Pelaksanaan Ibadah Haji Dilakukan Bulan Apa? Yuk, Bikin Daftar Persiapan sebelum Keberangkatan

Your Story | Jumat, 24 Juni 2022 18:00

Reporter : Widya Resti Oktaviana

Berbeda dengan ibadah umrah, ibadah haji dilaksanakan pada waktu yang khusus.

Dream – Sebagai umat Islam tentunya penting untuk mengetahui segala sesuatu yang berhubungan dengan ibadah haji. Persiapan tentu harus dilakukan karena setiap orang tak pernah bisa menebak kapan Allah SWT memanggil kita untuk berkunjung ke rumah-Nya. Daftar tunggu dari pemerintah hanya sebagai taksiran untuk mengetahui perkiraan keberangkan menunaikan ibadah yang adalah bagian dari rukun Islam tersebut.

Sahabat Dream tentu masih ada yang bertanya pelaksanaan ibadah haji dilakukan bulan apa? Minimal dengan mengetahuinya kita bisa mempersiapkan diri lebih matang sehingga sudah mantap ketika hendak berangkat haji. Pelaksanaan haji adalah ibadah yang memakan waktu berhari-hari.

Mulai dari keberangkatan dengan jarak yang sangat jauh, serangkaian ibadah wajib maupun sunah yang nantinya dilaksanakan di tanah suci, serta berbagai kegiatan tambahan lainnya.

Nah, berikut adalah penjelasan tentang pelaksanaan ibadah haji dilakukan pada bulan apa dan hal-hal yang harus kamu persiapkan sebelum berangkat sebagaimana dirangkum Dream melalui berbagai sumber.

Pelaksanaan Ibadah Haji Dilakukan Bulan Apa? Yuk, Bikin Daftar Persiapan sebelum Keberangkatan
Waktu Pelaksanaan Ibadah Haji (Foto Ilustrasi: Shutterstock.com)
2 dari 4 halaman

Ibadah Haji Dilaksanakan pada Bulan Apa?

 Ibadah Haji Dilaksanakan pada Bulan Apa?© Unsplash.com

Tidak seperti ibadah umrah yang bisa sahabat Dream laksanakan kapan saja. Untuk ibadah haji ini memiliki waktu yang khusus dan hanya satu tahun sekali saja. Sehingga bagi sahabat Dream yang hendak menunaikan ibadah haji harus mengetahui waktu pelaksanaannya secara betul dan mempersiapkan sejak jauh-jauh hari.

Pelaksanaan ibadah haji dilakukan pada bulan awal Syawal hingga hari raya Idul Adha di bulan Zulhijah. Hal ini pun telah dijelaskan oleh Allah SWT melalui firman-Nya dalam surat Al-Baqarah ayat 197 berikut ini:

اَلْحَجُّ اَشْهُرٌ مَّعْلُوْمٰتٌ ۚ فَمَنْ فَرَضَ فِيْهِنَّ الْحَجَّ فَلَا رَفَثَ وَلَا فُسُوْقَ وَلَا جِدَالَ فِى الْحَجِّ ۗ وَمَا تَفْعَلُوْا مِنْ خَيْرٍ يَّعْلَمْهُ اللّٰهُ ۗ وَتَزَوَّدُوْا فَاِنَّ خَيْرَ الزَّادِ التَّقْوٰىۖ وَاتَّقُوْنِ يٰٓاُولِى الْاَلْبَابِ

Artinya: “ (Musim) haji itu (pada) bulan-bulan yang telah dimaklumi. Barangsiapa mengerjakan (ibadah) haji dalam (bulan-bulan) itu, maka janganlah dia berkata jorok (rafats), berbuat maksiat dan bertengkar dalam (melakukan ibadah) haji. Segala yang baik yang kamu kerjakan, Allah mengetahuinya. Bawalah bekal, karena sesungguhnya sebaik-baik bekal adalah takwa. Dan bertakwalah kepada-Ku wahai orang-orang yang mempunyai akal sehat!” (QS. Al-Baqarah: 197).

3 dari 4 halaman

Hal yang Harus Dipersiapkan sebelum Berangkat Haji

 Hal yang Harus Dipersiapkan sebelum Berangkat Haji© Unsplash.com

Setelah mengetahui tentang pelaksanaan ibadah haji dilakukan pada bulan apa, sahabat Dream juga harus mengetahui hal apa saja yang dipersiapkan sebelum berangkat haji. Sehingga nantinya ketika mendekati hari H, segala sesuatu sudah siap dan bisa berangkat serta beribadah dengan tenang di tanah suci.

Berikut adalah hal-hal yang harus sahabat Dream persiapkan sebelum berangkat haji:

Hati yang Bersih

Hal pertama yang harus sahabat Dream persiapkan adalah hati yang bersih. Meskipun tampak sederhana, namun ini sangatlah penting. Mengingat bahwa untuk menjalankan ibadah haji ada banyak hal yang kamu korbankan. Baik itu biaya, fisik, dan juga harus meninggalkan anggota keluarga di tanah air. Jadi, ibadah yang suci ini sudah sepantasnya dilaksanakan dengan hati yang bersih dan hanya semata-mata untuk Allah SWT. Keikhlasan sangatlah penting dalam pelaksanaan ibadah haji ini.

Menjaga Kesehatan

Hal yang tak kalah penting sebelum berangkat haji adalah mempersiapkan kesehatan yang baik. Baik itu kesehatan fisik maupun mental. Mengingat bahwa ada banyak sekali rangkaian ibadah yang melibatkan fisik ketika di tanah suci nantinya. Sehingga tubuh haruslah dalam kondisi yang fit dan prima.

Sebelum berangkat, usahakan untuk selalu mengatur pola makan dengan baik, rutin berolahraga, dan bisa juga mengonsumsi vitamin. Dengan begitu, ibadah haji yang dilaksanakan bisa berjalan dengan lancar dan insya Allah mencapai haji mabrur.

Catatan Doa

Ketika melaksanakan ibadah haji, ada beberapa bacaan doa yang berbeda dari doa yang sahabat Dream panjatkan biasanya. Doa ini berhubungann denan rukun haji itu sendiri. Sehingga pastikan kamu menghafalnya dengan baik atau jangan lupa membawa catatan doa haji secara lengkap untuk membantumu ketika beribadah nanti.

4 dari 4 halaman

 Hal yang Harus Dipersiapkan sebelum Berangkat Haji© Unsplash.com

Membawa Keperluan Pribadi

Pastikan sahabat Dream sudah mempersiapkan dengan baik dan lengkap keperluan haji. Misalnya saja pakaian untuk beberapa hari selama di tanah suci, obat-obatan penting, dan perlengkapan mandi. Dengan begitu, setiba di tanah suci kamu bisa menjalani hari-hari dengan mudah karena semua kebutuhanmu sudah disediakan di dalam koper yang kamu bawa dari tanah air.

Mengetahui dan Menaati Peraturan Ibadah Haji

Sebelum berangkat haji, biasanya jemaah haji sudah dijelaskan secara detail tentang peraturan apa saja yang diberlakukan selama menjalankan ibadah haji. Peratura-peraturan itulah yang harus kamu ketahui, pahami, dan diingat selalu agar ketika beribadah tidak melakukan kesalahan.

Menukarkan Uang

Jangan lupa sebelum berangkat haji, sahabat Dream harus menukarkan uang rupiah dengan riyal terlebih dahulu di money changer. Ini nantinya diperlukan saat kamu hendak berbelanja atau membeli sesuatu di tanah suci. Apalagi setelah ibadah haji selesai, biasanya jemaah akan berburu oleh-oleh untuk dibawa ke tanah air.

Usahakan untuk menukarkan uang jauh-jauh hari sebelum keberangkatan. Hal ini bertujuan untuk menjamin ketersediaan stok uang riyal dan kamu bisa memilih nilai kurs yang tidak terlalu tinggi.

Join Dream.co.id