Jenazah Eril Masih Utuh, Istri Ridwan Kamil Menangis Haru ‘MasyaAllah’

News | Jumat, 10 Juni 2022 13:47

Reporter : Okti Nur Alifia

Ini momen Atalia Praratya video call dengan Ridwan Kamil setelah prosesi memandikan jenazah.

Dream - Sosok Emmeril Kahn Mumtadz kembali diperbincangkan banyak publik usai jenazahnya ditemukan di Bendungan Engehalde, Kota Bern, Swiss, pada Rabu, 8 Juni 2022.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang bertolak ke Swiss pada Kamis, 9 Juni 2022, telah memandikan jenazah sang putra yang dikatakan masih utuh dan wanginya seperti daun eucalyptus.

" Walau sudah lewat 14 hari, jasadnya masih utuh lengkap tidak kurang satu apapun, wajah rapih menengok ke kanan dan saya bersaksi, jasad Eril wangi seperti wangi daun eucalyptus," ungkap Ridwan Kamil dalam Instagramnya. 

Atalia Praratya, istri Ridwan Kamil, yang memilih menunggu kedatangan jenazah Eril di Bandung, begitu terharu mendengar kabar jenazah sang putra masih dalam kondisi baik. Air matanya menetes ketika melakukan video call bersama Kang Emil (sapaan Ridwan Kamil).

Jenazah Eril Masih Utuh, Istri Ridwan Kamil Menangis Haru ‘MasyaAllah’
Atalia Praratya (Foto: Instagram @ataliapr)
2 dari 8 halaman

Dibagikan dalam story instagram, ini momen Atalia yang melakukan video call dengan Ridwan Kamil, seusai sang gubernur memandikan jenazah Eril di Bern, Swiss.

 atalia praratya© (Foto: Instagram/ataliapr)

" Video call bersama Kang Emil setelah prosesi memandikan jenazah," kata Atalia dalam keterangan video.

Deraian air mata jatuh dari pipi Atalia dalam video call yang dilakukan bersama sang suami. Sekalian kali ia menutup sebagian wajahnya karena terkejut mendengar kondisi jenazah Eril yang disampaikan Kang Emil.

 atalia praratya© (Foto: Instagram/ataliapr)

Terdengar ucapan MasyaAllah dalam tangisannya. Atalia nampak didampingi sang ibu dan ibu mertua.

3 dari 8 halaman

Rasa syukur yang begitu mendalam juga diungkapkan Kang Emil, anak pertamanya itu akhirnya bisa ia lihat, peluk, dan belai dengan tangannya langsung.

Rindu yang mendalam itu akhirnya terpecahkan dalam pertemuan bersama jasad sang anak. 

" ALHAMDULILLAH YA ALLAH,..Akhirnya Engkau memberikan kesempatan saya untuk kembali memeluk, membelai dan memandikan anak saya sesuai syariat Islam, juga mengadzankan dengan sempurna di telinganya persis seperti saat Eril lahir," kata Ridwan Kamil dalam unggahan Instagram.

Jenazah ananda Eril rencananya akan tiba di Indonesia pada Minggu, 12 Mei 2022 dan dimakamkan di hari Senin, 13 Juni 2022.

" Eril Insya Allah akan kembali ke Tanah Air di hari Minggu dan dimakamkan di hari Senin," tulis Ridwan Kamil.

 

 

4 dari 8 halaman

Eril Ditemukan di Bendungan Engehalde Berawal dari Dugaan Kuat WNI Ini, Inisiatif Telpon KBRI

Dream - Anak Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril ditemukan di bendungan Engehalde, Bern, Swiss pada Rabu, 8 Juni 2022 pagi waktu setempat. Rencananya jenazah Eril akan tiba di Indonesia pada Minggu, 12 Juni 2022 dan dimakamkan besoknya, Senin 13 Juni 2022.

Penemuan jasad Eril rupanya berawal dari dugaan kuat seorang Warga Negara Indonesia (WNI) bernama Baruno Wiro Nugroho.

Dalam video yang diunggah di channel Youtube-nya Bayu Wiro, ia mengabadikan momen membantu pencarian Eril langsung dari bendungan Engehalde. Dikatakan, video tersebut diambil pada 28 Mei 2022 atau dua hari setelah Eril dinyatakan hilang.

5 dari 8 halaman

Video itu pun kemudian diupload pada 9 Juni 2022, tepat satu jam sebelum berita Eril ditemukan beredar di publik.

Diketahui, Bayu kerap menjadi relawan membantu pencarian putra sulung Ridwan Kamil itu sejak hari pertama hilang. Selama proses pencarian Eril, ia juga kerap mengabadikan dengan live atau siaran langsung melalui Facebook.

Dalam video tersebut, ia dan rekan-rekannya berada di bendungan Engehalde yang masih berada di wilayah Bern. Bayu menceritakan proses awal penemuan Eril di bendungan tersebut.

" Di Pintu Air Engehalde terdapat mesin pembersih sampah otomatis. Mesin ini berfungsi untuk membersihkan benda-benda (misal: plastik, sampah, kayu, dll) yang berasal dari aliran sungai Aare yang menyangkut di pintu air ini. Di video terlihat bagaimana cara kerja mesin otomatis membersihkan benda-benda yang ada di pintu air," tulis Bayu dalam keterangan videonya.

6 dari 8 halaman

Bayu mengatakan memiliki dugaan kuat bawah proses pencarian Eril harus dilakukan lokasi bendungan. Di bendungan itu, katanya, memiliki mesin otomatis pengangkut sampah dari aliran Sungai Aare.

" Nah ini, di sini yang ingin saya tunjukin. Di sini ada mesin otomatis. Yang nyangkut, semua yang nyangkut akan naik ke atas, seperti yang di lihat di sini (menujuk mesin otomatis tersebut) baru nanti dibuang ke sana," terang Bayu sembari menujuk sebuah tempat pembuangan sampah yang tersaring.

Hanya saja, kata dia, untuk memastikan dan melakukan pencarian ke dalam memerlukan izin aparat setempat.

" Cuma masalahnya sekarang kalu kita mau ngecek daerah (tempat) pembuangan yang di sana (menunjuk sebuah cekungan limbah) itu dilarang, jadi harus minta izin dari pihak yang berwenang," sambungnya.

7 dari 8 halaman

Bayu tampak sudah curiga dengan lokasi bendungan ini. Sembari menunggu kedatangan pihak KBRI Bern. Sesekali ia melihat limbahan kayu dapat terangkat oleh mesin tersebut.

" Makanya kami menunggu dari pihak KBRI juga supaya ke sini. Nah itu kelihatan apapun, termasuk kayu besar pun bisa dibersihkan oleh mesin ini. Jadi bisa lihat sendiri bagaimana mesin ini bekerja, membersihkan sampah yang nyangkut di sini," terang Bayu.

Namun, ia mengaku belum tahu apakah pihak Swiss maupun KBRI telah melakukan pencarian hingga ke bendungan atau belum.

" Saya belum tahu apakah dari pihak Swiss sudah melakukan pengecekan dari kemarin-kemarin yang di daerah sini.

" Jadi itu yang membuat kami curiga. Untuk sementara titik pencarian berhenti di sini, sambil menunggu pihak berwenang untuk memperbolehkan melihat atau mereka yang melihat sendiri ya. Apa sebenarnya yang di sana. Kalau ada yang nyangkut harusnya keliatan di sini," ujarnya.

8 dari 8 halaman

Setelah menunjukan situasi di bendungan, Bayu menyebut akan segera menghubungi pihak KBRI agar melakukan pencarian di tempat tersebut.

" Saya coba akan telpon pihak kbri dan temen-temen supaya mereka datang ke sini, supaya mereka mengecek juga," ungkapnya.

Seperti diketahui, Eril dilaporkan hilang usai berenang di Sungai Aare, Swiss pada Kamis, 26 Mei 2022. Ia kemudian berhasil ditemukan pada Rabu, 8 Juni 2022 pagi waktu Swiss dalam kondisi meninggal dunia.

Informasi penemuan jasad Eril secara resmi disampaikan oleh kepolisian Bern. Jasad dari pria itu saat ditemukan dalam kondisi tersangkut di cekungan, tempat penampungan limbah.

Polisi maritim langsung berangkat menuju ke tempat kejadian perkara (TKP) guna memeriksa apakah benar ada jasad seorang pria ditemukan atau tidak.

Ternyata benar saja, jasad yang ditemukan itu adalah sosok putra sulung dari Ridwan Kamil, yakni Eril.

Sumber: Youtube Bayu Wiro

Join Dream.co.id