

" Tidak ada, cuma diduga almarhum ini dituduh memberi informasi tentang kenapa si bapak tidak pulang ke rumah. lalu dicariin oleh si ibu. Diduga almarhum itu memberikan informasi tentang keberadaan 'si cantik' dan lainnya itu," terangnya.

Bocornya informasi mengenai " si cantik" itulah diduga membuat Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi bertengkar saat berada di Magelang.

3 dari 6 halaman

" Di dalam ulang tahun pernikahan itu memang terjadi pertengkaran antara si bapak dan si ibu. Sehingga si bapak pergi meninggalkan ultah itu segera setelah acara selesai," tuturnya.

Meski Sambo meninggalkan anak, istri, dan ajudannya di Magelang, kata Kamaruddin, Putri Candrawathi tetap dalam kondisi senang saat pulang ke Jakarta.

Hal tersebut terbukti dengan chat WhatsApp Putri ke adik Brigadir J. Saat itu Putri mengirim foto Brigadir J sedang menyetrika baju anak Sambo dan dirinya.

" Lalu ketika dipotret almarhum menyetrika baju sekolah, dikirim ke adiknya. 'Lihat ini abang kau ini, rajin kali. Kau datang lah ke sini bantuin abangmu'," ucap Kamaruddin sambil menirukan pesan WhatsApp Putri ke adik Brigadir J.

4 dari 6 halaman

Menguak Kejadian di Magelang yang Jadi Pemicu Ferdi Sambo Murka Bunuh Brigadir Joshua

Dream - Polisi telah menghentikan kasus dugaan pelecehan seksual yang sempat dilaporkan oleh istri Ferdy Sambo, Putri Candrawati. Terlapor dalam dua laporan itu ialah Brigadir Yoshua.

Dirtipidum Bareskrim Polri Brigjen Andi Rian Djajadi menuturkan, dugaan pelecehan seksual yang laporannya sudah dihentikan itu dilaporkan terjadi di Duren Tiga, Jakarta Selatan. Namun, tidak menutup kemungkinan adanya dugaan pelecehan seksual yang terjadi di Magelang.

" Ini kan sudah terjawab di LP yang 340 ya. Kalau kita pun mengatakan ada motif terkait dengan kasus ini, ini kan terjadinya di Magelang, bukan di Duren Tiga," kata Andi dalam jumpa pers di Bareskrim Polri, 12 Agustus 2022.

Dengan penyetopan laporan itu, kata Andi, secara serta-merta menjawab kasus dugaan pelecehan oleh Brigadir J terhadap Putri di Duren Tiga tidak terjadi.

5 dari 6 halaman

Namun, Andi juga tak menjelaskan secara detail apa yang sebenarnya terjadi di Magelang. Peristiwa di Magelang masih menjadi teka teki, karena dari situlah disebut menjadi pemicu Ferdy Sambo murka dan menghabisi nyawa Brigadir Yoshua.

" Dengan terungkapnya LP yang ditangani Bareskrim terkait dengan korban Yoshua, ini dengan sendirinya menjawab fakta bahwa LP yang dua itu tidak ada," jelasnya.

Sebelum peristiwa penembakan itu, Ferdy Sambo, istrinya Putri Candrawathi, serta Brigadir Yoshua sempat sama-sama berada di Magelang selama beberapa hari. Ferdy Sambo dan istrinya disebut sempat menggelar perayaan ulang tahun pernikahan mereka saat berada di Magelang.

Ferdy Sambo kemudian kembali ke Jakarta pada Kamis 7 Juli 2022. Dia pulang lebih dulu dengan menumpangi pesawat, sementara istrinya dan sejumlah ajudan, termasuk Brigadir Yoshua, bertolak ke Jakarta dari Magelang Jumat 8 Juli 2022.

Rombongan istri Ferdy Sambo tiba di Jakarta dan melakukan tes PCR di kediaman pribadinya. Putri Candrawathi dan ajudan-ajudan Ferdy Sambo, termasuk Brigadir Yoshua, pergi ke rumah dinas di Kompleks Polri untuk isolasi. Penembakan kemudian terjadi di rumah dinas sekitar pukul 17.00 WIB, Jumat 8 Juli 2022.

6 dari 6 halaman

Pengakuan Ferdy Sambo

Dirtipidum Bareskrim Polri, Brigjen Andi Rian Djajadi mengatakan FS (inisial dari mengakui Ferdi Sambo,red), merencanakan pembunuhan Brigadir J karena korban telah melakukan tindakan yang melukai martabat keluarganya.

" Saya ingin menyampaikan tersangka FS mengatakan dirinya menjadi marah dan emosi setelah mendapat laporan dari istirnya PC bahwa dirinya mengalami tindakan yang melukai harkat dan martabat keluarga yang terjadi di Magelang yang dilakukan almarhum Josua," ungkap Andi usai melakukan pemeriksaan lanjutan terhadapa Ferdy Sambo di Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Kamis 11 Agustus 2022.

Perasaan itulah yang akhirnya mendorong Ferdi Sambo marah dan merencakan pembunuhan terhadap almarhum Joshua.

Andi mengatakan setelah mendapatkan laporan itu, Ferdy Sambo memanggil RR dan E untuk merencanakan pembunuhan terhadap Brigadir J. " Ini pengakuan dari tersangka FS," katanya.

Join Dream.co.id