Ikuti 17 Tata Cara Berdoa yang Benar Ini Jika Doa Tak Kunjung Dikabulkan

Stories | Kamis, 11 Agustus 2022 11:35

Reporter : Arini Saadah

Selain kebutuhan jasmani, manusia juga memiliki kebutuhan spiritual untuk selalu berdoa kepada Tuhan Allah Swt.

Dream – Berdoa merupakan kebutuhan rohani hamba kepada Tuhan Allah SWT. Tata cara berdoa perlu untuk dipahami supaya doa yang kita panjatkan dikabulkan oleh Allah SWT. Tentu saja ada adab yang mengatur yakni etika doa dan tata cara berdoa yang benar sesuai Islam.

Berdoa juga merupakan sarana untuk berkomunikasi antara hamba dengan Tuhannya. Tak heran jika sebagian ulama memaknai doa sebagai bentuk ekspresi kebutuhan spiritual manusia kepada Allah SWT.

Seremeh apapun keinginan manusia, ulama menganjurkan untuk selalu berdoa. Sebab orang yang tidak mau berdoa makai a dianggap sebagai hamba yang sombong. Karena merasa bisa memenuhi kebutuhan sendiri seakan tak membutuhkan pertolongan Allah SWT.

Jika mengikuti tata cara berdoa yang benar sesuai Islam, dipercaya akan membantu doamu segera dikabulkan. Meskipun demikian harus diiringi dengan huznudzon terhadap Allah dan jangan lupa selalu ikhtiar.

Jika Sahabat Dream merasa doanya tak kunjung dikabulkan, alangkah baiknya mengikuti 17 tata cara berdoa yang benar berikut ini, seperti dilansir dari berbagai sumber.

Ikuti 17 Tata Cara Berdoa yang Benar Ini Jika Doa Tak Kunjung Dikabulkan
Ilustrasi Seseorang Sedang Berdoa (Foto: Pixabay.com)
2 dari 5 halaman

Deretan Waktu yang Maqbul untuk Berdoa

 Ilustrasi© Pixabay

Sebagai umat Muslim kita tentu juga perlu mengetahui waktu yang maqbul untuk berdoa. Dikutip dari NU Online, Syekh M Ibrahim Al Baijuri dalam karyanya Tuhfatul Murid ‘ala Jauharatit Tauhid, waktu yang tepat untu berdoa kepada Allah Swt adalah sebagai berikut:

  1. Ketika sujud.
  2. Waktu antara adzan dan iqamah.
  3. Setelah sholat fardhu.
  4. Waktu sepertiga malam.
  5. Bulan Ramadhan.
  6. Saat tiba hari mulia seperti hari Arafah dan hari Jumat.
  7. Di antara dua wktu sholat (Dhuhur dan Ashar, Ashar dan Magrib).
  8. Setelah khatam al Quran.

Waktu-waktu di atas sesuai dengan catatan Syekh M Ibrahim Al Baijuri berikut,

“ Salah satu adabnya adalah menggunakan waktu-waktu yang utama, yauti berdoa saat sujud, berdoa saat jeda antara adzan dan iqamah. Salah satu adabnya lagi adalah bersuci terlebih dahulu, sholat, menghadap kiblat, mengangkat kedua tangan kea rah langit, bertobat terlebih dahulu, pengakuan dosa terlebih dahulu, ikhlas dalam berdoa, membuka doa dengan tahmid dan sholawat nabi, mengakhiri doa dengan sholawat nabi, dan juga membaca sholawat nabi di tengah doa.”

3 dari 5 halaman

Tata Cara Berdoa yang Benar

 Ilustrasi© freepik.com

Sebagai ciptaan, manusia wajib hukumnya menjadikan Allah Swt sebagai sandaran hidup dengan penuh rendah hati. Mengikuti adab berdoa, berikut tata cara berdoa yang benar supaya doa kita lekas dikabulkan Tuhan Allah Swt menurut Imam Nawawi dan Syekh M Ibrahim Al Baijuri:

  1. Mengonsumsi yang halal.
  2. Meyakini doanya ijabah.
  3. Menjaga hati, agar tidak lalai saat berdoa.
  4. Tidak meminta sesuatu yang mengandung dosa.
  5. Tidak meminta hal yang bisa memutuskan silaturahmi.
  6. Tidak meminta yang dapat menyia-nyiakan hak umat Islam.
  7. Tidak meminta hal yang mustahil secara umum.
  8. Memanfaatkan waktu yang afdhal dalam berdoa, seperti waktu sujud dan waktu jeda antara azan dan iqamah.
  9. Wudhu dan salat terlebih dahulu sebelum berdoa.
  10. Menghadap kiblat, mengangkat tangan saat berdoa dan mengusap wajah sesudahnya.
  11. Tobat dan mengakui dosa terlebih dahulu sebelum berdoa.
  12. Ikhlas dalam berdoa.
  13. Membuka doa dengan tahmid dan shalawat nabi.
  14. Mengakhiri doa dengan shalawat nabi.
  15. Membaca shalawat nabi di tengah doa.
  16. Prinsipnya tidak berlebihan dalam penggunaan kata saat berdoa.
  17. Berdoa dengan penuh ketundukkan dan kekhusyukan.
4 dari 5 halaman

Cara Allah Swt Mengabulkan Doa Hamba-Nya

 Ilustrasi© Pixabay

Masih dilansir dari NU Online, Imam Al Baijuri dalam kitab Tuhfatul Murid ‘Ala Jauharatit Tauhid menyebutkan tiga macam cara Allah Swt mengabulkan permohonan hamba-Nya.

“ Dan Tuhanmu berfirman, ‘berdoalan kalian kepada-Ku, niscaya akan Kukabulkan bagi kalian.” (Q.S. Ghafir: 60).

  1. Ada kemungkinan doa yang dikabulkan oleh Allah Swt adalah yang sesuai dengan permintaan pada waktu segera. Artinya Allah Swt memenuhi permintaan pada waktu yang tepat.
  2. Ada kalanya doa itu dikabulkan Allah Swt sesuai dengan permintaan yang diajukan, namun tidak dikabulkan segera mungkin. Allah menunda mengabulkan doa hamba-Nya lantaran kemaslahatan dan hikmah tertentu yang hanya diketahui oleh Allah Swt.
  3. Bisa jadi sebuah doa baik dikabulkan oleh Allah dalam bentuk yang lain. Artinya tidak sesuai dengan permintaan hamba-Nya, karena taka da maslahat dan manfaat baginya jika doa itu dikabulkan. Sehingga Allah mengabulkan dalam bentuk lain yang memberikan manfaat.
5 dari 5 halaman

Hal yang Menyebabkan Doa Tidak Terkabul

Mungkin selama sahabat Dream memanjatkan doa, ada beberapa doa kamu yang belum dikabulkan oleh Allah SWT. Tapi, apakah sahabat Dream pernah bertanya-tanya kenapa doa tersebut tak kunjung dikabulkan? Ya, ada beberapa hal yang menyebabkan doa tidak terkabul. Berikut adalah beberapa penyebabnya yang perlu sahabat Dream ketahui:

Banyaknya Dosa

Setiap manusia tidaklah luput dari dosa. Namun perlu sahabat Dream ketahui bahwa Allah SWT adalah Maha Pengampun. Selama kita bersungguh-sungguh untuk memohon ampun kepada Allah SWT, maka Allah SWT pun akan mengampuni dosa-dosa kita. Karena dosa kecil maupun dosa besar yang melekat akan menjadi penghalang terkabulnya doa yang kita panjatkan.

Berdoa untuk Sesuatu yang Tidak Baik

Tidak terkabulnya doa bisa saja dikarenakan saat berdoa adalah untuk meminta hal yang tidak baik. Di mana doa tersebut mampu mendatangkan dosa atau memutus tali silaturahmi. Hal ini dijelaskan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Muslim berikut:

“ Doa seseorang senantiasa akan dikabulkan selama ia tidak berdoa untuk perbuatan dosa ataupun untuk memutuskan tali silaturahim dan tidak tergesa-gesa.” Seorang sahabat bertanya; ‘Ya Rasulullah, apakah yang dimaksud dengan tergesa-gesa? ‘Rasulullah Saw menjawab: ‘Yang dimaksud dengan tergesa-gesa adalah apabila orang yang berdoa itu mengatakan; ‘Aku telah berdoa dan terus berdoa tetapi belum juga dikabulkan’. Setelah itu, ia merasa putus asa dan tidak pernah berdoa lagi.’ (H.R.Muslim).

Hati yang Kosong dan Tidak Bersungguh-sungguh

Ketika berdoa, maka haruslah fokus dan bersungguh-sungguh. Hati kita harus sepenuhnya tertuju kepada Allah SWT semata. Jika kita berdoa dengan hati yang kosong, ibaratkan dengan berbohong, karena hanya lisan yang berucap, namun tidak diiringi dengan hati yang tulus. Hal ini seperti dijelaskan dalam hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari berikut:

“ Janganlah salah seorang dari kalian mengatakan; ‘Ya Allah, ampunilah aku jika Engkau kehendaki, dan rahmatilah aku jika Engkau berkehendak.’ Akan tetapi hendaknya ia bersungguh-sungguh dalam meminta, karena Allah sama sekali tidak ada yang memaksa.” (H.R. Bukhari).

Digantikan dengan yang Lebih Baik

Doa yang tidak dikabulkan Allah SWT bisa saja digantikan dengan hal yang lebih baik. Karena segala sesuatu yang kita anggap baik, belum tentu dalam pandangan Allah SWT juga baik. Namun, apa yang menurut Allah SWT baik, hal itu sudah pasti baik untuk manusia. Jadi, tetaplah berhusnudzon kepada Allah SWT ya, sahabat Dream.

Ditunda oleh Allah SWT

Ketika doa yang selama ini sahabat Dream panjatkan tak lekas dikabulkan Allah SWT, maka kamu jangan berburuk sangka dulu kepada Allah SWT. Karena bisa saja doa tersebut ditunda oleh Allah SWT. Karena setiap doa yang sahabat Dream panjatkan ada yang dikabulkan dengan cepat dan ada juga yang harus menunggu beberapa waktu terlebih dahulu. Jadi, jangan putus asa dan tetaplah berdoa terus kepada-Nya.

Join Dream.co.id