39 Wanita Kecele Kena Tipu, Playboy Abal-Abal Modal Pasang Foto Tampan Pria Korea Gasak Uang Rp1,1 M

Stories | Sabtu, 1 Oktober 2022 09:01

Reporter : Okti Nur Alifia

He Gansheng (38) menipu para wanita yang sebagian besar berusia 20 tahunan, dengan menyamar sebagai profesional yang menarik dan sukses seperti seorang dokter dan pengacara dari 2016 hingga 2020.

Dream - Seorang pria yang sudah menikah di China dijatuhi hukuman lebih dari 11 tahun enam bulan penjara setelah ketahuan menipu 39 orang wanita. Aksi si playboy abal-abal ini membuatnya bisa mengantongi uang lebih dari US$78.400 atau setara Rp1,1 miliar.

Modus yang dilakukan pria ini terbilang sederhana tapi bisa membuat puluhan wanita tertipu. Dia hanya memasang foto dua pria tampan Korea dengan banyak identitas kepada para perempuan sasarannya. 

He Gansheng (38) menipu para wanita yang sebagian besar berusia 20 tahunan dengan menyamar sebagai profesional yang menarik dan sukses seperti seorang dokter dan pengacara dari 2016 hingga 2020.

Pengadilan di provinsi Hubei China mengungkapkan kasus ini dalam sebuah artikel hukum yang diterbitkan secara online pada 1 September 2022.

Penipuannya baru terungkap ketika korban terakhirnya, berusia 22 tahun, menelepon polisi pada Mei 2020 setelah kehilangan semua tabungannya kepada He.

39 Wanita Kecele Kena Tipu, Playboy Abal-Abal Modal Pasang Foto Tampan Pria Korea Gasak Uang Rp1,1 M
Ilustasi (Shutterstock.com)
2 dari 4 halaman

Uang-uang Korban yang Menjadi Pacar Online

Tak satu pun dari para korban pernah bertemu langsung dengan He. Artikel tersebut menggambarkan He sebagai sosok, " berpenampilan biasa, pendek dengan tinggi 160cm, menikah dengan tiga anak dan menganggur" .

Menurut putusan yang diterbitkan di China Judgments Online, keputusan pengadilan terkemuka China, He yang tinggal di provinsi Hubei bersama istri dan anak-anaknya, juga dijatuhi denda senilai US$4.200 atau Rp64 juta pada April tahun lalu.

Korban-korbannya yang disebut sebagai pacar online-nya kehilangan mulai dari beberapa ribu hingga lebih dari Rp235 juta. Setelah dia mendapatkan kepercayaan meminjam uang yang dia katakan untuk membayar kembali pinjaman rumah, kartu kredit, dan pengeluaran lainnya.

3 dari 4 halaman

Identitas Palsu dengan Mengunggah Foto Tampan Orang Korea

Dia kemudian membuat berbagai alasan untuk menunda pembayaran dan ketika para wanita meminta uang mereka kembali, dia memblokir kontak mereka secara online.

Sebelum korban terakhirnya, tidak ada wanita yang melaporkan pencurian itu ke polisi. Korban terakhir meminta bantuan kerabatnya setelah meminjamkan semua tabungannya.

Identitas palsu yang dia gunakan diantaranya seorang dokter di Shanghai, seorang pengacara di Shenzhen, dan seorang mahasiswa PhD di Beijing, polisi kemudian menemukan.

Dia mengirim selfie palsu kepada para wanita menggunakan foto dua pria tampan dari Korea Selatan yang dia unduh dari internet.

4 dari 4 halaman

Penipuan asmara menjadi semakin umum di China dalam beberapa tahun terakhir. Dalam kasus yang terungkap bulan lalu, seorang model fesyen yang sudah menikah ditangkap oleh polisi Shanghai karena diduga menipu 18 pria dengan uang lebih dari US$300.000 untuk mendanai gaya hidup mewahnya.

Pada satu titik, wanita berusia 29 tahun itu berkencan dengan lebih dari selusin pria secara bersamaan.

Sumber: South China Morning Post

Join Dream.co.id