Ridwan Kamil Gelar Pengajian untuk Eril

News | Jumat, 3 Juni 2022 18:00

Reporter : Okti Nur Alifia

Pengajian untuk Eril digelar dalam dua hari, yakni pada Sabtu-Minggu, 4-5 Juni 2022.

Dream - Setelah beberapa hari mencari Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril yang hilang di Sungai Aare, Bern, Swiss, Ridwan Kamil dan keluarganya pulang ke Indonesia. Mereka dijadwalkan tiba di Tanah Air pada Sabtu, 4 Juni 2022.

Keluarga Ridwan Kamil sudah ikhlas melepas kepergian sang anak karena tidak kunjung ditemukan sejak terseret arus pada Kamis 26 Mei 2022. Eril dinyatakan meninggal dunia karena tenggelam.

MUI Jabar juga telah mengimbau pelaksanaan sholat gaib untuk Eril, sebagai pengganti sholat jenazah ketika jasadnya belum ditemukan.

Sementara itu, Ridwan Kamil akan kembali menjalankan aktivitasnya sebagai Gubernur Jawa Barat pada Senin 6 Juni 2022. Masa cutinya berakhir pada Sabtu, 4 Juni 2022.

" Izin Pak Gubernur berakhir 4 Juni 2022, atau besok hari, Insyaallah gubernur besok hari Senin sudah di Bandung. Kemudian beliau akan beraktivitas, mulai Senin beliau aktivitas seperti biasa," ucap Juru Bicara Pemprov Jabar, Wahyu, saat melakukan jumpa Pers di Bandung.

Ridwan Kamil Gelar Pengajian untuk Eril
© MEN
2 dari 4 halaman

Gelar Pengajian untuk Eril

Wahyu berpesan agar semua pihak memberi ruang privasi kepada Ridwan Kamil dan keluarga saat tiba di Indonesia.

" Kami mohon pengertian rekan media dan juga masyarakat secara umum untuk memberi waktu kepada pak gubernur, sehingga tolong nanti pada waktunya beliau sampaikan pernyataan langsung," ungkap dia.

Pengajian keluarga untuk Eril rencananya juga akan digelar dalam dua hari, yakni pada Sabtu dan Minggu, 4-5 Juni 2022.

" Kemudian beliau akan beraktivitas mulai Senin beliau aktivitas seperti biasa," pungkasnya.

Sementara itu untuk pencarian Eril, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Swiss menyampaikan, pihak otoritas setempat telah mengubah status pencarian Eril dari missing person (orang yang hilang) menjadi drowned person (orang tenggelam). Area pencarian juga telah diperluas dan anjing pelacak mulai dikerahkan.

3 dari 4 halaman

Ridwan Kamil Lantunkan Azan untuk Eril

Sebelum pulang ke Indonesia, Ridwan Kamil melantunkan azan untuk Eril di pinggiran Sungai Aare, Kota Bern, tempat di mana Eril terseret arus. Potret Gubernur Jawa Barat yang sedang merasakan duka mendalam itu menjadi sorotan publik. 

Dalam unggahan video Instagram @video_medsos, pria yang kerap disapa Kang Emil ini berdiri sambil memandang derasnya aliran sungai. Kemudian, tangan kanannya terlihat menutup telinga untuk melantunkan azan.

Indahnya sungai itu telah menjadi kenangan, dengan mengantar kepergian sang anak melalui lantunan azan. Seperti halnya dahulu, dikala sang anak lahir ke dunia ini.

“ Lantunan Adzan seorang Ayah, semoga sampai, didengar oleh sang anak seperti saat dulu ketika dilahirkan,” demikian keterangan video.

 

4 dari 4 halaman

      View this post on Instagram      

A post shared by VIDEO_MEDSOS (@video_medsos)

 

Join Dream.co.id