Kartu ATM Jatuh ke Gorong-Gorong Pas Mau Bayar Bakso, Damkar Dikerahkan

News | Minggu, 10 Oktober 2021 16:40

Reporter : Syahid Latif

Gorong-gorong di Jakarta menjadi bukti pengabdian para petugas Damkar di ibu kota. Tak hanya kebakaran, petugas selalu memberikan bantuan apapun tanpa memungut biaya.

Dream - Tindakan heroik yang dilakukan petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Jakarta Timur kembali menjadi sorotan. Tak hanya menangani kebakaran, dalam dua kejadian di lokasi berbeda, petugas membantu warga yang mengalami kesusahan.

Kedua kejadian tersebut memaksa petugas Damkar turu langsung ke gorong-gorong yang terdapat di pinggir jalan. Pertolongan diberikan setelah warga melaporkan kejadian tersebut kepada Damkar terdekat.

Mengutip akun instagram @humasjakfire, pertolongan pertama diberikan petugas Damkar kepada warga ibu kota pada Jumar 8 Oktober 2021.

Berikut beberapa bantuan yang dminta oleh warga kepada petugas Damkar DKI Jakarta.

 

Kartu ATM Jatuh ke Gorong-Gorong Pas Mau Bayar Bakso, Damkar Dikerahkan
(Foto: Instagram @humasjakfire)
2 dari 4 halaman

Cari Kartu ATM Buat Bayar Bakso

Saat itu sebanyak enam personel Rescue dari Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Timur untuk membantu warga yang meminta bantuan mencari kartu ATM yang jatuh di gorong-gorong.

Yudiansyah, sang pemilik mengungkapkan kartu ATM miliknya terjatuh saat akan membayar bakso di depan Bank DKI Matraman, Kel. Kebon Manggis, Jakarta Timur.

"Setelah sekitar 10 menit ATM berhasil dievakuasi dan langsung diberikan kepada pemiliknya," ungkap pengelola akun tersebut.

      View this post on Instagram      

A post shared by Pemadam DKI Jakarta (@humasjakfire)

 

3 dari 4 halaman

Cari Handphone Terjatuh

Berselang sehari, kejadian yang nyaris serupa juga terjadi di daerah administrasi yang sama. Petugas menerima laporan warga yang meminta bantuan mencari telepon seluler (Ponsel) yang terjadi ke dalam gorong-gorong.

Kali ini lokasi kejadian berada di Jl. Matraman Raya, Kel. Pak meriem, Kec. Matraman, Jakarta Timur. Laporan diterima pada Sabtu (9/10) malam sekitar pukul 21.10.

"Menurut pelapor Aris, handphone miliknya terjatuh ke gorong-gorong saat dirinya akan keluar dari mobil," tulis akun itu.

Tim akhirnya mengirimkan satu unit mobil rescue dengan lima personil dikerahkan untuk proses evakuasi. Menggunakan alat untuk mengangkat beton penutup gorong-gorong, tim menerjunkan seorang petugas untuk masuk ke dalam gorong-gorong yang berair cukup pekat tersebut guna mencari ponsel yang hilang tersebut.

Sambil sedikit bercanda menyerahkan batu yang diambil dari gorong-gorong, si petugas akhirnya menemukan Ponsel dan diberikan kepada pemiliknya.

      View this post on Instagram      

A post shared by Pemadam DKI Jakarta (@humasjakfire)

4 dari 4 halaman

Cincin Emas dan Kunci Motor

Jauh sebelum dua kejadian tersebut, berbagai pertolongan telah diberikan tim Damkar untuk masyarakat yang membutuhkan. Beberapa di antara warga bahkan meminta bantuan menemukan barang-barang kecil namun berharga bagi pemiliknya.

Petugas Damkar di DKI Jakarta diketahui pernah mendapat permintaan bantuan untuk menemukan cincin emas, kunci sepeda motor, sampai uang kertas yang semuanya terjatuh ke gorong-gorong.

      View this post on Instagram      

A post shared by Pemadam DKI Jakarta (@humasjakfire)

Sepanjang pengabdiannya, petugas Damkar juga tak pernah memungut biaya untuk bantuan yang pernah mereka berikan.

Terima kasih pa petugas

Join Dream.co.id