Pidato Maulid Nabi SAW Singkat dan Lucu, Cocok untuk Mengisi Ceramah

Stories | Kamis, 6 Oktober 2022 16:34

Reporter : Widya Resti Oktaviana

Pidato ini meskipun membahas tentang ilmu agama, namun disampaikan dengan rangkaian kalimat yang tidak membosankan dan mudah dipahami.

Dream – Di saat Maulid Nabi Muhammad SAW tiba, biasanya masyarakat Indonesia mengisinya dengan acara pengajian. Pengajian tersebut umumnya diselenggarakan di masjid dengan mengundang seluruh masyarakat Muslim. Nantinya akan turut dihadirkan seorang pendakwah yang akan membawakan ceramah berhubungan dengan Maulid Nabi. Baik itu mengisahkan tentang kehidupan Nabi Muhammad SAW maupun teladan-teladannya yang patut dicontoh.

Selain itu, di beberapa instansi atau lembaga pun juga tak ketinggalan untuk menyampaikan pidato Maulid Nabi SAW. Pidato yang disampaikan pun cukup beragam, bahkan ada juga pidato Maulid Nabi saw singkat dan lucu. Hal ini cukup ampuh untuk membuat pendengarnya tidak merasa bosan. Tak hanya mendapat ilmu, tapi juga menjadi momen yang menyenangkan dengan pidato yang tidak terlalu kaku.

Nah, berikut adalah contoh pidato Maulid Nabi SAW singkat dan lucu sebagaimana dirangkum Dream melalui 99.co.

Pidato Maulid Nabi SAW Singkat dan Lucu, Cocok untuk Mengisi Ceramah
Pidato Maulid Nabi SAW Singkat Dan Lucu (Foto Ilustrasi: Shutterstock.com)
2 dari 3 halaman

Contoh Pidato Maulid Nabi SAW Singkat dan Lucu

 Contoh Pidato Maulid Nabi SAW Singkat dan Lucu© Shutterstock.com

Contoh Pidato Maulid Nabi SAW Singkat

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh,

Alhamdulillahi rabbil ‘alamin, saya ucapkan terimakasih atas kesempatan yang diberikan serta pada hadirin yang telah hadir pada kesempatan ini.

Mari bersama-sama kita ucapkan syukur dan puji kepada Allah SWT atas nikmat sehat, iman dan islam yang sampai saat ini kita rasakan.

Tak lupa ucapan syukur dan terimakasih juga kita panjatkan pada junjungan kita semua Nabi besar Muhammad SAW yang telah menyelamatkan umat islam sejak zaman jahiliyah.

Selanjutnya yang hendak saya sampaikan sebagai pembicara dalam pidato Maulid Nabi pada kesempatan ini adalah mengenai amalan yang tidak akan pernah ditinggalkan oleh Nabi.

Amalan apakah itu? Amalan tersebut adalah Nabi SAW tidak pernah melepaskan jabat tangan sebelum sahabat beliau yang melepaskan terlebih dahulu.

Mengapa begitu? Sebab, menurut para ulama, berjabat tangan adalah salah satu cara untuk merontokkan dosa atau amalan buruk yang telah kita perbuat kepada seseorang.

Oleh sebab itu, marilah bapak dan ibu semuanya, jangan sampai kita memutus tali silaturahmi atau berjabat tangan dalam perayaan Maulid Nabi pada tahun ini. Mungkin cukup dahulu dari saya.

Terima kasih atas perhatian dan kehadiran Anda semua.

Wassalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.

3 dari 3 halaman

Contoh Pidato Maulid Nabi SAW Singkat dan Lucu

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh,

Hadirin yang dirahmati oleh Allah, dalam kesempatan ini marilah kita panjatkan puji syukur atas limpahan berkah Allah SWT karena pada hari dan bulan yang mulia ini Allah SWT masih memberikan nikmat dan kesehatan kepada kita sehingga kita bisa hadir pada acara peringatan maulid Nabi Muhammad SAW.

Sholawat dan salam mari kita panjat kepada Nabi Muhammad SAW. Semoga Rasulullah SAW senantiasa ditempatkan di sisi Allah sebagai umat yang memperoleh derajat paling tinggi di akhirat. Aamiin.

Dalam salah satu firman di Al-Qur’an, menjelaskan bahwa Rasulullah SAW adalah contoh yang baik baik bagi umat manusia yang artinya sebagai berikut:

“ Sesungguhnya pada diri Rasulullah ada teladan yang baik bagimu, yaitu bagi orang yang mengharap Allah dan hari akhir serta banyak berdzikir kepada Allah.” (QS. Al-Ahzab: 21)

Hadirin yang dirahmati Allah. Rasulullah SAW dilahirkan ke dunia ini tidak hanya mengubah keyakinan bangsa Arab yang saat itu menyembah berhala, tapi Rasulullah SAW juga untuk mengubah berbagai hal agar sesuai tuntunan Islam.

Rasulullah begitu gigih untuk memperjuangkan perubahan tatanan sosial, hukum dan budaya untuk kesejahteraan dan keadilan bagi semua umat Islam.

Meskipun begitu, Rasulullah selalu mengedepankan keluruhuran tatakrama dalam perjuangan dakwahnya. Sehingga Islam tersebar ke seluruh penjuru dunia dalam waktu yang relatif singkat dan mudah diterima orang.

Ini contoh nabi dalam bidang dakwah bahwa sebagai pendakwah kita harus berjuang untuk mengubah pola kehidupan masyarakat yang tidak sesuai dengan ajaran Islam dan budi pekerti yang luhur sehingga dakwah kita akan mudah diterima oleh masyarakat.

Selain itu, dalam kehidupan keluarga, Nabi Muhammad juga layak menjadi contoh bagi umatnya. Sikap Rasulullah yang amat sangat menyayangi dan menghormati istri-istrinya. Walaupun Rasulullah sebagai kepala negara tapi Nabi tidak pernah malu membantu pekerjaan istrinya dirumah. Bahkan Rasulullah SAW tidak ingin merepotkan orang lain, apa yang bisa dilakukannya sendiri Rasulullah lakukan sendiri.

Dalam bidang perniagaan juga perlu kita mencontoh bagaimana Rasulullah SAW berbisnis, Rasulullah SAW memulai perniagaan sejak umur 9 tahun.

Dalam berbisnis Rasulullah sangat jujur, bahkan beliau mendapatkan Al-Amin (yang dapat dipercaya) karena kejujurannya. Sikap dan sifat jujur Rasulullah SAW membuat Siti Khadijah jatuh cinta kepadanya dan mempersuntingnya menjadi Ummul Mu’minin. Masih banyak hal lainnya yang telah diajarkan oleh Rasulullah SAW kepada umatnya.

Maka dari itu dalam momen Maulid Nabi 2022 ini, marilah kita terus mencontoh sikap dan sifat Rasulullah SAW sebagai pedoman hidup di dunia.

Dengan begitu, semoga Allah SWT merahmati kita, melindungi umatnya, dan mengampuni setiap dosa-dosa yang dilakukan manusia. 

Terima kasih atas perhatian dan kehadiran Anda semua.

Wassalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.

Join Dream.co.id