Pidato Singkat tentang Maulid Nabi, Jadi Pengingat untuk Meneladani Akhlak Rasulullah yang Terpuji

Stories | Kamis, 6 Oktober 2022 13:34

Reporter : Arini Saadah

Ini contoh pidato singkat tentang Maulid Nabi yang bisa kamu jadikan referensi.

Dream - Sebentar lagi umat Islam akan memperingati Hari Maulid Nabi Muhammad SAW. Banyak acara dan tradisi yang digelar oleh masyarakat dalam merayakan hari besar Islam tersebut.

Salah satu kegiatan yang dilakukan pada momen itu ialah dengan memberikan ceramah atau pidato singkat tentang tentang Maulid Nabi.

Pidato singkat tentang Maulid Nabi ini disampaikan dalam acara pengajian di mushola, sekolah-sekolah, hingga dalam acara lomba pidato dalam rangka memperingati Maulid Nabi.

Nah, bagi Sahabat Dream yang sedang mencari rekomendasi pidato singkat tentang Maulid Nabi, berikut contoh pidato singkat yang berhasil Dream rangkum dari kanal Youtube. Contoh pidato singkat tentang Maulid Nabi ini bisa kamu jadikan referensi untuk merayakan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Pidato Singkat tentang Maulid Nabi, Jadi Pengingat untuk Meneladani Akhlak Rasulullah yang Terpuji
Ilustrasi. (Foto: Pixabay/Pexels)
2 dari 4 halaman

Contoh Pidato Singkat tentang Maulid Nabi

Assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh

Hamdan wa syukran lillah, sholatan wasalaman 'ala rasulillah. La haula wala quwwata illa billah. Amma ba'du.

Pertama dan yang paling utama, mari kita panjatkan syukur kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala, atas rahmat dan hidayah serta nikmat yang tak terkira kepada kita semua. Alhamdulillah.

Sholawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada seorang tokoh, the best and the first man, pemimpin tak bergaji, direktur tak berdasi, guru tanpa sertifikasi. Beliau adalah kekasih Allah, berpangkat Rasulullah, bertitel habibullah, putranya Abdullah dan Aminah. Tak lain dan tak bukan ialah Nabi Besar Muhammad Shallallahu alaihi wasalam.

Dalam kesempatan kali ini, izinkanlah saya menyampaikan pidato singkat tentang Maulid Nabi yaitu menjadikan Nabi Muhammad SAW sebagai contoh dalam kehidupann kita sehari-hari.

3 dari 4 halaman

Bulan ini merupakan bulan Rabiul Awwal. Istimewanya dari bulan ini ialah karena adanya hari kelahiran Nabi akhiru zaman, Muhammad SAW tepatnya pada tanggal 12 Rabiul Awwal atau 20 April 571 Masehi. Kelahiran putra Abdullah ini menjadi tonggak sejarah kebangkitan Islam di dunia. Sejak masih muda ia sudah menampakkan kepribadian yang luhur.

Hadirin sekalian, Nabi Muhammad SAW merupakan uswatun hasanah, yaitu suri tauladan yang baik bagi manusia. Allah berfirman dalam Surat Al-Ahzab ayat 21 yang artinya:

“ Sesungguhnya telah ada pada diri rasulullah suri tauladan yang baik bagimu. Yaitu orang yang mengharapkan rahmat Allah dan hari kiamat, banyak menyebut nama Allah.”

Ayat tersebut menunjukkan bahwa Rasulullah merupakan teladan yang baik. Beliau merupakan satu-satunya yang patut dijadikan contoh seluruh umat akhir zaman. Seluruh perbuatan, perkataan dan ketetapan selalu benar dan dibenarkan oleh Allah SWT.

4 dari 4 halaman

Hadirin yang dirahmati Allah, Nabi Muhammad SAW sebagai uswatun hasanah memiliki sifat-sifat yang patut diteladani yaitu shidiq, amanah, tabligh, dan fathonah.

Dalam Al-Quran Allah berfirman melalui surat Al-Qalam ayat 4 yang artinya:

“ Dan sesungguhnya kamu benar-benar berbudi pekerti yang agung.”

Dari ayat tersebut, ternyata pujian akhlak Nabi SAW bukan hanya dari manusia, melainkan juga dari Allah. Selain itu, sisi kehidupan Rasulullah dipotret dari segala sisi, bagaimana Rasulullah tidur, makan, berhubungan dengan sesama makhluk, bagaimana cara beliau menyelesaikan masalah, hingga persoalan tentang mandi dan buang air. Kita bisa mempelajari hal-hal tersebut melalui hadis-hadis beliau.

Demikian pidato singkat tentang Maulid Nabi yang dapat saya sampaikan. Kesimpulannya Nabi Muhammad SAW meurpakan uswatun hasanah, yaitu merupakan suri tauladan yang patut dicontoh dalam kehidupan sehari-hari. Rasulullah adalah orang yang baik secara fisik dan akhlaknya.

Semoga kita termasuk umat Nabi Muhammad SAW yang selalu berusaha mempelajari dan menjalankan sunnahnya. Semoga kita tidak tergolong umat yang ingkar. Dan kita mendapat hidayah Allah SWT dan syafaat Rasulullah SAW.

Wassalamu 'alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

Demikian itulah contoh pidato singkat tentang Maulid Nabi yang dapat kamu jadikan referensi untuk mengisi acara kelahiran Nabi Muhammad SAW. Semoga bermanfaat!

Join Dream.co.id