Lapor ke Polisi Anaknya Jadi Korban Pencabulan, Ibu Ini Malah Disuruh Tangkap Sendiri Pelaku

News | Selasa, 28 Desember 2021 11:01

Reporter : Ahmad Baiquni

Ibu tersebut mengaku kecewa.

Dream - Seorang ibu di Bekasi, Jawa Barat, terpaksa menangkap sendiri terduga pelaku pencabulan anaknya. Padahal dia mengaku sudah melaporkan dugaan kasus pencabulan terhadap anaknya yang masih di bawah umur kepada polisi.

Ibu tersebut menangkap sendiri terduga pelaku yang terlihat di Stasiun Bekasi. Terduga disebut akan kabur ke Surabaya, Jawa Timur.

Ibu itu mengaku sudah pernah melapor ke polisi pada Selasa, 21 Desember 2021 sekitar pukul 02.00 WIB. Siang harinya, ibu tersebut mendapat informasi terduga pelaku akan melarikan diri ke Surabaya karena sudah dilaporkan ke polisi.

" Saya lapor jam 2 malam tuh, nah pas pelaku udah mau kabur, saya kan udah laporan kan, tes visum juga udah keluar," ujar ibu tersebut.

 

Lapor ke Polisi Anaknya Jadi Korban Pencabulan, Ibu Ini Malah Disuruh Tangkap Sendiri Pelaku
Ilustrasi
2 dari 4 halaman

Dinilai Bertele-tele

Dia juga sudah mengatakan kepada polisi tentang kemungkinan terduga pelaku akan kabur. Tetapi, jawaban yang dia dapat sungguh mengejutkan.

" Kata polisinya, 'lah saya nggak ada hak nangkap, saya nggak punya surat tugas.' Terus ini dia bilang saya yang harus disuruh tangkap sendiri," kata dia.

Karena mendapat jawaban tersebut, ibu itu bersama adik iparnya akhirnya mengejar terduga pelaku. Pria itu pun tertangkap dan dibawa ke kantor polisi.

" Ya udah akhirnya saya sama adik saya sama saudara lapor ke Stasiun Bekasi sendiri buat nangkep pelaku. Pas visum juga saya nggak dampingi. Ini kayaknya polisinya yang ngegantung ya," kata dia.

 

3 dari 4 halaman

Hanya Berharap Keadilan

Dia pun kecewa dengan kinerja polisi yang tidak tanggap dengan laporannya. Dia hanya berharap mendapat keadilan tetapi malah mendapat perlakuan mengecewakan dari polisi.

" Jangan sampai kayak kemarin, masa yang nangkap saya bukan polisi gitu. Seharusnya polisi dong, bukan saya yang kejar-kejaran nangkap pelaku, sampai dia mau kabur saja nggak peduli," kata dia.

Kasie Humas Polres Metro Bekasi Kota, Komisaris Erna Ruswing Andari, menjelaskan pelapor datang ke Mapolres Bekasi Kota pada Selasa dini hari. Pelapor yang merupakan ibu seorang anak di bawah umur hendak melaporkan tindak pencabulan yang dialami anaknya.

 

4 dari 4 halaman

Jawaban Polisi

Menurut Erna, proses penyelidikan tidak bisa dijalankan sesaat setelah laporan masuk. Dibutuhkan waktu setidaknya satu atau dua hari.

" Dia laporan jam 3 pagi, sedangkan jangka waktu penyelidikan dari kepolisian ini membutuhkan waktu sekitar satu atau dua hari," kata Erna.

Dia melanjutkan polisi juga membutuhkan waktu untuk memproses laporan masyarakat. Sehingga laporan tidak bisa langsung ditangani.

" Tidak bisa secepat itu prosesnya kami dari kepolisian juga perlu waktu," ucap dia.

Erna pun membantah polisi mengabaikan laporan dari pihak korban. Hanya saja butuh waktu untuk proses penanganan.

" Jadi kami bukan mengabaikan. Tetapi kami juga membutuhkan waktu untuk memeriksa data dan melakukan penyelidikan kepada terduga pelaku ini," kata dia, dikutip dari Bekasikinian.com.

Join Dream.co.id