Lantunan Tahlil dan Tangis Histeris Pelayat Iringi Jenazah Eril ke Permakaman

News | Senin, 13 Juni 2022 09:40

Reporter : Okti Nur Alifia

Begini proses pemakaman Eril.

Dream - Jenazah Eril dimakamkan di permakaman keluarga di Cimaung, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Senin 13 Juni 2022. Jasad pemuda bernama asli Emmeril Kahn Mumtadz tersebut dimasukkan ke ambulans sekitar pukul 09.10 WIB.

Kedua orang tua Eril, Ridwan Kamil dan Atalia, juga ikut mobil ambulans yang membawa jasad Eril. Mobil ambulans berangkat dari Gedung Pakuan ke Cimaung dengan pengawalan ketat personel polisi.

Lantunan kalimat Tahlil, La ilaha illallah, mengiringi kepergian jenazah Eril ke permakanan. Banyak pula orang-orang yang bertakziah menangis, bahkan berteriah histeris saking sedihnya atas kepergian Eril.

Perjalanan dari Pakuan menuju Cimaung diperkirakan membutuhkan waktu sekitar 60 menit. Di Cimaung, telah dipersiapkan liang lahat untuk Eril. (Merdeka.com)

Lantunan Tahlil dan Tangis Histeris Pelayat Iringi Jenazah Eril ke Permakaman
Jasad Eril Diberangkatkan Ke Permakaman (Merdeka.com)
2 dari 5 halaman

Kondisi Terkini Jelang Pemakaman Eril: Warga Padati Area Cimaung Bandung

Pantauan dari Liputan6.com, saat ini lokasi di sekitar pemakaman Eril dipadati warga yang ingin melihat proses pemakaman.

Meskipun begitu warga hanya bisa melihat dari kejauhan karena tidak diperkenankan masuk ke area pemakaman. Sementara itu cuaca di lokasi pemakaman terpantau cerah.

Di kawasan Yayasan Islamic Center Baitulridwan, terlihat sejumlah petugas yang melakukan persiapan area pemakaman. Sejumlah alat berat juga diturunkan guna merapikan jalan masuk ke area pemakaman.

 

3 dari 5 halaman

Hujan yang mengguyur Kota Bandung tadi malam juga membuat jalan di lokasi pemakaman becek. Petugas terus mengebut pengerjaan pemerataan jalan menggunakan pasir dan batu.

Selain itu, panitia telah menyiapkan dua tenda besar untuk menyambut keluarga dan tamu.

Lokasi pemakaman almarhmum Eril bukanlah pemakaman umum, melainkan untuk keluarga yang sudah dipersiapkan keluarga Gubernur Ridwan Kamil beberapa waktu sebelumnya yang menyatu dengan proyek masjid atau Islamic Center. 

 

 

 

4 dari 5 halaman

Pusara Istimewa Eril

Dream - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sudah menyiapkan peristirahatan terakhir untuk putra sulungnya, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril.

Pusara untuk Eril disiapkan tepat di samping masjid yang sedang dibangun Ridwan Kamil di Kabupaten Bandung Barat.

" Sudah aku siapkan sebuah tempat yang istimewa. Sudah aku desainkan sebuah rumah akhirmu yang indah. Di sebelah sungai kecil, dengan pemandangan gunung dan pesawahan yang hijau permai," tulis Ridwan Kamil via akun Instagramnya @Ridwankamil, Sabtu 11 Juni 2022.

5 dari 5 halaman

Kang Emil sapaan akrabnya menjelaskan tempat yang disediakan untuk Eril berada di kampung sang istri, Atalia Praratya. Lokasi yang dimaksud adalah Masjid Al Mumtadz, yang saat ini dalam tahap pembangunan.

" Al Mumtadz yang artinya terbaik. Terbaik adalah caramu menjalani hidup di dunia fana ini. Tidak sia-sia kami pilihkan nama penuh doa itu untukmu," kata Emil.

Eril rencananya dibawa pulang ke Tanah Air pada hari ini. Sang ayah mengungkapkan kepada jasad Eril untuk saatnya kembali ke Indonesia.

" Saatnya kamu pulang ke negeri untaian doa. Ke negeri para Wali yang salah satunya adalah leluhurmu. Eril, today is Saturday. It is a good day to go home," tulis Kang Emil.

      View this post on Instagram      

A post shared by Ridwan Kamil (@ridwankamil)

 

Join Dream.co.id