Ridwan Kamil Bagikan Kenangan Masa Kecil Eril, Bantu-bantu Jadi Tukang Cat Bangunan

News | Minggu, 19 Juni 2022 21:00

Reporter : Okti Nur Alifia

“Aku ama Zara jadi tukang yang mewarnai tembok aja ya pap,” kata Eril yang ditulis Ridwan Kamil.

Dream - Kenangan dari almarhum Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril tak hentinya dibagikan sang ayah, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Kang Emil sapaan Ridwan Kamil mengunggah postingan terbaru di Instagram pribadinya tentang Eril di waktu kecil, bersama adiknya Camillia Laetitia Azzahra atau Zara.

Potret gemas dari Eril dan Zara terlihat dari momen yang penuh kesan saat keduanya sedang mengecat tembok. Bak jadi tukang cat bangunan, Kang Emil menulis ucapan Eril waktu itu.

 eril dan zara© (Foto: Instagram/rumpi_gosip)

" Aku ama Zara jadi tukang yang mewarnai tembok aja ya pap,” kata Eril yang ditulis Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil Bagikan Kenangan Masa Kecil Eril, Bantu-bantu Jadi Tukang Cat Bangunan
Eril Dan Zara (Foto: Instagram/ridwankamil)
2 dari 7 halaman

Kala itu Eril masih berusia 9 tahun dan Zara 4 tahun. Suami Atalia Praratya itu juga mengatakan, momen tersebut merupakan pertama kalinya bagi anak-anaknya berpartisipasi dalam program bedah kampung dan renovasi rumah-rumah tidak layak huni.

 eril dan zara© (Foto: Instagram/ridwankamil)

Foto: @ridwankamil

" Mereka kebagian tugas jadi tukang cat rumah warga yang mereka kerjakan dengan gembira dan tuntas," kata Kang Emil.

3 dari 7 halaman

Kedua bersaudara itu, dikatakan sang gubernur, memang selalu diajak untuk kerja bakti sambil bermain. 

Dalam penutup postingan Ridwan Kamil menyampaikan, Interaksi sederhana itu adalah wujud rasa kasih dan kemanusiaan sosok Eril semasa hidupnya.

" Pertemuan dan interaksi dengan realita kehidupan ini kami duga turut mewarnai rasa kasih dan kemanusiaan dalam perjalanan pribadi Eril," tutur Ridwan Kamil.

4 dari 7 halaman

      View this post on Instagram      

A post shared by Ridwan Kamil (@ridwankamil)

 

5 dari 7 halaman

Cerita Kebaikan Mendiang Eril Semasa Kuliah yang Baru Didengar Ridwan Kamil

Dream - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil kembali menceritakan kebaikan mendiang putra sulungnya, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, ketika menghadiri wisuda SMA putrinya, Camillia Laetitia Azzahra pada Kamis, 16 Juni 2022. Cerita ini diperolehnya dari salah satu peziarah Eril beberapa waktu lalu.

Diundang untuk memberikan sambutan di acara wisuda tersebut, gubernur yang biasa disapa Kang Emil itu menyadari sosok Eril sudah bukan lagi milknya, tapi milik masyarakat. Ridwan mengatakan hal tersebut karena masih banyak peziarah yang datang ke makam Eril di Cimaung, Bandung.

“ Yang tiap hari, sampai hari ini menziarahinya banyak sekali,” kata Kang Emil pada Kamis, 16 Juni 2022.

Dia juga mendengar salah satu cerita kebaikan Eril yang baru diketahuinya dari salah seorang peziarah putranya itu.

6 dari 7 halaman

Sosok Eril pernah membantu orang-orang menyeberang di jalanan Institut Teknologi Bandung (ITB) tapi dengan cara yang berbeda agar tidak terlihat seperti menolong.

“ Waktu Eril bubaran di ITB banyak orang nggak bisa nyeberang karena lalu lintas padat. Terus dia menolong orang yang susah nyeberang dengan pura-pura nyeberang, supaya menghalangi lalu lintas jadi lambat,” cerita Ridwan Kamil.

Putra sulungnya itu tak mau menampilkan apa yang telah diperbuatnya, dia ingin menolong diam-diam.

“ Setelah orang tua itu terseberangi, si Eril balik lagi menandakan ya dia bukan mau nyeberang, ya niat menolong tapi nggak mau kelihatan menolong,” lanjut Kang Emil.

Kang Emil berpesan, apa yang dilakukan Eril semasa hidupnya bisa menjadi contoh, bahwa usia boleh muda tapi penuhi dengan kebaikan yang menjadi ladang amal.

“ Hal sekecil itu, mudah-mudahan jadi contoh ya, bahwa usia boleh muda tapi panjang umur dengan kebaikan-kebaikan, pilihlah ladang amalnya apapun itu,” pesan Kang Emil.

Sumber: Instagram @lambegosiip

7 dari 7 halaman

      View this post on Instagram      

A post shared by BERITA & INFO VIRAL (@lambegosiip)

 

Join Dream.co.id