Kesaksian Mengerikan Penumpang Pesawat yang Gagal Mendarat Akibat Badai: Naik Turun Tak Karuan, Semua Menahan Napas, Menangis, dan Muntah

Unik | Rabu, 23 Februari 2022 12:35

Reporter : Okti Nur Alifia

Mereka dibawa naik, lalu turun, hingga menyamping, di dalam pesawat yang sedang bertarung dalam badai yang buruk.

Dream - Badai Eunice yang melanda Inggris hingga Belanda mengganggu banyak aktifitas, termasuk penerbangan. Salah satu di antaranya adalah pesawat TUI yang nyaris gagal mendarat.

Pesawat ini hampir gagal mendarat ketika tiba di Bandara Manchester, Inggris. Pesawat TUI mengalami dua kali pendaratan saat perjalanan kembali dari Maroko, pada Jumat 18 Februari 2022.

Pesawat ini mengalami turbulensi ekstrem dengan guncangannya yang membuat para penumpang berteriak hingga muntah karena tak kuat. Bahkan ada seorang anak yang bertanya, apakah mereka akan mati di situasi tersebut. 

Kesaksian Mengerikan Penumpang Pesawat yang Gagal Mendarat Akibat Badai: Naik Turun Tak Karuan, Semua Menahan Napas, Menangis, dan Muntah
Ilustrasi Pesawat (foto: Unsplash.com)
2 dari 6 halaman

Pesawat Dialihkan ke Bandara Glasgow

Pesawat TUI yang dijadwalkan mendarat di Bandara Manchester mengalihkan pendaratannya ke Bandara Glasgow.

Salah satu penumpang mengatakan, mereka sama-sama berdoa ketika sang pilot terpaksa mengalihkan pesawat ke Glasgow.

Mereka dibawa naik, lalu turun, hingga menyamping, di dalam pesawat yang sedang bertarung dalam badai yang buruk.

Penumpang lain yang tak mau disebutkan namanya sangat mengecam maskapai penerbangan ini. Dia mengkritik kenapa berani terbang ketika ada peringatan cuaca merah.

" Saya hanya tidak mengerti mengapa mereka (TUI) bersedia mengambil risiko dan terbang ketika ada peringatan cuaca merah," katanya.

" Kami semua terguncang. Banyak orang mengatakan mereka akan menghindari terbang mulai sekarang," lanjutnya.

Penumpang itu bercerita banyak anak-anak yang menangis. " Ada anak-anak menangis dan itu sangat menyedihkan untuk dilihat. Mereka akan trauma," kata penumpang. 

3 dari 6 halaman

Pesawat Naik ke Ketinggian yang Lebih Tinggi

Pesawat TUI sempat naik ke ketinggian yang lebih tinggi. Sehingga para penumpang semakin tak karuan, mereka menahan napas dan orang-orang seperti naik turun di kursi mereka.

" Pilot berusaha untuk menaikkan pesawat ke ketinggian yang lebih tinggi. Selama beberapa detik, kami semua menahan napas," kata penumpang.

" Kemudian turun ke dua dimulai. Semua orang tahu apa yang diharapkan dan itu sepuluh kali lebih buruk. Saya bisa melihat orang-orang naik dan turun di kursi mereka," lanjutnya.

Penumpang ini pun menjelaskan ada anak-anak dan orang dewasa yang muntah dan panik. Mereka saling berpegangan tangan dan berdoa.

" Anak-anak dan orang dewasa muntah. Orang-orang panik," kata penumpang. 

 

4 dari 6 halaman

Berhasil Mendarat

Setelah berjuang mendarat, penumpang diberitahu bahwa pesawat sedang dialihkan dan mendarat dengan selamat di bandara Glasgow sekitar pukul 17.30 waktu setempat.

" Semua orang memberi tepuk tangan kepada pilot ketika kami akhirnya mendarat," kata penumpang.

Saat di bandara Glasglow, penumpang mengklaim staf TUI tidak siap untuk pengalihan pendaratan ini. Penumpang yang awalnya diberitahu akan ada empat bus untuk membawa mereka ke Manchester. Namun mereka harus pergi menggunakan taksi.

" Satu tiba dan kami diberitahu yang lain tidak datang, jadi kami harus mendapatkan taksi," kata penumpang. 

5 dari 6 halaman

Penumpang Menunggu di Bandara Glasgow

Penumpang dipindahkan ke sisi lain bandara untuk menunggu perjalanan ke bandara Manchester. Mereka menunggu di luar dan kedinginan di cuaca yang buruk tersebut.

" Kami dipindahkan ke sisi lain bandara. Ada anak-anak, orang lemah di kursi roda, dan orang tua semua berdiri di luar dalam cuaca dingin,” kata penumpang.

" Seorang wanita bertanya kepada seorang anggota staf apakah kami bisa menunggu di dalam dan diberi tahu 'tidakkah menurut Anda saya juga kedinginan?'," cerita penumpang lagi.

Dia mengklaim bahwa tidak ada minuman, makanan, atau selimut yang ditawarkan kepada penumpang saat mereka menunggu.

Setelah hampir tiga jam, penumpang tersebut mengatakan seorang supir taksi yang ramah menjemput mereka. Mereka berangkat dalam kondisi cuaca yang sulit untuk membawa dia dan istrinya kembali ke bandara Manchester.

6 dari 6 halaman

Permintaan Maaf TUI

Atas insiden tak terduga ini, pihak maskapai penerbangan TUI meminta maaf atas kelalaian yang telah terjadi. Seorang juru bicara TUI menyampaikan permohonan maafnya.

" Kami menyadari bahwa karena badai eunice TUI Airways TOM669 dari Marrakech ke Manchester dialihkan ke Glasgow, karena keselamatan kita dan kru adalah prioritas nomor satu kami,” kata juru bicara TUI.

" Kru kami memberikan bantuan di saat penerbangan dan semua penumpang diturunkan dengan aman," katanya.

" Sayangnya, karena pengalihan yang tidak direncanakan, ada kekurangan kendaraan yang tersedia untuk transfer kembali ke Manchester," lanjut juru bicara TUI.

" Kami ingin meminta maaf kepada penumpang yang terkena dampak dan berterima kasih atas kesabaran dan pengertian mereka," pungkasnya.

Bandara Manchester juga melaporkan, total ada 46 penerbangan keluar dan masuk yang dibatalkan pada hari Jumat, 18 Februari 2022. 

Penerbangan BY669 dijadwalkan meninggalkan bandara Marrakesh pada 12.05 PM, tetapi berangkat pada 13.09 PM, dikutip dari Manchester Evening News. 

Sumber: dailystar.co.uk

 

Join Dream.co.id