Miris, Tak Terima Bantuan, Wanita Lumpuh Ini Terpaksa Menyeret Tubuhnya ke Toilet Saat di Pesawat

Stories | Minggu, 25 September 2022 15:01

Reporter : Okti Nur Alifia

Saya meminta untuk pergi ke toilet dan mereka hanya berkata "tidak, kami tidak memiliki kursi di lorong", tanpa saran tentang apa yang harus saya lakukan.”

Dream - Seorang wanita difabel terpaksa menyeret tubuhnya saat hendak ke toilet karena tak ada kursi lorong di pesawat. Peristiwa ini terjadi saat penerbangan maskapai Spanyol, Albastar Airlines.

Menurut laman Metro.co.uk, wanita difabel bernama Jennie Berry asal Hartlepool, Durham, itu mengalami lumpuh dari pinggang ke bawah. Sebuah video yang dibagikan di media sosial memperlihatkan Jennie menggunakan tangannya untuk menyeret tubuhnya ke toilet di bagian depan pesawat.

Dia mengatakan, ini adalah satu-satunya pilihannya karena tidak ada kursi lorong di pesawat. Jennie mengklaim staf terus menyajikan minuman, alih-alih menawarkan bantuan. 

Jennie yang merupakan juru kampanye hak-hak disabilitas, mengatakan: " Saya meminta untuk pergi ke toilet dan mereka hanya berkata " tidak, kami tidak memiliki kursi di lorong" , tanpa saran tentang apa yang harus saya lakukan.”

Miris, Tak Terima Bantuan, Wanita Lumpuh Ini Terpaksa Menyeret Tubuhnya ke Toilet Saat di Pesawat
Jennie Berry (Foto: Metro.co.uk)
2 dari 3 halaman

“ Seperti yang kamu semua tahu, ketika kamu harus pergi, kamu harus pergi. Untungnya, saya memiliki kekuatan tubuh bagian atas yang baik, jadi saya melanjutkan untuk menyeret diri ke lorong menuju toilet, sementara staf terus menyajikan minuman,” lanjutnya.

Jennie awalnya akan menggunakan TUI UK namun ada perubahan di menit terakhir, dan dia harus menggunakan Albastar dalam perjalanan ke tempat liburannya.

 wanita disabilitas© Metro.co.uk

Dia mengatakan, saat tiba di Bandara Internasional Newcastle, staf penerbangan mengatakan bahwa dirinya tidak bisa duduk di dekat bagian depan pesawat.

Duduk di bagian depan biasanya membuat perjalanan lebih mudah bagi penyandang disabilitas yang perlu menggunakan kursi lorong.

3 dari 3 halaman

Dia menekankan bahwa setiap penerbangan yang pernah dia naiki selalu memiliki kursi lorong, sementara kru juga ‘berbelas kasih’ memberikan bantuan kepada orang-orang difabel saat terbang.

Dalam postingan terpisah di Instagram Story-nya, Jennie mengatakan kepada pengikutnya: " Sangat penting untuk diingat bahwa meskipun saya bisa merangkak ke toilet, tidak setiap orang cacat mampu melakukan itu."

 wanita disabilitas© Metro.co.uk

Dia kemudian menambahkan: " Tanpa rekaman ini, orang-orang cacat sama sekali tidak dipercaya."

Juru kampanye hak-hak disabilitas juga mengecam maskapai itu atas perlakuan 'memalukan', sementara yang lain mengatakan itu sama dengan 'diskriminasi'.

Metro.co.uk sendiri telah menghubungi Albastar Airlines untuk memberikan komentar atas kejadian ini.

 

Join Dream.co.id