Nomor Porsi Haji Hilang? Berikut Pengertian dan Cara Mengatasinya

Your Story | Selasa, 28 Juni 2022 16:01

Reporter : Arini Saadah

Langkah-langkah mengatasi nomor porsi haji yang hilang atau lupa.

Dream - Nomor porsi haji merupakan sesuatu yang sangat penting bagi para calon jamaah haji. Nomor porsi haji didapatkan setelah calon jamaah melakukan pembayaran awal. Nomor porsi haji digunakan untuk mengecek perkiraan jadwal keberangkatan ibadah haji ke Tanah Suci.

Cara mengecek jadwal keberangkatan haji pun sangat mudah, yaitu dengan memasukkan nomor porsi haji melalui situs resmi yang sudah disediakan pemerintah. Selain itu juga bisa mengeceknya lewat aplikasi.

Sehingga bagi calon jamaah haji yang sudah mendapatkan nomor porsi haji, sebaiknya dijaga dengan baik agar nomor tersebut tidak hilang.

Namun kiranya masih banyak yang kurang paham tentang nomor porsi haji. Dalam artikel kali ini Dream akan mengulas tentang pengertian nomor porsi haji dan cara mengatasi jika kehilangan atau lupa nomor porsi haji. Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Nomor Porsi Haji Hilang? Berikut Pengertian dan Cara Mengatasinya
Ilustrasi Jamaah Haji. (Foto: Kemenag/Husni ANggoro)
2 dari 6 halaman

Pengertian Nomor Porsi Haji

Nomor porsi haji adalah nomor antrian keberangkatan ibadah haji yang secara resmi dikeluarkan pemerintah melalui Kementerian Agama Republik Indonesia.

Nomor porsi haji dijadikan sebagai perkiraan tanggal calon jamaah haji bisa berangkat ke Baitullah yang telah disesuaikan dengan penanggalan Islam dan Masehi.

Nomor porsi haji berupa Surat Pendaftaran Pergi Haji (SPPH). Surat berupa kertas ini adalah bukti pembayaran yang diterima oleh calon jamaah haji. Jadi setelah data diverifikasi oleh pihak bank dan Ditjen Haji Kemenag, maka seseorang akan mendapatkan surat yang berisi nomor porsi haji.

Nomor porsi haji terdiri dari sepuluh angka yang memiliki arti tertentu bagi Kementerian Agama yang bekerjasama dengan Pemerintah Arab Saudi. Jika sudah memiliki nomor porsi haji, maka Sahabat Dream telah ditetapkan sebagai calon jamaah haji Indonesia.

3 dari 6 halaman

Cara Atasi Nomor Porsi Haji yang Hilang atau Lupa

Daftar tunggu keberangkatan haji sangatlah lama, terlebih jika mendaftar melalui jalur reguler. Calon jamaah harus sabar menunggu sekitar 15 hingga 30 tahun untuk bisa berangkat ibadah haji.

Sangking lamanya waktu tunggu, tak jarang seseorang lupa nomor porsi hajinya atau bahkan suratnya hilang. Jika demikian, apakah estimasi keberangkatan haji gagal? Tentu tidak.

Meskipun SPPH hilang dan lupa nomor porsi haji, Sahabat Dream masih memiliki data yang tersimpan oleh pihak bank maupun Ditjen Haji.

Apabila kamu mengalami kondisi tersebut, berikut tiga langkah yang bisa dilakukan untuk mendapatkan kembali nomor porsi haji kamu yang hilang.

4 dari 6 halaman

1. Minta Salinan Data Pembayaran SPPH Haji ke Bank

Sahabat Dream bisa meminta salinan data pembayaran SPPH ke bank dimana dulu kamu membayar. Serahkan dokumen yang dibutuhkan seperti KTP atau KK sesuai permintaan pihak bank. Lalu pihak bank akan mencari datamu yang masih tersimpan rapi. Dari situ kamu bisa mendapatkan kembali nomor porsi haji yang hilang atau lupa.

 

2 Mendatangi Kantor Kementerian Agama Terdekat

Selain mendatangi bank, Sahabat Dream juga bisa mendatangi kantor Kemenag terdekat untuk meminta nomor porsi haji. Ditjen Haji kini sudah mengembangkan sistem berbasis internet, sehingga semua data calon jamaah haji tersimpan rapi di bank data.

Sebab setelah melakukan pembayaran dan SPPH telah terbit, maka otomatis data juga masuk ke Ditjen Haji. Sehingga bisa diakses dari mana saja termasuk dari kantor Kemenag terdekat.

 

3 Menghubungi Ditjen Haji Kemenag

Selain cara di atas, cara yang paling mudah saat nomor porsi haji hilangg atau lupa adalah dengan menghubungi Ditjen Haji Kemenag melalui call center yang ada. Kini call center Ditjen Haji telah tersambung dengan call center lembaga pemerintahan yang lain.

Caranya mudah sekali, kamu hanya perlu akses di laman website lapor.go.id untuk menyampaikan keluhan maupun permintaan informasi ketika lupa nomor porsi haji atau SPPH hilang.

5 dari 6 halaman

Cara Cek Nomor Porsi Haji

Selain cara mengatasi nomor porsi haji yang hilang atau lupa, kamu juga perlu mengetahui cara cek nomor porsi haji. Cara mengecek nomor porsi haji bisa dilakukan dengan memanfaatkan teknologi informasi yang semakin maju. Bahkan Kementrian Agama Indonesia juga sudah memberikan kemudahan bagi Jemaah untuk mengetahui porsi keberangkatan haji.

Hal ini dilakukan dengan cara memantau nomor porsi secara online menggunakan fasilitas yang diberikan melalui situs resmi Kementerian Agama RI.

1. Melalui Situs Resmi Kemenag

Setelah Sahabat Dream sudah mendaftar, maka diharuskan bagi jemaah untuk menyetorkan sejumlah uang sebanyak Rp 25 juta ke Bank Penerima Setoran (BPS).

Kemudian, setelah itu jemaah akan diberi nomor porsi haji yang terdiri dari 10 digit. Nomor porsi itu tertera pada bukti setoran awal Biaya Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji atau BPIH dari Bank.

Ketika jemaah sudah mendaftar maka untuk mengetahui perkiraan keberangkatan, bisa memantaunya secara online melalui  fasilitas yang diberikan situs resmi kemenag.

Cara mengecek porsi haji yang pertama adalah dilakukan secara online dengan membuka link https://haji.kemenag.go.id/v3/.

  1. Buka situs https://haji.kemenag.go.id/v3
  2. Pilih menu dropdown “ basis data”
  3. Pilih estimasi keberangkatan
  4. Masukan 10 digit nomor porsi di kolom pencarian
  5. Klik cari,
  6. Muncullah jadwal keberangkatanmu.
6 dari 6 halaman

2. Melalui Aplikasi

Sedangkan cara mengecek porsi haji yang kedua adalah melalui aplikasi di smartphone: Cara mengecek porsi haji melalui aplikasi adalah sebagai berikut:

  1. Buka playstore atau Appstore di smartphone.
  2. Tulis “ Haji Pintar" di kolom pencarian.
  3. Unduh aplikasi tersebut.
  4. Buka aplikasi.
  5. Pilih menu “ estimasi keberangkatan”.
  6. Masukan 10 digit nomor porsi keberangkatan.
  7. Klik submit.
  8. Muncullah jadwal porsi keberangkatan haji kamu.

Itulah pengertian nomor porsi haji lengkap dengan langkah-langkah jika mengalami masalah kehilangan SPPH Haji. Dengan penjelasan di atas, diharapkan Sahabat Dream bisa menyelesaikan masalah terkait nomor porsi haji. Perlu diingat, jangan sampai kamu kehilangan nomor porsi haji, ya!

Join Dream.co.id