Duka di Markas FIFA, Semua Bendera Negara Anggota Berkibar Setengah Tiang untuk Tragedi Kanjuruhan

Stories | Senin, 3 Oktober 2022 17:01

Reporter : Okti Nur Alifia

FIFA mengibarkan bendera negara-negara anggota FIFA setengah tiang di markasnya, Zurich, Swiss.

Dream -  Kericuhan yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Malang Jawa Timur yang merenggut korban jiwa hingga ratusan suporter menjadi kabar duka bagi dunia sepakbola dunia. Federasi Sepakbola Dunia atau Federation Internationale de Football Association (FIFA) bahkan sampai melakukan penghormatan khusus untuk para korban. 

FIFA memutuskan mengibarkan bendera negara-negara anggota FIFA setengah tiang di markasnya, Zurich, Swiss. 

Bendera ini sudah dikibarkan sejak Minggu, 2 Oktober 2022. Sehari setelah peristiwa nahas yang terjadi di Malang, Jawa Timur pada Sabtu, 1 Oktober 2022 tersebut.

 bendera negara-negara FIFA berkibar setengah tiang© Dok FIFA

" Bendera-bendera berkibar setengah tiang di markas-markas FIFA sebagai penghormatan kepada mereka yang kehilangan nyawanya," tulis caption di situs FIFA, dikutip Senin, 3 Oktober 2022.

Duka di Markas FIFA, Semua Bendera Negara Anggota Berkibar Setengah Tiang untuk Tragedi Kanjuruhan
Bendera-bendera Berkibar Setengah Tiang Di Markas FIFA (Foto: Dok FIFA)
2 dari 6 halaman

Sebelumnya Presiden FIFA Gianni Infantino juga turut menyampaikan duka mendalamnya kepada para korban meninggal dunia. 

" Saya menyampaikan belasungkawa terdalam kepada keluarga dan teman-teman para korban yang kehilangan nyawa setelah insiden tragis ini," doanya, dikutip dari situs FIFA.

Pria yang memulai jabatan sebagai Presiden FIFA pada tahun 2016 tersebut juga mendoakan korban yang telah meninggal dunia. Juga untuk mereka yang terluka, dia berharap mereka bisa menghadapi masa sulit itu.

" Bersama FIFA dan komunitas sepak bola global, semua pikiran dan doa kami bersama para korban, serta mereka yang terluka dan menghadapi masa sulit ini akan selalu bersama rakyat Republik Indonesia, Konfederasi Sepak Bola Asia, Persatuan Sepak Bola Indonesia, dan Liga Sepak Bola Indonesia," ujarnya.

3 dari 6 halaman

Barca, MU, dan Klub-Klub Bola Eropa Lainnya Sampaikan Bela Sungkawa untuk Tragedi Kanjuruhan

Dream - Tragedi Kanjuruhan yang terjadi usai pertandingan antara Arema FC melawan Persebaya Surabaya tidak hanya menarik atensi publik Indonesia, tapi juga dari klub-klub Eropa sampai Presiden Hongaria, Katalin Novak. Mereka menyampaikan ucapan bela sungkawa.

" Doa saya untuk orang-orang di Indoensai setelah tragedi di Stadion Kanjuruhan di Malang, Indonesia. Saya menyampaikan bela sungkawa untuk keluarga korban," kata Katalin di Twitter.

Beberapa klub bola juga mengutarakan bela sungkawa untuk insiden ini, seperti Manchester United, FC Barcelona, Manchester City, hingga PSG.

4 dari 6 halaman

" Manchester United sangat berduka atas tragedi di Malang, Indonesia. Kami mengirimkan belasungkawa tulus pada korban, keluarga mereka, dan semua orang yang terdampak," tulis akun @ManUtd.

Lalu, akun klub Barcelona, yakni @FCBarcelona menuliskan," FC Barcelona berduka atas peristiwa tragis di Stadion Kanjuruhan di Indonesia dan menolak segala tindakan kekerasan baik di dalam maupun luar lapangan. Belasungkawa yang tulus kami sampaikan pada keluarga dan teman-teman korban."

5 dari 6 halaman

Klub lain asal Inggris Chelsea FC juga ikut mengunggah pesan senada. " Kami semua di Chelsea Football Club sangat berduka atas kejadian di Stadion Kanjuruhan di Indonesia. Pikiran kami bersama semua orang yang terkena dampak tragedi ini," tulis akun @ChelseaFC.

" Kami sangat sedih mendengar peristiwa tragis di Stadion Kanjuruhan di Indonesia. Pikiran kami bersama semua orang yang terkena dampak," tulis akun @ManCity.

6 dari 6 halaman

Sementara klub asal Prancis, PSG, menuliskan," Paris Saint-Germain ingin menyampaikan belasungkawa yang terdalam pada keluarga dan orang-orang terkasih dari mereka yang kehilangan nyawa dalam tragedi di stadion Malang, Indonesia."

 

Join Dream.co.id