Kata Mutiara HUT RI ke-77, Semarakkan Hari Kemerdekaan yang Penuh Semangat Juang

Stories | Kamis, 18 Agustus 2022 12:10

Reporter : Arini Saadah

Cara mengisi kemerdekaan bisa dilakukan sesuai bidang masing-masing.

Dream – Hari ulang tahun kemerdekaan adalah salah satu momen terbesar bagi bangsa Indonesia. Kemerdekaan Indonesia yang pertama kali dideklarasikan pada 17 Agustus 1945 itu merupakan momen di mana seluruh masyarakat mengikrarkan janji bersama sebagai sebuah negara yang merdeka.

Proklamasi adalah janji sekaligus keinginan Indonesia untuk berdikari menjadi satu bangsa dan diakui oleh dunia sebagai negara merdeka dari penjajah.

Peristiwa kemerdekaan Indonesia tak terlepas dari jasa para pahlawan yang berjuang mati-matian dalam pertempuran. Bahkan banyak dari mereka yang gugur di medan laga merebut kemerdekaan.

Tahun ini, Indonesia akan memperingati Hari Ulang Tahun yang ke-77. Tentu saja kini perjuangan masyarakat Indonesia bukan lagi melawan penjajah. Melainkan berjuang mengisi kemerdekaan dengan berkarya demi memajukan bangsa. Perjuangan hari ini juga perlu dilakukan untuk menumpas ketidakadilan yang kini masih marak terjadi.

Mari kita sama-sama berjuang untuk mengisi kemerdekaan dengan semangat membara. Kita bisa mendapatkan semangat dari berbagai hal, salah satunya melalui kata mutiara HUT RI ke-77. Simak kata Mutiara HUT RI ke-77 berikut ini, dirangkum Dream dari berbagai sumber.

Kata Mutiara HUT RI ke-77, Semarakkan Hari Kemerdekaan yang Penuh Semangat Juang
Ilustrasi Membawa Bendera Merah Putih. (Foto: Shutterstock.com)
2 dari 5 halaman

Kata Mutiara HUT RI ke-77 untuk Caption Instagram

Kata mutiara HUT RI ke-77 bisa menjadi salah satu pembangkit semangat untuk mengisi kemerdekaan. Terutama saat peringatan hari kemerdekaan yang jatuh setiap tanggal 17 Agustus. Seluruh rakyat Indonesia bersuka cita menyambut Hari Proklamasi Kemerdekaan ini.

Bahkan sejak memasuki awal bulan Agustus, bendera merah putih dan berbagai aksesoris khas HUT RI telah menghiasi setiap sudut kota.

Selain itu banyak acara perayaan digelar untuk menyemarakkan HUT RI ke-77, seperti lomba panjat pinang, balap karung, tarik tambang, hingga pagelaran kesenian.

Berbagai acara tersebut sangat indah untuk didokumentasikan dan diunggah di media sosial. Untuk menyertai foto unggahan di media sosial, kamu membutuhkan caption kata mutiara HUT RI ke-77. Simak beberapa kata mutiara HUT RI ke-77 berikut ini!

  1. “ Kemerdekaan hanya dapat dimiliki oleh bangsa yang jiwanya berkobar-kobar dengan tekad merdeka atau mati.”
  2. “ Tidak ada hasil yang memuaskan tanpa adanya kerja keras dan perjuangan. Tidak ada hasil dari perjuangan dan kerja keras yang tidak menghasilkan apa-apa.”
  3. “ Merdeka itu hak segala bangsa, dan juga hak semua orang. Padamkan kebencian antar bangsa, dan ciptakan perdamaian antar dunia.”
  4. “ Kemerdekaan ini bukanlah hadiah dari Jepang, kemerdekaan ini tidaklah didapatkan dengan cuma-cuma, kemerdekaan ini adalah tetesan darah para pejuang bangsa.”
  5. “ Merah darahku adalah ungkapan bahwa semangat yang berkobar tidak akan padam hingga tetesan darah terakhir. Putih tulangku adalah mental baja yang tidak akan pernah pudar walau panasnya peluru menembus tubuh.”
  6. “ Keindahan hidup itu bukan terletak pada puncak sebuah tujuan melainkan ketika kita berjuang untuk mewujudkan tujuan.”
  7. “ Pahlawan yang setia itu berkorban, bukan untuk dikenal namanya, tetapi semata-mata untuk membela cita-cita.”
  8. " Stop membawa identitas bangsa lain, junjung tinggi identitas negeri kita tercinta!"
3 dari 5 halaman

Kata Mutiara HUT RI ke-77 Bangkitkan Semangat Juang

Banyak hal bisa dilakukan untuk mengisi kemerdekaan, salah satunya adalah bekerja keras untuk keluarga dan masa depan yang lebih baik. Bekerja keras semaksimal mungkin tanpa mengeluh dengan harapan hasil yang lebih baik. Bagi para pekerja, itulah salah satu bentuk perjuangan yang bisa dilakukan.

Sementara untuk para murid sekolah, cara mengisi kemerdekaan adalah dengan berjuang mendapatkan nilai terbaik dan menguasai berbagai ilmu pengetahuan. Untuk membangkitkan semangatmu dalam berjuang sesuai bidang masing-masing, bacalah beberapa kata Mutiara HUT RI ke-77 di bawah ini.

  1. “ Jadikan bahumu menjadi kokoh bak baja. Karena masih banyak saudara-saudara kita yang masih memerlukan tempat untuk bersandar. Selamat HUT RI ke-77!”
  2. “ Para pahlawan membayar kemerdekaan ini dengan darah, kita menghargai kemerdekaan itu dengan keringat kerja keras untuk berkarya membanggakan Indonesia.”
  3. “ Kobarkan semangat, lumpuhkan rasa takut dan mulailah bergerak menuju sebuah tujuan untuk terciptanya sebuah kemerdekaan.”
  4. “ Jangan pernah bermimpi untuk merdeka, ketika kalian sendiri malas untuk mengejarnya.”
  5. “ Cita-cita persatuan Indonesia itu bukan omong kosong, tetapi benar-benar didukung oleh kekuatan-kekuatan yang timbul pada akar sejarah bangsa kita sendiri.”
  6. “ Jangan pernah mengaku sebagai pemuda Indonesia jika tidak mau berjuang dalam mewujudkan cita-cita.”
  7. “ Bakarlah semangat juang layaknya darah yang bergejolak, kuatkanlah tekad dan tujuan bagai pohon yang memiliki akar yang kuat dan jadikanlah warna merah sebagai semangatmu dan warna putih sebagai tekadmu karena merah putih adalah warna benderamu.”
  8. “ Jika kamu pernah merasakan betapa pedih dan menderitanya di jajah oleh bangsa asing, maka kamu akan bisa menghargai setiap darah yang diteteskan oleh para pejuang kemerdekaan Indonesia.”

Itulah kumpulan kata Mutiara HUT RI ke-77 yang dapat membangkitkan semangatmu dalam berjuang mengisi kemerdekaan.

4 dari 5 halaman

Kata Mutiara HUT RI ke-77 yang Sarat Motivasi

Hari kemerdekaan Republik Indonesia yang diperingati setiap satu tahun sekali adalah bukti bahwa kemerdekaan ini harus terus dilanjutkan. Meski para pahlawan yang memperjuangkan bangsa ini sudah tiada, namun semangatnya masih terus berkobar untuk memantik setiap generasi muda agar semakin termotivasi memajukan dan mengharumkan bangsa Indonesia.

Berikut adalah beberapa kata Mutiara HUT RI ke-77 yang bisa sahabat Dream gunakan untuk menumbuhkan motivasi:

  1. " Dari Sabang sampai Merauke, mari satukan semangat dalam perayaan HUT RI ke-77!"
  2. " Jangan membuat perbedaan menjadi alasan untuk bertengkar dan melemahkan rasa kasih sayang kita. Jadikanlah itu sebagai kekuatan. Selamat ulang tahun ke-77 Republik Indonesia."
  3. " Jasa pahlawan, jasa penuh kenangan. Jasa yang tak akan mampu dibeli dengan harta, jasa yang punya tujuan 'Merdeka atau Mati'. Saudaraku, mari kita bangkit bersama. Membangun negeri tercinta."
  4. " Indonesia bukan sekadar nama. Ada kenangan, cinta, luka di sana, ada tempat berpetualang dan pulang. Ada saya dan kau yang mencoba memperbaiki, dengan cara kita yang sederhana dan tak kenal lelah. Dirgahayu, Indonesiaku."
  5. " Kini kita dapat tertawa puas. Menggapai mimpi dengan bebas. Asal rajin dan tak malas. Melanjutkan kemerdekaan dengan tegas."
  6. " Darahmu tumpah di Tanah Pusaka. Jiwamu mengawal tegaknya Indonesia. Engkau pahlawanku. Engkau kusuma negaraku. Selamat Hari Kemerdekaan bangsa Indonesia."
  7. " Tidak ada hasil yang memuaskan tanpa kerja keras dan perjuangan yang gigih. Tidak ada kegigihan perjuangan dan kerja keras yang tidak menghasilkan apa-apa. Dirgahayu Indonesia, merdeka!"
  8. " Negeri kita kaya-raya, Saudara-saudara. Berjiwa besarlah, berimajinasilah! Gali! Bekerja! Gali! Bekerja! Kita adalah satu tanah air yang paling cantik di dunia. Dirgahayu Indonesiaku."
  9. " Semangat persatuan terus dikobarkan, 77 tahun Indonesia merdeka semoga jadi momentum kebangkitan kita semua! Dirgahayu Indonesiaku!"
  10. " Tetaplah menjadi satu. Jangan sampai ingin terpecah. Gapai angan dan citamu di masa depan yang cerah. Raih prestasi terbaikmu dan buat bangsa ini bangga. Selamat Hari Kemerdekaan."
5 dari 5 halaman

Kata Mutiara HUT RI ke-77 yang Sarat Makna

Kemerdekaan tak hanya sekadar memekikkan kata “ Merdeka” saja. Tapi di balik kata merdeka ada semangat, harapan, dan tujuan yang hendak dicapai untuk bangsa ini. Bangsa Indonesia bukanlah bangsa yang lemah. Dibuktikan dari usianya yang sudah mencapai 77 tahun, tentu menjadi perjalanan panjang yang penuh tantangan. Tapi kenyataannya bangsa ini mampu melewati semua tantangan itu.

Berikut adalah beberapa kata Mutiara HUT RI ke-77 yang sarat makna:

  1. " Indonesia bukan sekadar nama. Ada kenangan, cinta dan luka di sana. Ada tempat bertualang dan tempat pulang. Ada saya dan kau yang mencoba memperbaiki, dengan cara kita yang sederhana dan tak kenal lelah. Dirgahayu, Indonesiaku."
  2. " Perjuangan bangsa indonesia bukan hanya dari masa lalu. Hari ini, hari esok, dan selamanya. Perjuangan kita belum berakhir. Mari kita perjuangkan bersama Indonesia adil dan sejahtera. Dirgahayu Indonesiaku."
  3. " Indonesia merdeka bukan tujuan akhir kita. Indonesia merdeka hanya syarat untuk bisa mencapai kebahagiaan dan kemakmuran rakyat." - Mohammad Hatta
  4. " Apa pun untuk memperoleh kemenangan, betapa canggihnya perlengkapan persenjataan, hal itu bukanlah ukuran karena tekad kuat merupakan modal utama dalam mencapai sebuah tujuan yang memang mulia. Dirgahayu Indonesiaku."
  5. " Merah darahku merupakan ungkapan jika semangat yang terus berkobar tak akan padam sampai pada tetesan darah terakhir. Putih tulangku merupakan mental baja yang tak akan pernah pudar walaupun panasnya peluru menembus tubuh kita yang renta. Dirgahayu Indonesiaku."
  6. " Perjuangan bangsa indonesia bukan hanya dari masa lalu. Hari ini, hari esok, dan selamanya. Perjuangan kita belum berakhir. Dirgahayu Indonesia."
  7. " Perjuangan bangsa Indonesia bukan hanya dari masa lalu. Hari ini, hari esok, dan selamanya. Perjuangan kita belum berakhir. Mari kita perjuangkan bersama Indonesia adil dan sejahtera. Dirgahayu Indonesia."
  8. " Kemerdekaan nasional adalah bukan pencapaian akhir, tapi rakyat bebas berkarya adalah pencapaian puncaknya. Selamat HUT RI."
  9. " Jasa pahlawan, jasa penuh kenangan. Jasa yang tak akan mampu dibeli dengan harta, Jasa yang punya tujuan “ Merdeka atau Mati" , Saudaraku, mari kita bangkit bersama. Membangun negeri tercinta. Dirgahayu Indonesiaku.”
  10. " Apabila di dalam diri seseorang masih ada rasa malu dan takut untuk berbuat suatu kebaikan, maka jaminan bagi orang tersebut adalah tidak akan bertemunya ia dengan kemajuan selangkah pun."
Join Dream.co.id