6 Manfaat Permainan Tradisional Sesuai Jenisnya, Latih Kekompokan dan Hidup Bersosialisasi

Your Story | Kamis, 30 Juni 2022 10:00

Reporter : Widya Resti Oktaviana

Di tengah maraknya penggunaan gadget, permainan tradisional justru efektif menanamkan hal-hal baik bagi anak untuk kehidupannya.

Dream – Ingatkan sahabat Dream di saat kecil apa saja permainan tradisional yang pernah dimainkan? Indonesia sendiri adalah negara yang memiliki banyak sekali jenis permainan tradisional. Di mana permainan ini sebagian besar memanfaatkan bahan-bahan yang ada di sekeliling kita. Baik itu barang-barang bekas maupun dari tumbuh-tumbuhan.

Jadi, bisa dipastikan bahwa permainan tradisional sangat murah bahkan gratis dan tidak kalah menyenangkan dengan permainan modern lho, sahabat Dream. Menyadari di zaman sekarang ini penggunaan gadget semakin marak dan membuat anak-anak tak mengenal permainan tradisional.

Padahal manfaat permainan tradisional sangatlah baik untuk melatih kreativitas anak-anak dalam menciptakan permainannya sendiri serta bisa membuat anak bersosialisasi dengan teman-teman yang lain. Beberapa permainan tradisional yang masih dimainkan misalnya saja seperti petak umpet, gobak sodor, dakon, bola bekel, dan sebagainya.

Kira-kira apa saja sih manfaat permainan tradisional? Berikut sebagaimana dirangkum oleh Dream melalui merdeka.com.

6 Manfaat Permainan Tradisional Sesuai Jenisnya, Latih Kekompokan dan Hidup Bersosialisasi
Manfaat Permainan Tradisional (Foto Ilustrasi: Shutterstock.com)
2 dari 7 halaman

Lompat Tali

 Lompat Tali© Shutterstock.com

Permainan yang pertama adalah lompat tali. Di mana hal ini tidak hanya bisa dijadikan sebagai permainan saja, tetapi juga olahraga. Biasanya permainan lompat tali kerap dimainkan oleh anak-anak perempuan, tetapi ada juga anak laki-laki yang turut memainkannya.

Cara memainkannya adalah seorang anak memegang ujung tali dan seorang anak lagi memegang ujung tali yang satunya lagi. Tali tersebut dibentangkan dan harus dilewati atau dilompati oleh anak-anak lainnya tanpa menyentuh tali tersebut. Jika anak-anak berhasil melewati tali tersebut, maka tingginya akan dinaikkan.

Manfaat permainan tradisional ini adalah bisa melatih ketangkasan, keseimbangan tubuh, dan kekompakan. Tentunya permainan ini sangatlah seru, apalagi dimainkan dengan beberapa anak.

3 dari 7 halaman

Cublak-cublak Suweng

Adakah dari sahabat Dream yang pernah memainkan cublak-cublak suweng? Permainan ini asalnya dari Jawa Tengah dan dimainkan oleh lebih dari dua orang. Di mana salah satu orang akan membungkuk dan menghadap ke bawah dengan mata yang tertutup. Sedangkan anak yang lainnya akan meletakkan tangan mereka di atas punggung anak yang membunguk. Kemudian memindahkan kerikil yang digenggam serta bernyanyi lagu cublak-cublak suweng.

Jika lagunya sudah selesai, nanti ada satu anak yang memindahkan kerikil dan menyembunyikannya. Nah, anak yang membungkik harus menebak di siapa yang memegang kerikil tersebut. Manfaat permainan tradisional ini adalah untuk melatih kepekakaan, kejujuran, dan meningkatkan kepercayaan diri. Yuk dicoba, sahabat Dream.

4 dari 7 halaman

Egrang

 Egrang© Shutterstock.com

Egrang menjadi salah satu permainan tradisional yang masik eksis hingga saat ini. Bahkan sahabat Dream masih bisa sering melihatnya lho. Misalnya saja saat ada suatu acara, permainan ini biasanya turut disediakan. Lalu, saat ada pertunjukan badut, juga biasanya turut memainkan egrang.

Egrang ini terbuat dari batang bambu yang dibentuk sedemikian rupa untuk nantinya dinaiki. Egrang tersebut seolah seperti kedua kaki yang sebenarnya tidak terlalu mudah untuk bisa menaikinya.

Meski sederhana, namun manfaat permainan tradisional ini mampu melatih keseimbangan, keberanian, dan menjaga kesehatan. Bahkan permainan ini semakin seru ketika dilombakan antar pemain.

5 dari 7 halaman

Petak Umpet

Hayo... siapa dulu yang sering main petak umpet? Permainan tradisional ini memang sangat seru dan bahkan tidak membutuhkan bahan-bahan permainan. Sahabat Dream hanya perlu mengumpulkan beberapa orang saja. Nantinya ada satu orang yang memejamkan mata sembari berhitung di suatu pos dan pemain yang lain bersembunyi.

Setelah berhitung, penjaga pos tersebut harus mencari teman-temannya yang bersembunyi. Di saat pencarian inilah menjadi momen terseru karena akan ada aksi kejar-kejaran. Manfaat permainan tradisional petak umpet adalah melatih perkembangan psikologis, otot, memori, dan kepemimpinan.

6 dari 7 halaman

Engklek

 Engklek© Shutterstock.com

Siapa nih yang dulunya setelah pulang sekolah, ganti baju, lalu langsung keluar rumah untuk bermain engklek bersama teman-teman? Permainan tradisional ini juga cukup populer. Selain mudah, juga seru pastinya. Namun sebelumnya sahabat Dream harus menggambar beberapa petak dahulu. Ada yang bentuknya L, gunung, dan kincir angin.

Kamu bisa menggambarkan di tanah dengan menggunakan batu atau jika di atas jalan bersemen, kamu bisa menggunakan pecahan genting atau batu-bata untuk menggambarnya. Setelah digambar, pemain akan melempar koin ataupun kerikil ke petak terdekat. Lalu melewati petaknya tanpa menginjak koin. Lalu kembali lagi ke garis awal untuk mengambil koinnya dan melempar lagi ke kotak selanjutnya.

Manfaat permainan tradisional ini adalah melatih kematangan sosial dengan teman sebaya. Di mana anak-anak akan bersosialisasi dengan anak-anak lainnya saat memainkan engklek.

7 dari 7 halaman

Gobak Sodor

 Gobak Sodor© Shutterstock.com

Permainan gobak sodor biasanya masih sering dimainkan di sekolah-sekolah. Baik itu di tingkat SD, SMP, bahkan SMA saat pelajaran olahraga. Sebelum memulai permainan, sahabat Dream harus membuat garis kotak-kotak yang berukuran agak besar. Nah, nantinya kotak-kotak itu akan menjadi daerah bagi sau kelompok untuk berjaga.

Sedangkan kelompok yang satunya lagi harus melewati daerah tersebut tanpa adanya sentuhan dengan kelompok yang berjaga. Tampak tegang, tapi di sinilah sebenarnya letak keseruan permainan tersebut. Kelompok penyerang harus selalu waspada saat berada di daerah lawan agar tidak tersentuh dari berbagai sisinya. Jika sampai bersentuhan, maka kedua kelompok harus bertukar posisi.

Manfaat permainan tradisional gobak sodor adalah melatih kerja sama, kepemimpinan, mengasah kemampuan otak, dan meningkatkan ketangkasan. Tak jarang juga, permainan ini kerap dimainkan dalam kegiatan out bond suatu organisasi atau komunitas.

Join Dream.co.id