Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Pidato tentang Maulid Nabi dalam Bahasa Arab dengan Harakat dan Tanpa Harakat

Pidato tentang Maulid Nabi dalam Bahasa Arab dengan Harakat dan Tanpa Harakat Pidato Bahasa Arab Tentang Maulid Nabi (Foto Ilustrasi: Pixabay.com)

Dream – Hadirnya peringatan Maulid Nabi Muhammad saw menjadi momen yang sangat istimewa, khususnya bagi umat Islam di seluruh dunia. Bertepatan dengan 12 rabiul awal, umat Islam menyambut Maulid Nabi sebagai hari kelahiran baginda Nabi Agung Muhammad saw dengan beragam aktivitas dan amalan yang baik dan dianjurkan dalam Islam.

Salah satu kegiatan Maulid Nabi yang sering digelar masyarakat adalah pengajian atau menggelar ceramah yang khusus membahas soal pribadi Rasulullah SAW. Biasanya pengajian Maulid diselenggarakan di masjid dengan mengundang seluruh masyarakat Muslim di sekitar masjid tersebut.

Isi pengajian atau ceramah dengan tema utama seputar Nabi Muhammad saw bertujuan agar jemaah bisa mengingat kembali dan meneladani sifat serta perilaku beliau semasa hidup. Walaupun jarang, tetapi ada juga pendakwah yang menggunakan bahasa Arab. Pidato bahasa Arab tentang Maulid Nabi sekaligus bisa juga mengajak jamaah untuk mempelajari bahasa Arab.

Nah, berikut adalah pidato bahasa Arab tentang Maulid Nabi yang bisa menjadi inspirasi sebagaimana dirangkum Dream melalui gurupenyemangat.com.

Pidato Bahasa Arab tentang Maulid Nabi

أُحَيِّكُمْ تَحية إسلامية، السلام عليكم ورحمة الله وبركاتة

الحمدلله، الحمد لله الذي أنعمنا بنعمة الإيمان والإسلام. أشهد أن لاإله إلا الله وأشهد أن محمد عبده ورسوله. اللهم صل وسلم على سيدنا محمد وعلى آل سيدنا محمد.

Yang terhormat, Bapak/Ibu Kepala SD/SMP/SMA

Yang terhormat, Bapak Ibu Dewan Guru Beserta Staf Tata Usaha

Serta teman-teman seperjuangan yang saya banggakan

المكرّم مدير المدرسة ...، والمكرم الأساتذة والأستاذات، وأصدقائي الأحباء.

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kita begitu banyak nikmat yang tiada terhitung jumlahnya. Atas nikmat Allah pulalah kita bisa hadir dan berkumpul di ruangan penuh berkah ini dalam rangka menggapai momentum Maulid Nabi Muhammad SAW 1444 Hijriah.

الحمد لله سبحانه وتعالى الذي أنعمنا كثيرا. وبفضل الله يمكننا أن نحضر ونجتمع في هذه القاعة المباركة لاحتفال مولد النبي محمد صلى الله عليه وسلم 1444 هـ.

Shalawat dan salam kita sampaikan kepada Nabi Muhammad SAW. Mudah-mudahan dengan seringnya bershawalat, kita akan mendapat syafaat beliau di Yaumul Akhir nanti.

نصلي صلاة وسلاما على حبيبنا محمد صلى الله عليه وسلم . ونتمنى مع كثرة الصلاة إليه، نحصل شفاعة في يوم الآخر.

Bapak, Ibu, serta teman-teman yang berbahagia. Pada kesempatan yang mulia ini izinkan saya menyampaikan pidato Maulid Nabi dengan judul “Meneladan 4 Sifat Utama Nabi Muhammad SAW”.

أيها الآباء والأمهات والأصدقاء السعداء. في هذه الفرصة السعيدة، اسمحوا لي أن ألقي خطبةً قصيرة تحت الموضوع "اقتداء أربع صفات  النبي محمد صلى الله عليه وسلم"

Teman-teman sudah tahu kan apa saja 4 sifat utama Rasulullah yang wajib kita teladani? Benar. Ada Shiddiq, Amanah, Tabligh, dan Fathanah.

بالطبع، أنتم تعرفون ما هي أربع صفات النبي التي يجب أن نقتدي بها. نعم، صدّيق وأمانة وتبليغ وفطانة.

Di masa pandemi sekaligus era milenial seperti saat sekarang ini, kita saksikan mulai banyak orang-orang yang suka berdusta, khianat dalam tanggung jawab, kasar dalam menyampaikan dakwah, bahkan semakin malas belajar dengan alasan Indonesia masih dalam keadaan bencana.

في عصر الوباء وكذلك العصر ألآن، نرى أن الكثير من الناس بدأوا في الكذب، والخيانة بمسؤولياتهم، والوقاحة في تقديم الدعوة، وحتى أكثر كسلان للدراسة بحجة أن إندونيسيا لا تزال في حالة الوباء.

Bila hal tersebut terus dibiarkan lama-lama, rasanya negeri ini bakal mendekati kehancuran dan kabar masa depan kita sebagai para pelajar semakin suram.

إذا استمر هذا الحال طويلا، يبدو أن هذا البلد يقترب من الهلاك و خبر مستقبلنا كطلاب تزداد كآبة.

Bagaimana tidak suram, 4 sifat utama Nabi Muhammad SAW adalah bekal yang sangat penting untuk kita bawa dari sejak kecil menuju dewasa, dan sejak dewasa sampailah menua.

كيف لا تكون كآبة، فإن أربع صفات النبي محمد صلى الله عليه وسلم هي أحكام مهمة جدًا لنا لإقتداء من الطفولة إلى البلوغ، ومن البلوغ إلى الشيخوخة.

Maka dari itulah, pada momentum Maulid Nabi 1444 Hijriah tahun 2022 ini, kita perlu menata kembali hati dan diri untuk mewujudkan sikap jujur, amanah, tabligh, dan fatnah dalam kehidupan sehari-hari di mana pun kita berada.

لذلك، في احتفال مولد النبي محمد 1444 هـجرية أو في عام 2022، نحتاج إلى إعادة ترتيب قلوبنا وأنفسنا لندرك موقفًا صادقًا وأمانة وتبليغ وفطانة في الحياة اليومية أينما كنا.

Di rumah kita wajib jujur kepada orang tua, di sekolah pula demikian. Di sekolah kita wajib amanah, maka di rumah dan di lingkungan masyarakat pula begitu.

في البيت، يجب أن نكون صادقين مع والدينا، وطذالك في المدرسة. في المدرسة، يجب أن نكون أمانة، ففي البيت وفي المجتمع  يجب أن نكون مثل ذالك أيضًا.

Nabi Muhammad SAW lahir pada hari Senin, tanggal 12 Rabiul Awal Tahun Gajah atau 20 April 571 Masehi.

ولد النبي محمد صلى الله عليه وسلم في يوم الاثنين 12 ربيع الأول سنة الفيل أو 20 أبريل 571 م.

Bila kita hitung jaraknya hingga tahun 2022 sekarang ini, pastilah sangat jauh. Tapi satu hal yang tidak pernah salah, bahwa Rasulullah adalah suri tauladan bagi kita semua karena seperti yang tertuang dalam hadis bahwa “Akhlak Rasulullah adalah Al-Quran”.

إذا قمنا بحساب المسافة حتى عام 2022 الآن ، فإنها بعيدة جدًا. ولكن هناك شيء واحد لا يخطئ أبدًا، وهو أن رسول الله أسوة حسنة لنا كما ورد في الحديث “كَانَ خُلُقُهُ الْقُرْآنَ – “رواه أحمد

Teman-teman seperjuangan yang saya sayangi;

أيها الإخوة الأحباء

Momentum Maulid Nabi memang datangnya setahun sekali, tapi usaha kita untuk memperbaiki dan meneladan sifat beliau semestinya dilakukan setiap hari dan setiap saat.

يأتي احتفال المولد النبي مرة واحدة في السنة، لكن جهودنا لتحسين أنفسنا واقتداء صفات النبي يجب أن تتم كل يوم وفي كل مرة.

Kita tidak tahu kapan akan mati. Maka dari itu, selama hayat masih dikandung badan kita wajib berusaha menjadi pribadi yang berakhlak mulia serta terus berupaya mencapai takwa. Tantangan di setiap harinya memang sulit, tapi yakinlah bahwa di sebalik kesulitan itu selalu ada kemudahan.

لا نعرف متى سنموت. لذلك، ما دامت الحياة لا تزال في جسدنا، يجب أن نحاول أنفسنا لنصبح شخصًا نبيلًا وأن نستمر في السعي لتحقيق التقوى. التحديات في كل يوم صعبة حقًا، لكن نعتقد "إن مع العسر يسرا". 

Bapak, Ibu, serta teman-teman yang berbahagia;

أيها الآباء والأمهات والأصدقاء السعداء

Demikianlah pidato yang bisa saya sampaikan pada momentum Maulid Nabi yang berbahagia ini. Untuk mengakhirinya, mari bersama-sama kita melantunkan shalawat kepada Rasululllah:

هذا هو الخطاب الذي يمكنني أن ألقيه باحتفال المولد النبي محمد صلم. لإنهائها، دعونا نغني صلاوات لرسول الله:

اللهُم صَل عَلَى سَيدِنَا مُحَمدٍ عَدَدَ مَا فِي عِلْمِ الله صَلاَةً دَائِمَةً بِدَوَامِ مُلْكِ الله

كفيت هنا مني، إذا وجدتم مني خيرا فهو من الله، وإذا وجدتم مني الخطاء فاستعفيكم أكبر الإستعفاف منكم جميعا. هدانا الله وإياكم أجمعين. والله الموفّق إلى أقوام الطريق... 

والسلام عليكم ورحمة الله

Pidato Bahasa Arab tentang Maulid Nabi

 أُحَيِّكُمْ تَحِيَّةً إِسْلَامِيَّةً، السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَبَرَكَاتُه.

الْحَمْدُلِلَّهْ، الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَنْعَمَنَا بِنِعْمَةِ الْإِيمَانِ وَالْإِسْلَامِ. أَشْهَدُ أَنْ لَاإِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ. اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمَ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ.

الْمُكَرَّمُ مُدِيرُ الْمَدْرَسَةِ ...، وَالْمُكَرَّمُ الْأَسَاتِذَةِ وَالْأُسْتَاذَاتِ، وَأَصْدِقَائِي الْأَحِبَّاءِ.

الْحَمْدُ لِلَّهِ سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى الَّذِي أَنْعَمْنَا كَثِيرًا. وَبِفَضْلِ اللَّهِ يُمْكِنُنَا أَنْ نَحْضُرَ وَنَجْتَمِعَ فِي هَذِهِ الْقَاعَةِ الْمُبَارَكَةِ لِاحْتِفَالِ مَوْلِدِ النَّبِيِّ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ 1444 هِ.

نُصَلِّي صَلَاةً وَسَلَامًا عَلَى حَبِيبِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ . وَنَتَمَنَّى مَعَ كَثْرَةِ الصَّلَاةِ إِلَيْهِ، نَحْصُلُ شَفَاعَةً فِي يَوْمِ الْآخِرِ.

أَيُّهَا الْآبَاءُ وَالْأُمَّهَاتُ وَالْأَصْدِقَاءُ السُّعَدَاءُ.

 فِي هَذِهِ الْفُرْصَةِ السَّعِيدَةِ، اسْمَحُوا لِي أَنْ أُلْقِيَ خُطْبَةً قَصِيرَةً تَحْتَ الْمَوْضُوعِ "اقْتِدَاءُ أَرْبَعِ صِفَاتِ النَّبِيِّ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ"

بِالطَّبْعِ، كُلّكُمْ تَعْرِفُونَ مَا هِيَ أَرْبَعُ صِفَاتِ النَّبِيِّ الَّتِي يَجِبُ أَنْ نَقْتَدِيَ بِهَا. نَعَمْ، صِدِّيقٌ وَأَمَانَةٌ وَتَبْلِيغٌ وَفَطَانَةٌ.

فِي عَصْرِ الْوَبَاءِ وَكَذَلِكَ الْعَصْرُ الْآنَ، نَرَى أَنَّ الْكَثِيرَ مِنْ النَّاسِ بَدَأُوا فِي الْكَذِبِ، وَالْخِيَانَةِ بِمَسْؤُولِيَّاتِهِمْ، وَالْوَقَاحَةِ فِي تَقْدِيمِ الدَّعْوَةِ، وَحَتَّى كَسَلُوْا لِلدِّرَاسَةِ بِحُجَّةِ أَنَّ إِنْدُونِيسْيَا لَا تَزَالُ فِي حَالَةِ الْوَبَاءِ.

إِذَا اسْتَمَرَّ هَذَا الْحَالُ طَوِيلًا، يَبْدُو أَنَّ هَذَا الْبَلَدَ يَقْتَرِبُ مِن الْهَلَاكِ وَ خَبَر مُسْتَقْبَلِنَا كَطُلَّابٍ تَزْدَادُ كَآبَة.

كَيْفَ لَا تَكُونُ كَآبَةً، فَإِنَّ أَرْبَعَ صِفَاتِ النَّبِيِّ مُحَمَّد صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ هِيَ أَحْكَامٌ مُهِمَّةٌ جِدًا لَنَا لِإِقْتَدَاءٍ مِن الطُّفُولَةِ إِلَى الْبُلُوغِ، وَمِنْ الْبُلُوغِ إِلَى الشَّيْخُوخَةِ.

لِذَلِكَ، فِي احْتِفَالِ مَوْلِدِ النَّبِيِّ مُحَمَّدٍ 1444 هِجْرِيَّةُ أَوْ فِي عَامِ 2022، نَحْتَاجُ إِلَى إِعَادَةِ تَرْتِيبِ قُلُوبِنَا وَأَنْفُسِنَا لِنُدْرِكَ مَوْقِفًا صَادِقًا وَأَمَانَةً وَتَبْلِيغًا وَفَطَانَةً فِي الْحَيَاةِ الْيَوْمِيَّةِ أَيْنَمَا كُنَّا.

فِي الْبَيْتِ، يَجِبُ أَنْ نَكُونَ صَادِقِينَ مَعَ وَالِدَينَا، وَكَذَالِكَ فِي الْمَدْرَسَةِ. فِي الْمَدْرَسَةِ، يَجِبُ أَنْ نَكُونَ أَمَانَةً، فَفِي الْبَيْتِ وَفِي الْمُجْتَمَعِ يَجِبُ أَنْ نَكُونَ مِثْلَ ذَالِكَ أَيْضًا.

وُلِدَ النَّبِيُّ مُحَمَّد صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي يَوْمِ الِاثْنَيْنِ 12 رَبِيعُ الْأَوَّلِ سَنَةُ الْفِيلِ أَوْ 20 أَبْرِيلَ 571 م.

إِذَا قُمْنَا بِحِسَابِ الْمَسَافَةِ حَتَّى عَامِ 2022 الْآنَ ، فَإِنَّهَا بَعِيدَةٌ جِدًا. وَلَكِنْ هُنَاكَ شَيْءٌ وَاحِدٌ لَا يُخْطِئُ أَبَدًا، وَهُوَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لَنَا كَمَا وَرَدَ فِي الْحَدِيثِ “كَانَ خُلُقُهُ الْقُرْآنَ – “رواه أحمد

أَيُّهَا الْإِخْوَةُ الْأَحِبَّاءُ

يَأْتِي احْتِفَالُ الْمَوْلِدِ النَّبِيِّ مَرَّةً وَاحِدَةً فِي السَّنَةِ، لَكِنْ جُهُودَنَا لِتَحْسِينِ أَنْفُسِنَا وَاقْتِدَاءِ صِفَاتِ النَّبِيِّ يَجِبُ أَنْ تَتِمَّ كُلَّ يَوْمٍ وَفِي كُلِّ مَرَّةٍ.

لَا نَعْرِفُ مَتَى سَنَمُوتُ. لِذَلِكَ، مَا دَامَتْ الْحَيَاةُ لَا تَزَالُ فِي جَسَدِنَا، يَجِبُ أَنْ نُحَاوِلَ أَنْفُسَنَا لِنُصْبِحَ شَخْصًا نَبِيلًا وَأَنْ نَسْتَمِرَّ فِي السَّعْيِ لِتَحْقِيقِ التَّقْوَى. التَّحَدِّيَاتِ فِي كُلِّ يَوْمٍ صَعْبَةً حَقًا، لَكِنْ نَعْتَقِدُ "إِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا".

أَيُّهَا الْآبَاءُ وَالْأُمَّهَاتُ وَالْأَصْدِقَاءُ السُّعَدَاءُ

هَذَا هُوَ الْخِطَابُ الَّذِي يُمْكِنُنِي أَنْ أُلْقِيَهُ بِاحْتِفَالِ الْمَوْلِدِ النَّبِيِّ مُحَمَّدَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ. الْاخِيْرُ، هَيَّا نُغَنِّي صَلَاوَات لِرَسُولِ اللَّهِ:

"اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ عَدَدَ مَا فِي عِلْمِ اللَّهِ صَلَاَةً دَائِمَةً بِدَوَامِ مُلْكِ اللَّهِ"

كَفَيْتُ هُنَا مِنِّي، إِذَا وَجَدْتُمْ مِنِّي خَيْرًا فَهُوَ مِنَ اللَّهِ، وَإِذَا وَجَدْتُمْ مِنِّي الْخَطَاءَ فَاسْتَعْفِيكُمْ أَكْبَرَ الْإِسْتِعْفَافِ مِنْكُمْ جَمِيعًا. هَدَانَا اللَّهُ وَإِيَّاكُمْ أَجْمَعِينَ. وَاَللَّهُ الْمُوَفّقُ إِلَى أَقْوَامِ الطَّرِيقِ...

وَالسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَبَرَكَاتُه

Itulah dua contoh pidato bahasa Arab tentang Maulid Nabi, baik yang tidak menggunakan harakat maupun menggunakan harakat. Isi pidato yang singkat dan jelas diharapkan bisa membantu jamaah juga dalam mengenal dan mempelajari bahasa Arab.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Kapan Sebaiknya Membaca Niat Puasa Ramadan? Ini Dia Penjelasannya yang Penting Diperhatikan Umat Islam

Kapan Sebaiknya Membaca Niat Puasa Ramadan? Ini Dia Penjelasannya yang Penting Diperhatikan Umat Islam

Niat berpuasa merupakan salah satu syarat sahnya ibadah puasa.

Baca Selengkapnya
Bolehkah Menggabungkan Puasa Qadha Ramadan dan Puasa Rajab? Begini Penjelasannya, Lengkap dengan Bacaan Niat yang Wajib Diketahui

Bolehkah Menggabungkan Puasa Qadha Ramadan dan Puasa Rajab? Begini Penjelasannya, Lengkap dengan Bacaan Niat yang Wajib Diketahui

Niat menggabungkan puasa qadha Ramadan dan puasa Rajab penting diketahui agar puasa yang dilakukan benar-benar sah.

Baca Selengkapnya
38 Kata-Kata Menyambut Ramadhan Bahasa Arab, Memperkuat Ukhuwah Sesama Muslim

38 Kata-Kata Menyambut Ramadhan Bahasa Arab, Memperkuat Ukhuwah Sesama Muslim

Kata-kata menyambut Ramadhan dalam Bahasa Arab yang isinya saling mengingatkan dan menyemangati sesama muslim.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Asal Usul Bacaan Niat Puasa Ramadan yang Belum Banyak Diketahui Umat Islam

Asal Usul Bacaan Niat Puasa Ramadan yang Belum Banyak Diketahui Umat Islam

Niat menjadi penentu sah atau tidaknya ibadah puasa yang dilakukan.

Baca Selengkapnya
Bolehkah Membaca Doa Niat Puasa Ramadan Sebulan Penuh? Begini Penjelasannya yang Penting Diperhatikan Umat Islam

Bolehkah Membaca Doa Niat Puasa Ramadan Sebulan Penuh? Begini Penjelasannya yang Penting Diperhatikan Umat Islam

Niat puasa Ramadan merupakan salah satu persyaratan yang harus dipenuhi sebelum memulai menjalankan ibadah puasa.

Baca Selengkapnya
Hukum Memotong Kuku saat Puasa Ramadan, Apakah Membatalkan Puasa?

Hukum Memotong Kuku saat Puasa Ramadan, Apakah Membatalkan Puasa?

Memotong kuku adalah bagian dari sunah nabi untuk membersihkan diri.

Baca Selengkapnya
Puasa Syawal 6 Hari, Harus Berurutan atau Boleh Terpisah? Begini Penjelasannya

Puasa Syawal 6 Hari, Harus Berurutan atau Boleh Terpisah? Begini Penjelasannya

Dengan melakukan puasa Syawal, hak itu sama dengan pahala selama satu tahun.

Baca Selengkapnya
30 Kata-Kata Menyambut Bulan Ramadan Bahasa Jawa dan Artinya 2024 yang Berisi Permintaan Maaf, Cocok Dibagikan ke Keluarga dan Saudara

30 Kata-Kata Menyambut Bulan Ramadan Bahasa Jawa dan Artinya 2024 yang Berisi Permintaan Maaf, Cocok Dibagikan ke Keluarga dan Saudara

Penggunaan bahasa Jawa, apalagi Jawa halus memiliki nilai kesopanan tersendiri.

Baca Selengkapnya
Kisah Sahabat Nabi Berhubungan Intim di Siang Hari Bulan Ramadan yang Penuh Pelajaran Berharga

Kisah Sahabat Nabi Berhubungan Intim di Siang Hari Bulan Ramadan yang Penuh Pelajaran Berharga

Umat Islam seharusnya bisa menjaga dan mengontrol hawa nafsunya dengan baik demi kelancaran berpuasa.

Baca Selengkapnya