Pelayat Eril Capai 8 Ribu Orang, Keluarga Ridwan Kamil Sampaikan Terima Kasih

News | Rabu, 15 Juni 2022 15:00

Reporter : Okti Nur Alifia

Selain itu ada sekitar hampir 1.200 karangan bunga duka cita yang datang ke Gedung Pakuan.

Dream - Meninggalnya Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, putra sulung Ridwan Kamil, menyimpan duka mendalam yang tidak hanya dirasakan oleh keluarga, tetapi juga masyarakat. Ribuan orang berbondong-bondong melayat ke makam Eril.

Tercatat, pelayat yang hadir ke makam Eril di Cimaung, Bandung, sekitar 8.000, di luar tamu VIP. Keluarga Kang Emil, sapaan Ridwan Kamil, sangat berterima kasih atas simpati dari masyarakat.

" Ungkapan simpati berbagai bentuk yang sudah kami terima sehingga membuat kami berbesar hati dan terharu," kata adik Ridwan Kamil, Elpi Nazmuzzaman, di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Selasa 14 Juni 2022.

Selain itu, selama 17 hari berturut-turut ada sekitar hampir 1.200 karangan bunga duka cita yang datang ke Gedung Pakuan. Dan ribuan orang telah datang bertakziah untuk mendoakan almarhum Eril. 

" Ini konteksnya bukan membesar-besarkan angka, tapi mungkin kami akan kesulitan untuk menyampaikan rasa terima kasih. Mungkin kami akan luput menyampaikan terima kasih secara personal satu per satu, kepada orang yang sudah pernah membantu menyampaikan simpati dalam berbagai bentuk, untuk itu pada kesempatan ini kami ucapkan terima kasih banyak, jazakumullah. Hanya Allah sebaik-baiknya yang bisa memberi balasan," tutur Elpi.

Pelayat Eril Capai 8 Ribu Orang, Keluarga Ridwan Kamil Sampaikan Terima Kasih
© MEN
2 dari 4 halaman

Di Areal Makam Eril, Ridwan Kamil Ucap Janji untuk Si Bungsu Arka

Dream - Kepergian Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril masih menyisakan duka mendalam bagi keluarga. Telah mengikhlaskan sang putra sulung, kini Ridwan Kamil dan keluarga mulai kembali menata hidup di antaranya merencanakan masa depan putra bungsunya, Arkana Aidan Mishbach, untuk melanjutkan mimpi-mimpi mendiang.

Kepada Arka, Ridwan Kamil juga menularkan semangat juang Eril dalam berjuang untuk masyarakat yang membutuhkan.

Di akun Instagram pribadinya, Ridwan Kamil mengunggah potret dirinya bersama sang istri, Atalia Praratya dan Arkana di kompleks Masjid Al Mumtadz. Dalam unggahan itu, Ridwan Kamil berjanji akan mendidik dan menyayangi Arka seperti yang pernah dilakukannya kepada Eril sedari kecil.

 ridwan kamil dan arkana© (Foto: Instagram/ridwankamil)

3 dari 4 halaman

" Dear Arka, saatnya kamu meneruskan semangat A Eril, membangun dunia yang lebih baik dan lebih mulia. Kami akan mencintai dan mendidikmu, seperti kami mencintai dan mendidik A Eril," tulisnya.

 ridwan kamil dan arkana© (Foto: Instagram/ridwankamil)

" Bismillah, kita mulai dengan menyelesaikan Masjid Al Mumtadz ini ya Arka. Semangat @arkanaidan," sambung Ridwan Kamil.

4 dari 4 halaman

Sejak kepulangan Ridwan Kamil ke Indonesia, si bungsu Arka seakan menjadi pelipur lara. Ridwan Kamil sempat mengajak si bungsu saat dirinya kembali bekerja di Gedung Pakuan sebelum jenazah Eril ditemukan.

Tak hanya mengajak Arka saat bekerja, Kang Emil juga mengajak sang anak bermain petak umpet dan berpelukan sebelum berangkat bekerja.

Kehadiran Arka bak menjadi cahaya bagi keluarga Ridwan Kamil. Sang bungsu pun turut melepas kepergian kakaknya Eril yang dikebumikan di Cimaung, Jawa Barat.

      View this post on Instagram      

A post shared by Ridwan Kamil (@ridwankamil)

 

Join Dream.co.id