Mengetahui Keutamaan Sholat Tarawih 10 Malam Terakhir di Bulan Ramadhan

Your Story | Jumat, 22 April 2022 20:02

Reporter : Arini Saadah

Dengan mengetahui keutamaan sholat tarawih 10 malam terakhir di bulan Ramadhan, akan meningkatkan kualitas ibadah seorang Muslim.

Dream - Salah satu amalan sunnah yang dianjurkan di setiap malam buln Ramadhan adalah sholat tarawih. Sholat sunnah yang satu ini hanya dikerjakan pada bulan Ramadhan. Keutamaan sholat tarawih di bulan Ramadhan sudah banyak dijelaskan dalam hadis-hadis Rasulullah Saw, salah satunya yang diriwayatkan Imam Bukhari dan Imam Muslim.

“ Barangsiapa mengerjakan sholat malam di bulan Ramadhan (sholat tarawih) karena keimanan dan mengharapkan pahala dari Allah, maka diampunkanlah dosa-dosanya yang telah lalu.”

Keutamaan sholat tarawih akan dilipatgandakan pahalanya, terutama bila dilakukan berjamaah. Sebagaimana sabda Rasulullah Saw tentang keutamaan sholat tarawih berjamaah. “ Sesungguhnya seseorang jika sholat tarawih bersama imam sampai salam, maka dihitung pahalanya sholat satu malam suntuk.” (HR. Abu Daud)

Keutamaan sholat tarawih pun juga bisa diperinci lagi berdasarkan pembagian harinya, mulai dari sepuluh malam pertama hingga sepuluh malam terakhir di bulan Ramadhan. Keutamaan sholat tarawih 10 malam terakhir di bulan Ramadhan tentu menarik untuk diketahui. Dengan mengetahui keutamaan sholat tarawih 10 malam terakhir di bulan Ramadhan, akan meningkatkan kualitas ibadah seorang Muslim. Sebab pada hari-hari inilah lailatul qadar akan turun kepada hamba-hamba pilihan Allah Swt.

Lantas apa saja keutamaan sholat tarawih 10 malam terakhir di bulan Ramadhan? Mari simak informasi selengkapnya berikut ini, dikutip Dream dari berbagai sumber.

Mengetahui Keutamaan Sholat Tarawih 10 Malam Terakhir di Bulan Ramadhan
Ilustrasi Sholat Tarawih (Foto: Unsplash.com/Rumman Amin)
2 dari 6 halaman

Manfaat Sholat Tarawih

Sebelum membahas lebih detail tentang keutamaan sholat tarawih 10 malam terakhir di bulan Ramadhan, perlu diketahui juga manfaat melaksanakan sholat sunnah ini. Sebab anjuran melaksanakan sholat tarawih di setiap malam pada bulan Ramadhan bukan tanpa alasan. Sebab sholat tarawih di bulan Ramadhan memberikan manfaat yang menakjubkan bagi umat Islam. Berikut beberapa manfaat sholat tarawih di bulan Ramadhan yang perlu diketahui.

1. Kesempatan untuk Meraih Malam Lailatul Qadar

Manfaat sholat tarawih setiap malam tentu menjadi kesempatan yang besar bagi umat Islam untuk meraih malam paling istimewa yaitu Lailatul Qadar. Malam Lailatul Qadar diperediksi akan datang pada 10 malam terakhir di bulan Ramadhan.

Dengan berbagai ciri-ciri yang telah disebutkan oleh Rasulullah Saw, banyak umat Muslim berbondong-bondong untuk mendapatkan keistimewaan tersebut, salah satunya dengan rajin dan ikhlas menjalankan sholat tarawih.

2. Pengampunan Dosa

Keutamaan sholat tarawih yang pertama adalah pengampunan dosa. Sholat tarawih ini bisa menggugurkan dosa dan mendapat pahala dari Allah Swt. Hal ini sesuai dengan hadis Nabi Saw yang diriwayatkan dari Abu Hurairah di bawah ini.

Rasulullah Saw., bersabda yang artinya: “ Barangsiapa melakukan qiyam Ramadhan (sholat tarawih) karena iman dan mencari pahala, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Yang dimaskud pengampunan dosa dalam hadis tersebut adalah bia mencakup dosa besar dan dosa kecil berdasarkan tekstual hadis. Namun pendapat lain mengatakan yang dimaksud pengampunan dosa adalah khusus untuk dosa kecil.

3 dari 6 halaman

3. Pahala Sholat Semalam Penuh

Sholat tarawih dianjurkan untuk dilakukan secara berjamaah meskipun dilaksanakan di rumah. Sesuai dengan hadis Nabi Saw, yang artinya:

Rasulullah Saw., bersabda: “ Siapa yang sholat bersama imam sampai selesai, maka ditulis untuknya pahala qiyam satu malam penuh.”

Jika sholat tarawih dilaksanakan di rumah, maka alangkah baiknya dilakukan berjamaah dengan keluarga untuk mendapatkan keutamaan tersebut.

4. Menyehatkan Jasmani dan Rohani

Sholat tarawih ini ternyata bisa membuat tubuh sehat dan meningkatkan stamina di saat bulan Ramadhan. Sebab, pada saat melaksanakan shoat tarawih tubuh melakukan gerakan-gerakan sholat yang bermanfaat untuk olahraga. Dan efeknya pun sama seperti melakukan latihan olahraga.

4 dari 6 halaman

 Ilustrasi© Liputan6.com

5. Sholat Tarawih Seutama-utamanya Sholat

Mazhab Hanabillah menyebut bahwa seutama-utamanya sholat sunnah adalah sholat yang dikerjakan secara berjamaah. Sholat tarawih ini adalah salah satu sholat yang ditekankan untuk dilakukan secara berjamaah.

6. Meningkatkan Rasa Cinta Terhadap Masjid

Apabila sholat tarawih dikerjakan di masjid, maka selain memperkuat silaturahmi, juga untuk meningkatkan kecintaan kepada masjid.

Sholat tarawih di masjid ini akan membuat orang-orang yang menjalankannya menjadi lebih tenang hatinya. Selain itu juga memiliki alasan untuk sering mengunjungi masjid pada bulan Ramadhan.

5 dari 6 halaman

Keutamaan Sholat Tarawih 10 Malam Terakhir Ramadhan

Keutamaan sholat tarawih 10 malam terakhir di bulan Ramadhan memang sudah sering dibahas dalam setiap ceramah maupun artikel-artikel. Akan tetapi penting bagi kita untuk membuka kembali memori tentang keutamaan sholat tarawih 10 malam terakhir di bulan Ramadhan.

Ini dia fadhilah atau keutamaan sholat tarawih 10 malam terakhir di bulan Ramadhan yang perlu diketahui:

Malam ke-21 Sampai 25

Keutamaan sholat tarawih pada malam ke-21 Allah akan membangunkan sebuah gedung mewah dari cahaya bagi orang yang menjalankan sholat tarawih. 

Pada malam ke-22, Allah akan memberikan keamanan dan kegembiraan bagi umat Muslim ketika datang hari kiamat. Allah menghilangkan segala kesedihan dan kesusahan untuknya saat hari kiamat.

Keutamaan sholat tarawih pada malam ke-23, Allah akan menyediakan sebuah kota yang indah untuknya di surga.

Pada malam ke-24, seseorang yang mengerjakan sholat tarawih dengan khusyu dan ikhlas maka Allah akan mengabulkan 24 doa yang telah dipanjatkannya.

Keutamaan sholat tarawih pada malam ke-25, Allah akan menghapuskan azab kubur untuknya.

6 dari 6 halaman

Malam ke-26 Sampai 30

Pada malam ke-26, Allah Swt akan mengangkat pahala seorang Muslim yang mengerjakan sholat tarawih selama 40 tahun lamanya.

Malam ke-27, seseorang yang mengerjakan sholat tarawih dan ibadah sunnah lainnya akan dimudahkan oleh Allah ketika melewati shiratal mustaqim bagaikan kilat yang menyambar.

Pada malam ke-28, Allah mengangkat baginya 1000 derajat dalam surga.

Kemudian pada malam ke-29, Allah akan memberikan untuknya pahala sebanyak 1000 kali haji.

Pada malam ke-30, Allah menyediakan segala kenikmatan untuknya di surga sebagaimana firman Allah: " Hai hamba-hamba-Ku, makanlah buah-buahan surga, mandilah dari air Salsabil dan minumlah dari telaga Kautsar. Aku-lah Tuhanmu, dan engkaulah hamba-Ku."

Itulah penjelasan tentang keutamaan sholat tarawih 10 malam terakhir di bulan Ramadhan.

Begitu luar biasa keutamaan sholat tarawih 10 malam terakhir tersebut, sehingga diharapkan bisa meningkatkan kualitas seorang Muslim untuk beribadah semata-mata hanya karena Allah Swt.

Join Dream.co.id