Manfaat Bertawakal Menjalani Kehidupan Sehari-hari Agar Mempertebal Iman dan Dijauhkan dari Rasa Kecewa

Stories | Selasa, 13 September 2022 19:01

Reporter : Arini Saadah

Untuk menghadapi pahitnya hidup, manusia membutuhkan senjata yang ampuh yaitu sabar dan tawakal.

Dream – Sikap tawakal senantiasa harus dipegang manusia karena kehidupan di dunia tidak selalu menyenangkan dan sesuai yang diharapkan. Masalah datang silih berganti membuat hidup menjadi tak karuan. Ada kalanya juga masalah datang sebagai ujian dari Sang Kuasa untuk mengukur keimanan dari hamba-Nya.

Jika diterima sebagai sebuah hal positif, datangnya masalah akan membuat seseorang belajar dan semakin kuat dalam menghadapi kehidupan yang mungkin lebih berat. Setiap muslim senantaisa diajarkan tidak mudah putus asa dalam menjalani hidup.

Untuk menghadapi kondisi pahitnya hidup manusia membutuhkan senjata yang ampuh yaitu sabar dan tawakal. Sikap Tawakal adalah pasrah dan berserah diri kepada kehendak Allah SWT sekaligus memercayai dengan sepenuh hati kepada-Nya.

Menurut Imam Hambali, tawakal adalah perbuatan hati. Tawakal bukan sesuatu yang diucapkan oleh lisan dan bukan yang dilakukan oleh anggota badan. Tawakal bukan semata-mata berpasrah diri dan menyerah dengan keadaan. Tapi sesuatu yang dilakukan dengan usaha atau ikhtiar secara lahiriah.

Manfaat bertawakal dalam Islam salah satunya bisa memberikan dampak positif dalam kehidupan sehari-hari. Manfaat bertawakal juga memberi kenyamanan dalam menjalin kedekatan kepada Allah SWT dan sesama makhluk.

Lantas apa saja manfaat bertawakal dalam kehidupan sehari-hari? Berikut ini Dream merangkum dari berbagai sumber tentang manfaat bertawakal dalam kehidupan sehari-hari yang perlu dipahami.

Manfaat Bertawakal Menjalani Kehidupan Sehari-hari Agar Mempertebal Iman dan Dijauhkan dari Rasa Kecewa
Ilustrasi Berdoa Kepada Allah SWT. (Foto: Pexels.com/Anna Tarazevich)
2 dari 6 halaman

Manfaat Bertawakal dalam Kehidupan Sehari-hari

Berserah diri kepada Allah SWT dengan ikhlas dengan tetap berusaha mencari solusi adalah sikap yang terpuji dalam agama Islam. Sikap tersebut dinamakan bertawakal. Sikap ini adalah cara yang ampuh untuk menghadapi suatu masalah yang datang dalam hidup manusia. Berikut beberapa manfaat bertawakal yang akan kamu dapatkan dalam kehidupan:

1. Dimudahkan Urusannya di Dunia dan Akhirat

Manfaat bertawakal dalam kehidupan akan memudahkan seseorang menjalani hidup di dunia dan akhirat. Sikap berserah diri kepada Allah ini akan memberikan ketenangan dalam hati setelah bekerja keras menggapai keinginan.

Saat musibah datang, bukan hal yang mudah bagi Muslim untuk ikhlas. Meski berat, kita harus berusaha untuk tidak berprasangka buruk kepada Allah SWT. Allah telah menjamin kemudahan bagi setiap hamba yang bertawakal, sebesar apapun cobaan yang tengah menimpa.

" Barang siapa yang bertawakal kepada Allah niscaya Dia akan membukakan jalan keluarnya dan Dia memberikan rejeki dari arah yang tidak disangka-sangka. Barang siapa yang bertawakal kepada Allah niscaya Dia akan mencukupkan keperluannya. Sesungguhnya Allah melaksanakan tugas-Nya, sungguh Dia telah mengadakan ketentuan bagi setiap orang." (QS. Ath-Thalaq: 1-2)

3 dari 6 halaman

2. Selalu Siap Hadapi Masalah

Manfaat bertawakal juga akan membuat seseorang selalu siap dengan berbagai masalah yang dihadapi. Seseorang mungkin akan kaget dengan suatu kejadian yang tak diharapkan dalam hidupnya. Namun dengan sikap tawakal, seseorang akan terbiasa sigap dengan ujian hidup yang akan dihadapi berikutnya.

Lantaran selalu bertawakal, biasanya orang akan lebih berprasangka baik kepada setiap takdir yang diberikan Allah. Maka dari itu, ia akan menjadi pribadi yang mudah beradaptasi dengan masalah sesulit apapun.

3. Melatih Kemandirian

Manfaat bertawakal dalam kehidupan sehari-hari berikutnya ialah mampu melatih kemandirian seorang Muslim. Dengan tawakal, kedewasaan seseorang akan meningkat setiap kali menghadapi suatu masalah.

Tawakal akan melatih seseorang untuk memahami suatu musibah yang diberikan Allah dan mengambil hikmah darinya.

" Hendaklah hanya kepada Allah sajalah orang mukmin itu bertawakal. Dan bertawakalah kepada Allah yang Maha Hidup (abadi) yang tidak akan pernah binasa. Maka bertasbihlah atas nama-Nya dan pujilah Dia." (QS. Al-Furqan: 58)

4 dari 6 halaman

4. Memperkuat Iman dan Pantang Menyerah

 Ilustrasi© Shutterstock.com

Manfaat bertawakal dalam kehidupan sehari-hari akan semakin mempertebal keimanan. Sebab iman seseorang diuji oleh Allah SWT dengan musibah dan peristiwa yang tidak menyenangkan. Maka dengan bertawakal, seseorang akan lebih kuat imannya dan tidak mudah menyerah.

Perilaku tawakal akan membuat seseorang menjadi lebih sabar dan selalu bersyukur. Jika dilakukan dengan ikhlas dan prasangka baik kepada Allah, maka Dia akan memberikan yang terbaik buat hamba-Nya. Dalam hal ini, Rasulullah SAW pernah bersabda dalam hadis riwayat Muslim:

“ Semangatlah kalian terhadap hal-hal yang bermanfaat bagi kalian dan mohonlah pertolongan kepada Allah." (HR. Muslim 2664)

5. Dilimpahi Rezeki yang Cukup

Salah satu manfaat bertawakal dalam kehidupan sehari-hari yang perlu diketahui ialah Allah akan melimpahkan rezeki yang cukup. Semakin banyak bersyukur dan berserah diri, Allah akan mencukupkan hidupnya.

Dalam Surat Ali Imran Allah SWT berfirman: " Sesungguhnya allah itu mencintai dan menyayangi orang-orang yang bertawakal." (Ali Imran: 159)

Nabi Muhammad SAW pun bersabda, " Seandainya kalian sungguh bertawakal kepada Allah, sesungguhnya Allah akan memberi kalian rezeki sebagaimana Allah memberikan rezeki kepada seekor burung yang pergi dalam keadaan perutnya yang lapar lalu kembali lagi tetapi dalam keadaan kenyang." (HR. Imam ahmad, Tirmidzi, ibnu hibban serta Al hakim)

5 dari 6 halaman

6. Dijauhkan dari Godaan Setan

Manfaat bertawakal dalam kehidupan sehari-hari yang tak kalah penting bagi umat Islam adalah dijauhkan dari godaan setan. Tawakal dapat memperkuat iman dan menjauhkan diri dari segala godaan.

Jika seseorang senantiasa bertawakal dalam berusaha dan bekerja, maka hati dan imannya akan menjadi lebih kuat. Sebagaimana firman Allah dalam surat An-Nahl:

" Sungguh, setan itu tidak berpengaruh terhadap orang-orang yang shaleh dan beriman dan bertawakal kepada Tuhannya." (Surat An-Nahl ayat 99).

7. Dikaruniai Kenikmatan Tiada Tara

Manfaat bertawakal dalam kehidupan sehari-hari juga berkaitan dengan rezeki dan kenikmatan yang tiada tara dari Allah SWT. Dia menyukai hamba-Nya yang mau berusaha, dan tidak banyak mengeluh serta bertawakal kepada-Nya. Allah pun akan memberikan kenikmatan dan kebahagiaan yang tidak terduga bagi hamba-Nya yang bertawakal.

" Apapun kenikmatan yang diberikan padamu ,semua itu adalah kesenangan hidup yang bersifat dunia. Sedangkan apa pun kenikmatan yang ada di sisi allah lebih baik dan kekal hanya untuk orang orang yang beriman yang hanya bertawakal selama hidupnya semata mata karena allah SWT." (Surat Asy-syuro: 36)

6 dari 6 halaman

8. Masuk Surga Tanpa Hisab

Manfaat bertawakal selanjutnya bagi kaum Muslim ialah diberikan kemudahan untuk masuk surge tanpa hisab.

" Mereka yang tidak membual, tidak berkata-kata bohong, tidak mencuri hak orang lain, tidak membuat ramalan-ramalan yang buruk kepada Tuhan mereka bertawakal, maka surga akan menjadi milikmu." (Diriwayatkan oleh Al-bukhary dan Muslim).

9. Dijauhkan dari Rasa Kecewa

Manfaat bertawakal yang tak kalah penting adalah menghindarkan diri dari rasa kecewa. Seseorang memiliki harapan atau ekspektasi yang seringkali terlalu tinggi. Sehingga saat realita tak sesuai harapannya, ia akan mudah kecewa.

Namun dengan sikap tawakal, seseorang akan berusaha semaksimal mungkin lantas menyerahkan hasilnya hanya kepada Allah SWT. Sebab dirinya yakin, apapun hasil usahanya nanti merupakan yang terbaik yang bisa ia lakukan.

 

Join Dream.co.id