Kronologi Ustaz Abdul Somad Dideportasi Imigrasi Singapura: Saya Dimasukkan ke Ruangan Macam Liang Lahat

News | Selasa, 17 Mei 2022 13:00

Reporter : Nabila Hanum

Hingga kini, UAS mengaku tak tahu alasan dirinya dideportasi dari Singapura

Dream - Ustaz Abdul Somad (UAS) menjelaskan kronologi penahanannya hingga dideportasi oleh imigrasi Singapura. Dia mengatakan, peristiwa tersebut terjadi pada Senin, 16 Mei 2022. Ia sampai di Pelabuhan Tanah Merah Singapura pukul 13.30 waktu Indonesia.

" Info bahwa saya dideportasi dari imigrasi Singapura itu betul, bukan hoaks," kata Ustaz Abdul Somad, dikutip dari kanal Youtube Hai Guys Official, Selasa 17 Mei 2022.

Ustaz Abdul Somad berangkat ke Singapura bersama istri dan anaknya, kemudian sahabat yang membawa istri dan anak berusia 4 tahun. Kunjungan UAS ke Singapura diakui hanya untuk berlibur.

" Sudah sampai di stempel imigrasi, dia enggak langsung stempel karena langsung di-scan aja pasport, abis itu dia langsung cap jempol, habis itu bawa keluar. Saya yang terakhir. Begitu mau keluar, tas itu ditarik masuk," katanya.

Kronologi Ustaz Abdul Somad Dideportasi Imigrasi Singapura: Saya Dimasukkan ke Ruangan Macam Liang Lahat
Ustaz Abdul Somad (UAS) (Youtube Youtube Hai Guys Official)
2 dari 6 halaman

Setelah itu, dia mengatakan bahwa petugas menyuruhnya duduk di pinggir jalan dekat lorong imigrasi.

" Jadi begitu saya mau keluar, kemudian ada satu pegawainya membawa tas saya itu, saya disuruh duduk di pinggir jalan di dekat lorong imigrasi itu," ujarnya.

Setelah itu, UAS ditanya dengan siapa dia berangkat ke Singapura. Begitu dijelaskan bahwa dia datang bersama istri dan sahabatnya, ternyata rombongannya itu ikut ditahan.

" Kemudian dia tanya dengan siapa, saya bilang with my friend, my wife, anak saya, untuk holiday bukan acara pengajian. Saya menjelaskan itu maksudnya supaya dia tahu bahwa orang itu datang untuk jalan-jalan," ujarnya.

Ustaz Abdul Somad mengaku ditahan oleh imigrasi Singapura sekitar empat jam sebelum akhirnya dipulangkan.

" Saya dimasukan ke dalam satu ruangan, lebarnya satu meter panjangnya dua meter, pas macam liang lahat. Satu jam saya di situ, di ruang kecil itu. Habis itu baru digabungkan dengan kawan saya itu, barulah di tempat yang ramai itu," ucapnya.

3 dari 6 halaman

Hingga kini, UAS mengaku tak tahu alasan dirinya dideportasi dari Singapura. Menurut UAS, hingga kini belum ada penjelasan terkait hal itu.

" Itulah yang mereka tak bisa menjelaskan, pegawai imigrasi tak bisa menjelaskan, jadi yang bisa menjelaskan mungkin Ambassador Singapura di Jakarta," terangnya.

UAS pun meminta Kedutaan Besar Singapura untuk Indonesia menjelaskan terkait pendeportasian dirinya.

" You have to explained to our community's why did your country, why your goverment reject us, why your goverment deport us, kenapa, apakah karena teroris? Apakah karena ISIS? apakah karena bawa narkoba, itu mesti dijelaskan," kata dia.

Menurut UAS, dirinya membawa dokumen lengkap perjalanan ke luar negeri. Maka dari itu, dirinya merasa aneh dideportasi.

" Berkas lengkap semua, kartu (dokumen) untuk datang sampai masuk semua lengkap. Enggak ada kurang satu apa pun," kata UAS.

4 dari 6 halaman

Momen Ustaz Abdul Somad Berada di 'Penjara' Sempit Imigrasi sebelum Dideportasi Singapura

Dream - Ustaz Abdul Somad (UAS) ditahan dan dideportasi oleh Imigrasi Singapura saat berkunjung ke negara tersebut.

Informasi penahanan dan deportasi tersebut disampaikan langsung oleh UAS dalam akun Instagram pribadinya @@ustadzabdulsomad_official. Dalam unggahan tersebut terlihat UAS berada dalam ruangan sempit yang berukuran 1x2 meter.

Dalam narasi video dan foto itu, rekaman dalam ruangan tersebut diambil sebelum dideportasi dari Singapura. UAS nampak menggunakan masker dan topi.

5 dari 6 halaman

 UAS dideportasi dari Singapura© Instagram @ustadzabdulsomad_official

" Uas di ruang 1x2 meter seperti penjara di imigrasi, sebelum dideportasi dari singapore," tulisnya di kolom caption.

Ustaz Abdul Somad akan menjelaskan apa yang dialaminya dalam sebuah kanal YouTube pada hari ini Selasa, 17 Mei 2022.

" Berita lengkapnya saksikan esok wawancara Uas, Selasa 17 Mei 2022, hanya di channel: hai guys official," ujarnya.

6 dari 6 halaman

Unggahan yang ditonton puluhan ribu kali itu mendapat respons dari warganet di kolom komentar. Ada yang penasaran dengan apa yang terjadi, namun tak sedikit pula yang menyemangati UAS.

" Lagi dan lagi," tulis @kasmar.siregar

" Semangat ustadz❤️❤️," tulis @adhe_novrian

" Smg Allah selalu jaga tuang Guru 🙏," komentar @mhmmdrzzqf_

" Semoga diberikan keselamatan dan kesehatan tuan guru🙏," komentar @saputratomyyy

Join Dream.co.id