Dulu Bantu Warga Miskin Rebus Batu untuk Anak yang Kelaparan, Begini Nasib Mantan Kapolres Cianjur Sekarang

News | Jumat, 10 Juni 2022 19:00

Reporter : Okti Nur Alifia

Keluarga pasangan suami istri dengan tujuh anak yang dibantu Asep itu tak bisa berbuat banyak kala anaknya menangis kelaparan.

Dream - Asep Guntur. Hampir sewindu silam namanya mencuri perhatian publik. Kala menjadi Kapolres Cianjur, Jawa Barat, aksinya mengundang simpati banyak orang.

Pada 2015 itu, Asep membantu keluarga miskin di Cianjur. Keluarga itu tinggal di sebuah gubuk reyot yang berdiri di tanah milik orang lain. Kisah mereka penuh nestapa.

Keluarga pasangan suami istri dengan tujuh anak yang dibantu Asep itu tak bisa berbuat banyak kala anaknya menangis kelaparan. Mereka sampai harus merebus batu untuk sekadar meredam tangis b uah hati yang kelaparan.

Dulu Bantu Warga Miskin Rebus Batu untuk Anak yang Kelaparan, Begini Nasib Mantan Kapolres Cianjur Sekarang
Asep Guntur Dan Istri (Merdeka.com)
2 dari 4 halaman

Asep Guntur yang mendengar kisah pilu itu bergegas mendatangi gubuk keluarga itu. Dia memberikan bantuan para donatur dan membangunkan rumah layak huni untuk keluarga tersebut.

Asep juga meminta pemilik tanah tempat rumah keluarga miskin itu tinggal untuk memberikan secara cuma-cuma, sambil Asep membuat sertifikasi hak milik tanah.

Kini, Asep Guntur telah memanggul pangkat Komisaris Besar Polisi. Kariernya rupanya sangat moncer. Belum lama ini, dia dilantik menjadi Direktur Penyidikan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

3 dari 4 halaman

Asep merupakan satu-satunya pejabat dari Polri yang dilantik. Mereka di antaranya yakni menempati jabatan Direktur Penyidikan, Direktur Sosialisasi dan Kampanye Antikorupsi, hingga Kepala Biro Hubungan Masyarakat KPK.

 Rumah warga miskin di Cianjur© merdeka.com

" KPK menggelar upacara pelantikan dan pengambilan sumpah atau janji jabatan kepada 9 pejabat pimpinan tinggi (JPT) pratama dan kepala cabang rumah tahanan (Rutan) di Aula Gedung Merah Putih KPK," ujar Plt Juru Bicara KPK Ipi Maryati Kuding.

4 dari 4 halaman

Istri Asep Guntur juga anggota Polri. Polwan cantik bernama Sumarni itu kini berpangkat Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP). Seperti sang suami, karier Sumarni di korps Bhayangkara terbilang moncer.

 AKBP Sumarni© Merdeka.com

Kini dia menjabat sebagai Kapolres Subang. Sebelumnya Sumarni pernah mengemban amanat sebagai Kapolres Sukabumi dan menjadi penyidik di KPK. (Merdeka.com)

Join Dream.co.id