Hukum Pacaran dalam Islam dan Anjuran Rasulullah Untuk Menghindari Zina

Your Story | Selasa, 21 Desember 2021 08:01

Reporter : Widya Resti Oktaviana

Setiap umat Islam harus menghindari perbuatan yang mengarah kepada zina.

Dream – Menjalin hubungan antara laki-laki dan perempuan yang dilandasi dengan rasa saling mencintai selama ini dikenal masyarakat dengan istilah pacaran. Dengan globalisasi yang semakin terbuka, kalangan anak muda bahkan merasa terkucilkan jika belum pernah merasakan masa-masa berpacaran. 

Masalah pacaran sering jadi perdebatan di antara masyarakat. Apalagi jika sampai membahas hukum berpacaran dalam Islam. Ajaran Islam sendiri tak pernah mengenal istilah pacaran. Dalam ajaran Islam yang disampaikan melalui Nabi Muhammad saw menganjurkan agar umatnya menjalani ta’aruf yang sangat berbeda dengan gaya pacaran yang selama ini dianut generasi muda.

Melalui ta’aruf, laki-laki dan perempuan tidaklah bertemu dan berduaan di setiap waktu. Tetapi mereka akan saling mengenal sosok dan karakter dari lawan jenisnya tersebut melalui perantara. Tujuan dari ta’aruf sendiri bukan bersifat jangka pendek. Mereka yang menjalani berusaha untuk mencapai hubungan yang lebih serius, yakni pernikahan.

Sedangkan mereka yang menjalani pacaran cenderung bermakna negatif. Orang tua senantiasa khawatir anak yang menjalin asmara lewat pacaran akan terjerumus kepada perbuatan yang negatif dan dibenci oleh Allah SWT, yakni perbuatan zina.

Nah, untuk mengetahui lebih jelas terkait hukum berpacaran dalam Islam, berikut sebagaimana telah dirangkum oleh Dream melalui berbagai sumber.

Hukum Pacaran dalam Islam dan Anjuran Rasulullah Untuk Menghindari Zina
Hukum Berpacaran Dalam Islam (Foto Ilustrasi: Unsplash.com)
2 dari 4 halaman

Islam Melarang Keras Perbuatan Zina

 Islam Melarang Keras Perbuatan Zina© Unsplash.com

Setiap ajaran Islam tentu memiliki tujuan yang baik untuk umatnya. Bahkan larangan yang ada dalam Islam pun juga bertujuan baik agar umat Islam tidak terjerumus ke dalam lubang dosa. Salah satu larangan dalam Islam adalah berbuat zina.

Sebagaimana dikutip melalui Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), zina adalah perbuatan bersenggama antara laki-laki dan perempuan yang tidak terikat oleh hubungan pernikahan (perkawinan).

Oleh karena itu, umat Islam haruslah menghindari perbuatan tersebut dan juga sebaiknya menghindari hal-hal yang berisiko ke arah perbuatan zina. Larangan Allah SWT pun juga dijelaskan dalam Al-Quran surat Al-Isra ayat 32 yang bunyinya sebagai berikut:

وَلَاتَقْرَبُواالزِّنٰىٓاِنَّهٗكَانَفَاحِشَةًۗوَسَاۤءَسَبِيْلًا

 Artinya: Dan janganlah kamu mendekati zina; (zina) itu sungguh suatu perbuatan keji, dan suatu jalan yang buruk.” (QS. Al-Isra: 32).

Dalam ayat tersebut, Allah SWT menjelaskan bahwa zina adalah suatu perbuatan yang keji. Dan sudah pasti ada hukuman yang akan diberikan Allah SWT di dunia dan juga di akhirat bagi orang yang melakukannya.

3 dari 4 halaman

Islam Melarang Berduaa dengan Lawan Jenis

Seperti dikutip melalui Rumaysho.com, dijelaskan bahwa Islam melarang umatnya untuk berduaan dengan hanya lawan jenis, kecuali jika bersama dengan mahromnya. Larangan ini memiliki kaitan dengan pembahasan sebelumnya yang berhubungan dengan zina. Di mana saat berduaan dengan lawan jenis, maka hal ini juga berisiko pada perbuatan zina.

Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari, Rasulullah saw bersabda:

لاَ يَخْلُوَنَّ رَجُلٌ بِامْرَأَةٍ إِلاَّ مَعَ ذِى مَحْرَمٍ

Artinya: Janganlah seorang laki-laki berduaan dengan seorang wanita kecuali jika bersama mahromnya.” (HR. Bukhari, No. 5233).

Saat sedang berduaan dengan lawan jenis tanpa adanya mahrom, maka pihak ketiga di antara mereka adalan setan. Hal ini juga dijelaskan dalam sebuah hadis, Rasulullah saw bersabda:

أَلاَ لاَ يَخْلُوَنَّ رَجُلٌ بِامْرَأَةٍ لاَ تَحِلُّ لَهُ ، فَإِنَّ ثَالِثَهُمَا الشَّيْطَانُ ، إِلاَّ مَحْرَمٍ

Artinya: Janganlah seorang laki-laki berduaan dengan seorang wanita yang tidak halal baginya karena sesungguhnya syaithon adalah orang ketiga di antara mereka berdua kecuali apabila bersama mahromnya.” (HR. Ahmad, No. 15734).

Dengan begitu, hindarilah untuk berduaan dengan lawan jenis saja. Jika pun harus bepergian, maka ajaklah yang menjadi mahromu. Hal ini akan lebih baik dan bisa menghindarkanmu dari perbuatan yang dibenci Allah SWT dan mendatangkan dosa.

4 dari 4 halaman

Hukum Berpacaran dalam Islam

 Hukum Berpacaran dalam Islam© Unsplash.com

Melalui penjelasan dan dalil-dalil tersebut, maka diketahui bahwa Islam sangat memerhatikan terkait hubungan antara laki-laki dan perempuan. Terutama yang bukan mahromnya. Islam telah memberikan berbagai petunjuk agar umatnya selalu berhati-hati dan menghindarkan diri dari perbuatan yang terlarang.

Seperti dikutip dari islam.nu.or.id, hukum berpacaran dalam Islam bisa diperbolehkan jika tujuannya adalah untuk menjalin hubungan yang lebih serius dalam artian menuju jenjang pernikahan.

Karena dengan tujuan yang mulia tersebut adalah sesuai dengan anjuran dari Nabi Muhammad saw agar terhindar dari perbuatan zina yang dilarang Allah SWT. Sebagai dijelaskan dalam sebuah hadis berikut ini:

عَنْ عَبْدِ اللهِ قَالَ قَالَ لَنَا رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَا مَعْشَرَ الشَّبَابِ مَنِ اسْتَطَاعَ مِنْكُمُ الْبَاءَةَ فَلْيَتَزَوَّجْ فَإِنَّهُ أَغَضُّ لِلْبَصَرِ وَأَحْصَنُ لِلْفَرْجِ وَمَنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَعَلَيْهِ بِالصَّوْمِ فَإِنَّهُ لَهُ وِجَاءٌ

 Artinya: Dari Ibnu Mas’ud ra berkata,  Rasulullah saw mengatakan kepada kami: Hai sekalian pemuda, barang siapa diantara kamu yang telah sanggup melaksanakan akad nikah, hendaklah melaksanakannya. Maka sesungguhnya melakukan akad nikah itu (dapat) menjaga pandangan dan memlihar farj (kemaluan), dan barangsiapa yang belum sanggup hendaklah ia berpuasa (sunat), maka sesunguhnya puasa itu perisai baginya.” (Muttafaq alaih).

Nah, itulah penjelasan terkait hukum berpacaran dalam Islam. Di mana Islam mengajarkan agar setiap umatnya menjauh dari perbuatan-perbuatan yang mengarah kepada perbuatan zina. Namun jika hubungan tersebut bertujuan kepada pernikahan, maka hal itulah yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad saw dan menghindarkan umat Islam dari berzina.

Join Dream.co.id