Kata Adalah Bagian dari Kalimat, Ketahui Tujuan, Fungsi, dan Jenis-jenisnya

Stories | Senin, 25 Juli 2022 06:01

Reporter : Widya Resti Oktaviana

Setiap kata memiliki makna tersendiri, sehingga haruslah sesuai dalam penyusunannya.

Dream – Dalam berkomunikasi, kata menjadi hal yang tak bisa dilepaskan. Kata adalah bagian sederhana dari suatu kalimat agar nantinya kalimat tersebut mampu disampaikan kepada orang lain dan dipahami secara baik. Oleh karena itu, penting sekali bagi setiap orang untuk menguasai setiap kata demi bisa mengungkapkan apa yang ingin disampaikannya.

Kata tak hanya sahabat Dream gunakan saat sedang berbicara dengan orang lain saja. Tetapi juga digunakan ketika kamu menyampaikan sesuatu dalam bentuk tulisan. Di mana kata-kata yang disusun dan ditulis haruslah serapi mungkin dan mampu menjelaskan apa yang sebenarnya ingin dijelaskan dalam bentuk kalimat per kalimat.

Untuk mengetahui secara lebih jauh tentang kata, berikut sebagaimana telah dirangkum oleh Dream melalui bahasa.foresteract.com.

Kata Adalah Bagian dari Kalimat, Ketahui Tujuan, Fungsi, dan Jenis-jenisnya
Pengertian Kata, Tujuan, Fungsi, Dan Jenis-jenisnya (Foto Ilustrasi: Freepik.com)
2 dari 4 halaman

Pengertian Kata dan Tujuannya

 Pengertian Kata dan Tujuannya© Freepik.com

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata adalah unsur bahasa yang diucapkan atau dituliskan yang merupakan perwujudan kesatuan perasaan dan pikiran yang dapat digunakan dalam berbahasa.

Sedangkan menurut Noam Chomsky yang adalah profesor linguistik dari Amerika mengatakan bahwa kata adalah dasar analisis kalimat dan disajikan dengan simbol N (nomina), V (verb), A (ajektif), dan sebagainya.

Dan secara umum, kata adalah sebuah unsur bahasa yang susunannya terdiri dari kumpulan huruf atau unit yang memiliki sebuah arti sehingga dapat berfungsi untuk membentuk kalimat, frasa, dan klausa.

Tujuan dari kata sendiri adalah sebagai satuan gramatikal terkecil yang mempunyai makna serta arti. Sehingga bisa disusun menjadi suatu bentuk kalimat, klausa, dan frasa. Kata ini juga sangatlah penting dalam bahasa karena mampu menunjukkan dan menerangkan tentang suatu benda, waktu, sifat, dan sebagainya.

3 dari 4 halaman

Fungsi Kata

Kata adalah bagian-bagian yang membentuk suatu kalimat. Di mana kata sendiri memiliki beberapa fungsi di dalamnya sebagai berikut:

Kata Berfungsi sebagai Subjek

Subjek adalah bagian dari kalimat yang menandakan hal yang sedang dibicarakan. Ciri-ciri kata yang berfungsi sebagai subjek adalah sebagai berikut:

  • Jawaban dari siapa yang melakukan kegiatan atau aktivitas.
  • Bagian dari kalimat yang dijelaskan oleh predikat.
  • Bagian yang diikuti oleh salah satu kata kerja sambung.
  • Diikuti dengan partikel -nya.

Kata Berfungsi sebagai Predikat

Predikat adalah bagian dari kalimat yang menandakan tentang apa yang sedang dibicarakan oleh subjek dan biasanya diharuskan mengandung unsur verba. Kemudian bisa diikuti dengan objek. Fungsi kata ini akan memberikan keterangan tentang apa yang sedang dilakukan oleh subjek.

Kata Berfungsi sebagai Objek

Objek adalah bagian dari kalimat yang mempunyai peran sebagai penderita atau yang mengalami suatu hal tertentu. Keberadaan objek ini adalah sebagai pemberi keterangan dari predikat.

Kata Berfungsi sebagai Keterangan

Keterangan adalah bagian dari kalimat yang fungsinya memberikan keterangan pada unsur yang lain. Meski begitu, keberadaan dari keterangan ini tidak selalu dianggap penting, tetapi mampu memberikan penjelasan secara lebih lengkap.

Kata Berfungsi sebagai Pelengkap

Fungsi kata ini bisa dikatakan cukup sulit untuk mengetahui di mana keberadaannya. Karena ia bisa saja berfungsi sebagai keterangan dan bisa juga berfungsi sebagai objek.

4 dari 4 halaman

Jenis-jenis Kata

 Jenis-jenis Kata© Freepik.com

Kata adalah bagian dari kalimat yang nantinya mampu menjelaskan sesuatu. Kata sendiri terbagi menjadi beberapa jenis sebagai berikut:

Kata Benda atau Nomina

Kata benda atau nomina adalah nama-nama dari semua benda dan segala sesuatu yang dibendakan. Ciri-ciri dari kata benda atau nomina adalah berikut:

  • Tidak bisa didahului dengan keterangan yang bernegasi tidak. Contoh: kursi, meja, lemari.
  • Tidak bisa didahului keterangan derajat agak lebih, sangat, dan paling. Contoh: agak kursi, lebih meja, dan paling lemari.
  • Tidak bisa didahului dengan keterangan wajib. Contoh: wajib kursi, wajib meja.
  • Bisa didahului oleh keterangan jumlah. Contoh: empat kursi, satu meja.

Kata Bilangan atau Numeralia

Kata bilangan atau numeralia adalah unsur yang bertugas untuk menjelaskan tentang jumlah objek atau benda atau urutan benda. Contoh, pertama, kedua, beberapa.

Kata Ganti atau Pronomina

Kata ganti atau pronominal adalah unsur yang fungsinya untuk menggantikan objek atau nomina atau yang dibendakan. Contoh: ini, itu, ia, seluruh, masing-masing.

Kata ganti atau pronominal terbagi menjadi empat sebagai berikut:

  • Kata ganti diri yang biasanya menggantikan nomina nama orang atau yang diorangkan. Dibedakan lagi menjadi orang pertama tunggal, orang pertama jamak, orang kedua tungga, dan sebagainya.
  • Kata ganti petunjuk atau pronomina demokratif yang berupa “ ini” dan “ itu” yang fungsinya adalah menggantikan nomina dan juga sebagai penunjuk.
  • Kata ganti tanya atau pronomina introgatifa yang digunakan untuk menanyakan suatu nomina. Unsurnya yang biasa dikenal dengan sebutan 5W + 1 H.
  • Kata ganti tidak tentu adalah kata yang digunakan sebagai pengganti nomina tidak tentu. Contoh, seseorang, setiap orang, sewaktu-waktu.

Kata Kerja atau Verba

Kata kerja atau verba adalah seluruh hal yang bisa menyatakan tentang aktivitas atau perilaku. Contoh: makan, minum, jalan, dan sebagainya. Bahkan kata kerja juga bisa dibuat menjadi lebih jelas lagi dengan menjadi kelompok kata “ dengan + adjektiva”. Contoh: menulis dengan rapi.

Kata Sifat atau Adjektiva

Kata sifat atau adjektiva adalah usur yang menggambarkan tentang sifat seseorang atau kondisi suatu benda. Contoh: besar, kecil, buruk, dan sebagainya.

Kata Keterangan atau Adverbia

Kata keterangan atau adverbial adalah hal yang memberikan keterangan tambahan mengenai verba, numeralia, adjektiva, atau seluruh kalimat. Fungsinya adalah menjelaskan secara lebih lanjut mengenai jenis-jenis morfem yang berdampingan dengannya.

Kata Tugas

Jenis kata yang terakhir adalah kata tugas yang meliputi berbagai macam unsur yang tidak termasuk dari jenis-jenis kata sebelumnya. Dari bentuknya sulit untuk dilakukan perubahan bentuk dan tidak bisa mengalami perubahan tersebut.

Join Dream.co.id