Sholawat Tibbil Qulub Arti dan Manfaat untuk Memohon Kesehatan Jasmani dan Rohani kepada Allah SWT

Stories | Selasa, 16 Agustus 2022 14:01

Reporter : Widya Resti Oktaviana

Akan lebih baik jika sholawat tibbil qulub diamalkan secara istiqomah.

Dream – Membaca sholawat adalah bentuk amalan yang diajarkan dalam Islam kepada umatnya. Dengan bersholawat, sahabat Dream akan selalu ingat kepada Nabi Muhammad saw sekaligus meningkatkan keimanan kepada Allah SWT. Perintah untuk bersholawat pun dijelaskan dalam firman-Nya melalui surat Al-Ahzab ayat 56 berikut:

اِنَّ اللّٰهَ وَمَلٰۤىِٕكَتَهٗ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّۗ يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا

Artinya: Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bersalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman! Bersalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya.” (QS. Al-Ahzab: 56)

Salah satu sholawat yang bisa sahabat Dream amalkan adalah sholawat tibbil qulub. Mungkin di antara sahabat Dream ada yang sudah pernah membacanya. Tapi, apakah sahabat Dream tahu tentang sholawat tibbil qulub arti dan manfaat ketika membacanya secara rutin?

Nah, untuk mengetahuinya secara lebih jelas mengenai sholawat tibbil qulub arti dan manfaat beserta bacaannya, berikut sebagaimana dirangkum Dream melalui islam.nu.or.id.

Sholawat Tibbil Qulub Arti dan Manfaat untuk Memohon Kesehatan Jasmani dan Rohani kepada Allah SWT
Sholawat Tibbil Qulub Arti Dan Manfaatnya (Foto Ilustrasi: Shutterstock.com)
2 dari 4 halaman

Apa Itu Sholawat Tibbil Qulub?

 Pengertian Sholawat Tibbil Qulub© Freepik.com

Dalam Islam sebenarnya ada banyak jenis sholawat yang bisa umat Islam amalkan. Dan setiap sholawat yang diamalkan tersebut tentunya memiliki manfaat masing-masing bagi yang membacanya. Sholawat tibbil qulub sendiri termasuk sholawat yang sering dibaca oleh umat Islam.

Seperti dikutip dari islam.nu.or.id, tibbil qulub artinya adalah obat atau penyembuh hati. Sholawat tibbil qulub disebut juga dengan sholawat Nurul Abshar yang artinya adalah cahaya mata hati.

Dengan begitu, sholawat tibbil qulub arti dan manfaat mampu menjadi obat atau penyembuh jika dibaca dan dihayati dengan baik makna yang terkandung di dalamnya. Dengan harapan, Allah SWT akan memberikan kesehatan, baik jasmani maupun rohani.

3 dari 4 halaman

Bacaan Sholawat Tibbil Qulub

Setelah mengetahui apa itu sholawat tibbil qulub, berikut adalah bacaan dari sholawat penyembuh tersebut yang bisa sahabat Dream amalkan secara rutin:

اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، طِبِّ الْقُلُوْبِ وَدَوَائِهَا، وَعَافِيَةِ الْاَبْدَانِ وَشِفَائِهَا، وَنُوْرِ الْاَبْصَارِ وَضِيَائِهَا، وَعَلٰى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ

Allâhumma shalli ‘alâ Sayyidinâ Muhammadin thibbil qulûbi wa dawâ-ihâ wa ‘âfiyatil abdâni wa syifâ-ihâ wa nûril abshâri wa dliyâ-ihaa wa ’alâ âlihî wa shahbihî wa sallim.

Artinya: “ Ya Allah, berikanlah rahmat kepada baginda kami, Nabi Muhammad, sang penyembuh hati dan obatnya, memberikan kesehatan badan dan mengobatinya, menjadi cahaya mata hati dan sinarnya, juga kepada keluarga dan sahabat beliau, dan semoga Engkau memberikan keselamatan.”

Namun ada juga ulama yang kemudian memberikan tambahan kalimat dalam sholawat tibbil qulub di bagian menjelang ujung sholat yang bacaannya menjadi berikut ini:

اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، طِبِّ الْقُلُوْبِ وَدَوَائِهَا، وَعَافِيَةِ الْاَبْدَانِ وَشِفَائِهَا، وَنُوْرِ الْاَبْصَارِ وَضِيَائِهَا وَقُوتِ الأرْوَاحِ وَغِذَائِهَا، وَعَلٰى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ

llâhumma shalli ‘alâ sayyidinâ Muhammadin thibbil qulûbi wa dawâ-ihâ wa ‘âfiyatil abdâni wa syifâ-ihâ wa nûril abshâri wa dliyâ-ihaa wa qûtil arwâhi wa ghidâ-ihâ wa ’alâ âlihî wa shahbihî wa sallim.

Artinya: “ Ya Allah, berikanlah rahmat kepada baginda kami, Nabi Muhammad, sang penyembuh hati dan obatnya, memberikan kesehatan badan dan mengobatinya, menjadi cahaya mata hati dan sinarnya, serta menjadi makanan pokok dan asupan gizi bagi ruhani. Juga kepada keluarga dan sahabat beliau, dan semoga Engkau memberikan keselamatan.”

4 dari 4 halaman

Manfaat Membaca Sholawat Tibbil Qulub

 Manfaat Membaca Sholawat Tibbil Qulub© Shutterstock.com

Dalam sholawat tibbil qulub arti dan manfaat tentunya ada manfaat istimewa yang sayang jika sahabat Dream lewatkan begitu saja. Hal ini dijelaskan dalam kumpulan dzikir Majmu’ah Maqurat Yaumiyah wa Usbu’iyah sebagai berikut:

Sholawat tibbil qulub ini teruji (berfaedah) untuk menjaga kesehatan tubuh dan menjadi obat segala penyakit dzahir ataupun batin.”

Manfaat sholawat tibbil qulub yang dijelaskan di atas berlaku untuk orang yang membacanya secara kafiyah atau cara membaca secara umum. Jadi, umat Islam yang membacanya secara istiqomah sebanyak apapun, maka akan diberikan kesehatan lahir dan batin, serta disembuhkan dari segala macam penyakit oleh Allah SWT.

Jika membaca sholawat tibbil qulub secara khusus, maka hal ini bisa berbeda-beda tergantung dengan ijazah dari ulama yang mengijazahkan untuk membaca sholawat tersebut. Ulama yang mengijazahkan pun juga akan menentukan banyaknya sholawat yang harus dibaca. Hal ini dijelaskan dalam kitab yang bernama Sa’adah ad-Daraini fi as-Shalat ala Sayyid al-Kaunaini berikut:

Sholawat ini merupakan lafal sholawat penyembuh lahir dan batin. Dibaca 2000 kali untuk menyembuhkan segala penyakit. Dan menurut sebagian pendapat dibaca sebanyak 400 kali, maka penyakit tersebut akan sembuh atas seizin Allah.”

Itulah penjelasan tentang sholawat tibbil qulub arti dan manfaat. Di mana sholawat ini mampu menjadi penyembuh, baik secara jasmani maupun rohani. Tentunya akan sangat baik jika sholawat tibbil qulub diamalkan secara istiqomah untuk memohon kesehatan dari Allah SWT dan agar dihindarkan dari segala macam penyakit.

Join Dream.co.id