Presiden Jokowi Kenang Tjahjo Kumolo: `Pribadi yang Tenang dan Sederhana`

News | Jumat, 1 Juli 2022 17:45

Reporter : Okti Nur Alifia

Presiden Jokowi turut berbela sungkawa atas meningal MenPAN RB Tjahjo Kumolo.

Dream -  Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang tengah dalam kunjungan kenegaraan di Rusia menyampaikan bela sungkawanya atas meninggalnya Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB) Tjahjo Kumolo. 

Tjahjo Kumolo, politisi senior PDI Perjuangan meninggal dunia yang telah berpulang pada Jumat, 1 April 2022, pukul 11.10 WIB di Jakarta. Sang menteri sebelumnya sempat mendapat perawatan untuk menyembukan penyakit infeksi virus yang telah menjalar sampai ke paru-paru.  

Innalillahi wainna ilaihi rojiun. Saya atas nama pribadi, keluarga, bangsa dan negara menyampaikan duka cita yag mendalam atas berpulangnya saudara kita, sahabat kita, Bapak Tjahjo Kumolo, Menteri PAN dan RB, hari ini Jumat, 1 Juli 2022, pukul 11.10 di Jakarta,” ujar Presiden Jokowi dari Abu Dhabi melalui rekaman video, Jumat, 1 Juli 2022.

Jokowi mengenang almarhum Tjahjo sebagai pribadi yang tenang dan sederhana. Menurut Presiden, Tjahjo juga merupakan seorang tokoh teladan dan nasionalis sejati.




Presiden Jokowi Kenang Tjahjo Kumolo: `Pribadi yang Tenang dan Sederhana`
Presiden Jokowi Menyampaikan Ucapan Bela Sungkawa Atas Kepergian Menteri PANRB, Tjahj Kumolo (Foto:setkab.go.id)
2 dari 5 halaman

“ Pak Tjahjo adalah pribadi yang tenang dan sederhana. Seorang tokoh teladan dan nasionalis sejati, yang penuh integritas dan setia mengabdikan dirinya untuk masyarakat, bangsa dan negara,” ungkapnya.

Kepala Negara mengucapkan doa untuk almarhum Tjahjo Kumolo beserta keluarga yang ditinggalkannya.

“ Semoga almarhum Pak Tjahjo Kumolo mendapat tempat terbaik di sisi Allah SWT dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan keikhlasan. Aamiin ya robbal alamiin,” tandasnya.

3 dari 5 halaman

      View this post on Instagram      

A post shared by Joko Widodo (@jokowi)

 

4 dari 5 halaman

Menteri PANRB Tjahjo Kumolo Sempat Dirawat Karena Infeksi Paru-Paru

Dream - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada hari ini (Jumat, 1 Juli 2022) sekiar pukul 11 siang WIB.

Kabar duka ini diumuman dari siaran resmi Kementerian PANRB lewat akun media sosial Twitter .

"  Inna lillahi wa inna ilaihi rojiun. Telah meninggal dunia Menteri PANRB Tjahjo Kumolo," tulis akun Twitter Kementerian PANRB.

Sebelum meninggal dunia, MenPAN RB Tjahjo Kumolo diketahui sempat menjalani perawatan intensif di RS Abdi Waluyo Jakarta Pusat.

Menteri yang juga politisi senior PDI-Perjuangan itu mendapat perawatan karena dkabarkan mengalami infeksi yang menyerang hingga paru-paru.

5 dari 5 halaman

Putri: `Mohon Maaf Bila Bapak Ada Salah`

Putri pertama Tjahjo Kumolo, Ajeng mewakili keluarga menyampaikan permohonan maaf, jika ayahnya mempunyai salah semasa hidup.

" Saya anak pertama, mohon maaf apabila bapak ada salah selama ini," ujar Ajeng di RS Abdi Waluyo, dikutip dari Merdeka.com.

Ajeng membenarkan informasi mengenai ayahnya yang meninggal dunia pada pukul 11.10 WIB.

" Saya mewakili keluarga membenarkan bapak sudah berpulang, hari jumat jam 11 lebih."

Direncanakan menteri yang lahir di Surakarta, 1 Desember 1957 itu akan dimakamkan di pemakaman TMP Kalibata di wilayah Jakarta Selatan.

Sementara waktu pemakaman yang diinformasikan dari keluarga adalah setelah waktu ashar, mengutip laman Liputan6.com.

Join Dream.co.id