Pamer Kekuatan Indonesia di Sidang Tahunan 2022, Jokowi: 'Kita Berada di Puncak Kepemimpinan Global`

Stories | Selasa, 16 Agustus 2022 12:12

Reporter : Nabila Hanum

"Dengan kekuatan dan peluang besar tersebut, kita mempunyai kesempatan besar untuk membangun Indonesia yang inklusif, berkeadilan, dan berkelanjutan," kata Jokowi.

Dream - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan sejumlah pencapaian yang sudah diraih pemerintah selama setahun terakhir. Kinerja tersebut disapmaikan presiden saat menyampaikan pidato kenegaraan di sidang tahunan MPR RI menyambut HUT Kemerdekaan Indonesia ke-77 di Gedung MPR/DPR, Jakarta, Selasa 16 Agustus 2022.

Dalam pidato kenegaraannya, Jokowi menyampaikan keyakinan jika Indonesia memiliki kekuatan, peluang, hingga kesempatan besar untuk membangun Indonesia yang inklusif, berkeadilan, dan berkelanjutan.

" Dengan kekuatan dan peluang besar tersebut, kita mempunyai kesempatan besar untuk membangun Indonesia yang inklusif, berkeadilan, dan berkelanjutan," kata Jokowi.

Pamer Kekuatan Indonesia di Sidang Tahunan 2022, Jokowi: Kita Berada di Puncak Kepemimpinan Global`
Jokowi Sampaikan Pidato Kenegaraan Dalam Sidang Tahunan MPR 2022 (Youtube Sekretariat Presiden)
2 dari 6 halaman

Kekuatan itu termasuk kemampuan Indonesia dalam mengelola pandemi Covid-19 dengan baik, dan Jokowi yakin Indonesia juga mampu mengelola agenda-agenda besar lainnya dengan baik.

" Kekuatan kedua Indonesia adalah sumber daya alam yang melimpah. Wilayah yang luas dengan keanekaragaman hayati terkaya di dunia pasti menjadi kekuatan besar Indonesia, jika kita kelola secara bijak dan berkelanjutan," ujarnya.

Kekuatan ketiga kita adalah bonus demografi. Jumlah penduduk yang sangat besar, dan didominasi oleh anak-anak muda usia produktif.

3 dari 6 halaman

Serta daya beli masyarakat yang terus meningkat, akan menjadi motor penggerak perekonomian nasional dalam menghadapi kompetisi global.

Kekuatan keempat, kata Jokowi, adalah kepercayaan internasional yang meningkat tajam. Indonesia diterima oleh Rusia dan Ukraina sebagai jembatan perdamaian. Diterima negara-negara besar, walau geopolitik sedang panas.

" Indonesia juga dipercaya PBB sebagai Champions dari Global Crisis Response Group untuk penanganan krisis global. Tahun 2022 ini, kita menjadi Presiden G20, organisasi 20 negara ekonomi terbesar di dunia. Tahun depan, menjadi Ketua ASEAN. Artinya, kita berada di puncak kepemimpinan global dan memperoleh kesempatan besar untuk membangun kerjasama internasional," ujar Jokowi.

4 dari 6 halaman

Megahnya Detail Baju Adat Bangka Belitung yang Dikenakan Presiden Jokowi

Dream - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo kerap menggunakan pakaian daerah menyambut hari kemerdekaan republik Indonesia. Tak hanya sendiri, sang ibu Negara Iriana pun kerap mendampingi Jokowi memakai baju adat daerah.

Hari ini, Selasa 16 Agustus 2022, Jokowi tampak menghadiri Sidang Tahunan MPR-RI di gedung DPR untuk menyampaikan pidato kenegaraan.

Kali ini, Presiden Jokowi menggunakan baju adat dari Bangka Belitung. Pakaian adat khas Bangka Belitung ini memadukan dua budaya yakni Arab dan Tionghoa yang terinspirasi dari saudagar kaya arab yang menikahi perempuan Tionghoa pada masa itu.

Tampak iamemakai jubah berwarna hijau yang panjang hingga ke lutut. Jubah ini dihiasi dengan motif pucuk rebung berwarna emas.

 Baju adat Bangka Belitung Jokowi© Youtube Sekretariat Presiden

Tampak Jokowi memadukan jubah ini dengan kain cual merah khas Bangka Belitung dengan motif emas yang begitu elegan. Tak lupa ikat pinggang besar juga bernuansa emas tersemat pada pinggangnya.

5 dari 6 halaman

Selempang dari kain hijau yang berfilososfi kesejukan ini juga dihiasi motof pucuk rebung. Menyempurnakan penampilannya, Jokowi menggunakan  topi mahkota emas khas masyarakat Bangka Belitung.

 Jokowi© Instagram Jokowi

 

Topi ini berbentuk bulat dengan sentuhan hiasan emas berbentuk segitiga yang berpadu dengan 6 buah batu permata putih.

" Baju adat yang saya kenakan ini adalah baju Paksian dari provinsi Bangka Belitung dengan motif Pucuk Rebung yang melambangkan kerukunan dan warna hijau dipilih karena mengandung filosofi kesejukan harapan dan pertumbuhan," kata Jokowi dalam video yang diunggah di akun Instagram resminya.

6 dari 6 halaman

      View this post on Instagram      

A post shared by Joko Widodo (@jokowi)

 

Join Dream.co.id