Kata-kata 17 Agustus Hari Kemerdekaan 2022, Bangkitkan Semangat Ciptakan Perubahan

Stories | Rabu, 27 Juli 2022 14:00

Reporter : Arini Saadah

Lewat kata-kata 17 Agustus hari kemerdekaan 2022 ini, sebaiknya kita kembali menelisik tentang makna hari kemerdekaan Indonesia

Dream – Hari kemerdekaan 2022 akan menjadi momen perayaan yang berbeda di tahun ini. Setelah berkutat dengan pandemi, masyarakat bisa merayakan HUT kemerdekaan Indonesia relatif lebih leluasa. Banyak pengurus RT mulai bersiap menggelar sejumlah perlombaan untuk menyemarakkan hari lahirnya bangsa Indonesia ini. 

Namun demikian, momen hari kemerdekaan Indonesia yang jatuh pada 17 Agustus ini semestinya bukan hanya sebagai ajang bersenang-senang saja. Kita juga perlu melihat kembali ke masa lalu untuk memetik pelajaran berharga darinya.

Sejarah kemerdekaan Indonesia tentu bukan hal yang mudah untuk didapatkan. Perjuangan hingga titik darah penghabisan dilakukan oleh para pendiri dan pahlawan bangsa. Selain dari sejarah bangsa, kita juga bisa memetik pelajaran dari kata-kata 17 Agustus hari kemerdekaan 2022.

Kata-kata 17 Agustus ini bisa kamu jadikan semangat untuk diri sendiri maupun dibagikan ke orang lain melalui media sosial. Berikut kumpulan kata-kata 17 Agustus hari kemerdekaan 2022 yang dapat kamu jadikan pelajaran.

Kata-kata 17 Agustus Hari Kemerdekaan 2022, Bangkitkan Semangat Ciptakan Perubahan
Ilustrasi Perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia. (Foto: Unsplash.com)
2 dari 3 halaman

Kata-kata 17 Agustus Hari Kemerdekaan 2022

 Ilustrasi© Pexels.com

Semua warga Indonesia tahu bahwa Hari kemerdekaan Indonesia jatuh pada tanggal 17 Agustus. Saat momen itu tiba, akan digelar upacara pengibaran bendera pusaka di istana, dan diikuti oleh seluruh instansi dan masyarakat di berbagai daerah.

Upacara bendera pada 17 Agustus ini menjadi peringatan hari kemerdekaan Indonesia. Tujuannya adalah untuk mengenang perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan Indonesia dari tangan penjajah. Dengan kata-kata 17 Agustus hari kemerdekaan 2022 ini, kita bisa membangkitkan semangat 45 dalam menjalani kehidupan:

  1. “ Kalau ingin melakukan perubahan jangan tunduk terhadap kenyataan, asalkan kau yakin di jalan yang benar maka lanjutkan. Selamat HUT RI ke-77!”
  2. “ Puncak kemerdekaan adalah pengetahuan tentang batas. Selamat HUT RI ke-77!”
  3. “ Mempertahankan apa yang telah diberikan oleh para pahlawan sungguh tidaklah mudah. Merdeka bukan hanya status tanpa penjajahan. Merdeka adalah bagaimana kita berkomitmen untuk menciptakan perubahan. Selamat ulang tahun Indonesia, semoga generasi penerus bangsa bisa membawamu lebih merdeka dengan kontribusi mereka!”
  4. “ Kemerdekaan bukan tanda untuk berhenti berjuang, tapi tanda untuk berjuang dengan lebih keras lagi. Selamat HUT RI ke-77!”
  5. “ Perjuangan bangsa indonesia bukan hanya dari masa lalu. Hari ini, hari esok, dan selamanya. Perjuangan kita belum berakhir. Mari kita perjuangkan bersama indonesia adil dan sejahtera. Dirgahayu Indonesia.”
  6. “ 17 Agustus itu bukan hanya sekedar balap karung, main petasan atau konvoi di keliling kota, tapi 17 agustus itu persatuan bangsa.”
  7. “ Jasa pahlawan, jasa penuh kenangan. Jasa yang tak akan mampu dibeli dengan harta. Jasa yang punya tujuan “ Merdeka atau Mati”. Saudaraku, mari kita bangkit bersama. Membangun negeri tercinta. Selamat HUT ke-77 Kemerdekaan RI!”
  8. “ Kita belum hidup dalam sinar bulan purnama, kita masih hidup dimasa pancaroba. Jadi tetaplah bersemangat elang rajawali. Selamat HUT RI ke-77!”
  9. “ Merah darahku adalah ungkapan bahwa semangat yang berkorbar tidak akan padam hingga tetesan darah terakhir, dan putih tulangku adalah mental baja yang tidak akan pernah pudar walau panasnya peluru menembus tubuh. Selamat HUT RI ke-77!”
  10. “ Sekali merdeka, tetap merdeka! Jika kita merasa telah merdeka, maka seharusnya perasaan lemah dan tak berdaya tidak lagi bercokol dalam diri kita.”
3 dari 3 halaman

Kata-kata 17 Agustus Hari Kemerdekaan 2022

Tahun 2022 ini, Indonesia akan memperingati hari kemerdekaan yang ke-77. Selama 77 tahun Indonesia merdeka dari bangsa asing, tentu semua masyarakat perlu merenungkan apakah benar kita sudah merdeka?

Lewat kata-kata 17 Agustus hari kemerdekaan 2022 ini, sebaiknya kita kembali menelisik tentang makna hari kemerdekaan Indonesia.

  1. " Suara-suara tak bisa dipenjarakan, di sana bersemayam kemerdekaan. Apabila engkau memaksa diam, aku siapkan untukmu pemberontakan." - Wiji Thukul.
  2. " Sakit dalam perjuangan itu hanya sementara. Namun, jika menyerah, rasa sakit itu akan terasa selamanya. Merdeka!"
  3. “ Kemerdekaan bukan tanda untuk berhenti berjuang, tapi tanda untuk berjuang dengan lebih keras, Selamat hari kemerdekaan RI yang ke-77 untuk rakyat Indonesia.”
  4. “ Perbedaan itu ada bukan untuk dipermasalahkan, tapi untuk kita rayakan. Selamat Hari Kemerdekaan.”
  5. “ Kemerdekaan nasional adalah bukan pencapaian akhir, tapi rakyat bebas berkarya adalah pencapaian puncaknya,” - Sutan Syahrir
  6. " Nasib bangsa tidak akan berubah jika kita tak mengubahnya. Mari sama-sama berjuang. Memperbaiki diri agar bermanfaat untuk negeri. Sekali merdeka tetap merdeka!"
  7. “ Indonesia bukan sekadar nama. Ada kenangan, cinta dan luka di sana. Ada tempat bertualang dan tempat pulang. Ada saya dan kau yang mencoba memperbaiki, dengan cara kita yang sederhana dan tak kenal lelah. Dirgahayu, Indonesiaku.”
  8. “ Percaya dan yakinlah bahwa kemerdekaan satu negara yang didirikan di atas timbunan runtuhan ribuan jiwa, harta benda dari rakyat dan bangsanya tidak akan dapat dilenyapkan oleh manusia, siapa pun juga.” - Jenderal Soedirman
  9. " Kemerdekaan suatu negara dapat dijamin teguh berdiri apabila berpangkal pada kemerdekaan jiwa."
  10. “ Ingat, Indonesia bukan hanya Jakarta atau kota besar lainnya. Mereka akan tetap ada dari Sabang hingga Merauke menjadi satu, yaitu Indonesia Merdeka.”

Demikian itulah kata-kata 17 Agustus hari kemerdekaan 2022 yang dapat kamu jadikan motivasi untuk terus berjuang di jaman yang semakin keras ini. Siapa lagi yang akan mengisi kemerdekaan ini jika bukan kita? Nasib bangsa kita tak akan berubah Jika kita tak mengubahnya. Mari sama-sama berjuang memperbaiki diri agar bermanfaat untuk negeri. Selamat Hari Kemerdekaan!

Join Dream.co.id