Qiyamul Lail Artinya Bangun Malam untuk Ibadah, Berikut Dalil, Waktu, dan Keutamaannya

Your Story | Jumat, 29 April 2022 20:01

Reporter : Arini Saadah

Tak hanya sholat tahajud, qiyamul lail juga melingkupi semua ibadah saat malam hari yang dilakukan setelah isya hingga terbitnya fajar.

Dream - Qiyamul lail artinya merupakan istilah yang dipakai untuk menyebut serangkaian ibadah di malam hari dalam agama Islam. Istilah qiyamul lail artinya ibadah di malam hari untuk menerangkan semua amalan sunnah yang dilakukan pada malam hari.

Berbeda artinya dengan sholat tahajud, qiyamul lail lebih beragam amalan yang dilakukan karena melingkupi ibadah apa saja yang dilakukan untuk berdoa dan berdzikir kepada Allah Swt.

Malam hari adalah waktu yang tepat untuk berdoa memohon ampun kepada Allah. Sebab pada malam hari semua aktivitas sedang istirahat, sehingga yang ada hanyalah kesunyian. Pada saat sunyi inilah manusia bisa lebih khusyuk berdoa kepada Tuhannya.

Lantas apa sebenarnya pengertian dari qiyamul lail? Agar lebih jelasnya, Dream mengutip dari berbagai sumber tentang arti qiyamul lail serta jenis-jenis dan tata caranya.

Qiyamul Lail Artinya Bangun Malam untuk Ibadah, Berikut Dalil, Waktu, dan Keutamaannya
Ilustrasi Ibadah Qiyamul Lail. (Foto: Shutterstock.com))
2 dari 6 halaman

Qiyamul Lail Artinya Bangun di Malam Hari

Qiyamul lail artinya mungkin sudah sangat familiar di telinga umat Muslim. Pasalnya ibadah qiyamul lail sudah banyak diamalkan oleh umat Islam di seluruh penjuru dunia yang memiliki kekuatan iman dan takwa.

Secara bahasa, qiyamul lail artinya adalah bangun di malam hari untuk beribadah. Biasanya ibadah yang dilakukan adalah sholat. Sholat qiyamul lail ini sama dengan sholat malam, yakni sholat apa saja yang dikerjakan pada malam hari terhitung sejak selesainya waktu Isya hingga terbit fajar.

Menurut salah satu hadis, Rasulullah SAW bersabda tentang qiyamul lail. Menurut beliau Saw, sholat qiyamul lail merupakan ibadah yang paling utama dilakukan setelah sholat wajib di malam hari.

" Sholat yang paling afdhal (utama) setelah sholat wajib adalah sholat malam." (HR. Muslim)

3 dari 6 halaman

Qiyamul Lail dan Sholat Tahajud

 Ilustrasi© Shutterstock.com

Namun demikian, banyak umat Muslim yang salah kaprah memaknai qiyamul lail. Meskipun dikerjakan pada malam hari, istilah qiyamul lail artinya sangatlah berbeda dengan sholat tahajud.

Qiyamul lail artinya adalah semua rangkaian amalan sunah di malam hari, meliputi sholat tarawih, sholat witir, sholat tahajud, sholat hajat, sholat taubat, dan lain sebagainya. Bahkan ibadah qiyamul lail tidak hanya sebatas ibadah sholat, melainkan membaca Al Quran, berdoa, dan berdzikir juga termasuk di dalamnya.

Maka dari itu, sholat tahajud sebenarnya adalah bagian dari qiyamul lail. Jika dikerjakan dengan kesungguhan hati dan ikhlas, ibadah qiyamul lail akan menjadi sarana untuk mendapatkan ridho Allah Swt. Jika kita mendapatkan ridho-Nya, maka kemudahan akan senantiasa menyertai setiap langkah kehidupan di dunia.

4 dari 6 halaman

Dalil dan Waktu Ibadah Qiyamul Lail

Seperti amalan sunnah lainnya, ibadah qiyamul lail juga memiliki landasan dari hadis Nabi Saw. Meskipun Rasulullah Saw sendiri tidak menjelaskan tata cara khusus untuk melaksanakan sholat qiyamul lail.

Akan tetapi terdapat syarat dan waktu yang perlu diperhatikan jika hendak melaksanakan sholat qiyamul lail.

Waktu untuk ibadah qiyamul lail bisa dilakukan sebelum atau sesudah tidur, kecuali untuk pelaksanaan sholat tahajud yang harus didahului dengan tidur terlebih dahulu. Yang penting adalah jangan sampai meninggalkan sholat isya.

Sebab waktu untuk sholat qiyamul lail ini terbentang dari selepas isya sampai terbit fajar. Waktunya pun boleh dilakukan pada awal malam, pertengahan hingga akhir malam.

5 dari 6 halaman

Dalil tentang sholat qiyamul lail ini salah satunya berangkat dari Sahabat Anas bin Malik yang berkisah: “ Setiap kami bangun saat ingin melihat Rasulullah SAW sholat malam, pasti kami bisa melihat beliau sholat.” (HR. Bukhari dan An-Nasai)

Hadis tersebut dimaknai bahwa para sahabat dapat melihat Rasulullah Saw sholat malam yang kadang dilakukan pada awal malam, pertengahan, atau akhir malam.

Dari semua waktu tersebut, waktu untuk ibadah qiyamul lail yang utama adalah dilakukan pada sepertiga malam pertama, lalu paling utama pada sepertiga malam kedua, dan yang paling sempurna dikerjakan pada sepertiga malam terakhir.

Hal ini merujuk dari hadist shahih Rasulullah: “ Doa pada pertengahan malam terakhir dan pada setiap selesai salat wajib,” (HR. Tirmidzi). Hadis ini menegaskan bahwa doa di sepertiga malam terakhir akan senantiasa didengar oleh Allah SWT.

6 dari 6 halaman

Keutamaan Ibadah Qiyamul Lail

Qiyamul lail artinya ibadah yang dilakukan di malam hari dengan menyandarkan segala hidupnya kepada Allah dan berharap kebaikan serta keberkahan dari-Nya. Mengerjakan sholat qiyamul lail akan memberikan keutamaan bagi pelakunya.

Salah satu keutamaannya adalah akan dikabulkannya doa-doa. Setiap Muslim pasti memiliki harapan dan permohonan kepada Allah Swt. Hamba yang berdoa kepada Tuhannya akan sangat disukai oleh-Nya.

Jika berdoa dengan sunggunh-sungguh, segala permohonan akan dikabulkan oleh Allah Swt. Sebagaimana dalam hadis Rasulullah SAW yang berbunyi:

“ Sesungguhnya pada malam hari itu ada satu waktu yang tidaklah seorang muslim tepat pada waktu itu meminta kepada Allah kebaikan perkara dunia dan akhirat, melainkan Allah pasti memberikannya kepadanya. Dan waktu itu ada pada setiap malam.” (HR. Muslim, no. 757)

Selain itu, keutamaan qiyamul lail juga akan meninggikan derajat seorang hamba di hadapan Allah Swt. Dia menyukai hamba-Nya yang selalu meminta petunjuk, salah satunya lewat ibadah qiyamul lail. Sebagai balasannya ia akan ditempatkan di derajat yang lebih tinggi saat menjalankan qiyamul lail. Sebagaimana dalam firman-Nya yang berbunyi:

“ Pada sebagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu. Mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji." (QS. Al Isra: 79)

Join Dream.co.id