Doa Sujud Tilawah dan Artinya, Dilakukan Saat Mendengar Bacaan Ayat Sajdah

Your Story | Sabtu, 18 Juni 2022 18:01

Reporter : Arini Saadah

Sujud tilawah merupakan sujud yag dilakukan ketika seseorang mendengar atau membaca ayat-ayat sajdah dari Alquran.

Dream - Sujud merupakan salah satu gerakan dalam sholat yang dilakukan setelah berdiri usai rukuk. Banyak ulama memaknai sujud sebagai simbol pengakuan atas kelemahan diri seorang manusia di hadapan penciptanya, Allah Swt. Sujud juga dijadikan simbol kepasrahan seorang hamba kepada Tuhannya.

Pernyataan tersebut sangat sesuai apabila dikaitkan dengan posisi sujud, yaitu dahi, kedua lutut, kedua telapak tangan dan ujung jari kedua kaki menyentuh bumi (alas untuk sujud).

Di dalam Islam terdapat macam-macam sujud saat sholat maupun di luar ibadah sholat. Sujud dalam Islam terdiri dari sujud syukur, sujud sahwi, sujud tilawah, dan sujud dalam sholat.

Dalam artikel kali ini, Dream hanya akan membahas tentang sujud tilawah. Sujud tilawah merupakan sujud yag dilakukan ketika seseorang mendengar atau membaca ayat-ayat sajdah. Ayat-ayat ini terdapat dalam Alquran yang menerangkan perintah untuk bersujud.

Saat melakukannya, kaum Muslim dianjurkan membaca doa sujud tilawah dan artinya. Bagaimana bacaan doa sujud tilawah dan artinya? Simak selengkapnya di bawah ini.

Doa Sujud Tilawah dan Artinya, Dilakukan Saat Mendengar Bacaan Ayat Sajdah
Ilustrasi Sujud Tilawah. (Foto: Freepik.com)
2 dari 7 halaman

Contoh Ayat-ayat Sajdah

Ayat-ayat sajdah merupakan ayat yang menerangkan tentang perintah bersujud. Adapun di antara ayat-ayat sajdah adalah:

1. Surat Al-A'raf ayat 206

اِنَّ الَّذِيْنَ عِنْدَ رَبِّكَ لَا يَسْتَكْبِرُوْنَ عَنْ عِبَادَتِهٖ وَيُسَبِّحُوْنَهٗ وَلَهٗ يَسْجُدُوْنَ ࣖ  ۩

Artinya: " Sesungguhnya orang-orang yang ada di sisi Tuhanmu tidak merasa enggan untuk menyembah Allah dan mereka menyucikan-Nya dan hanya kepada-Nya mereka bersujud."

 

2. Surat Ar-Rad ayat 15

وَلِلّٰهِ يَسْجُدُ مَنْ فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِ طَوْعًا وَّكَرْهًا وَّظِلٰلُهُمْ بِالْغُدُوِّ وَالْاٰصَالِ ۩

Artinya: " Dan semua sujud kepada Allah baik yang di langit maupun yang di bumi, baik dengan kemauan sendiri maupun terpaksa (dan sujud pula) bayang-bayang mereka, pada waktu pagi dan petang hari."

 

3. Surat An-Nahl ayat 50

يَخَافُوْنَ رَبَّهُمْ مِّنْ فَوْقِهِمْ وَيَفْعَلُوْنَ مَا يُؤْمَرُوْنَ ࣖ ۩

Artinya: " Mereka takut kepada Tuhan yang (berkuasa) di atas mereka dan melaksanakan apa yang diperintahkan (kepada mereka)."

3 dari 7 halaman

4. Surat Al-Isra Ayat 109

وَيَخِرُّوْنَ لِلْاَذْقَانِ يَبْكُوْنَ وَيَزِيْدُهُمْ خُشُوْعًا ۩

Artinya: " Dan mereka menyungkurkan wajah sambil menangis dan mereka bertambah khusyuk."

 

5. Surat As-Sajdah ayat 15

اِنَّمَا يُؤْمِنُ بِاٰيٰتِنَا الَّذِيْنَ اِذَا ذُكِّرُوْا بِهَا خَرُّوْا سُجَّدًا وَّسَبَّحُوْا بِحَمْدِ رَبِّهِمْ وَهُمْ لَا يَسْتَكْبِرُوْنَ ۩

Artinya: " Orang-orang yang beriman dengan ayat-ayat Kami, hanyalah orang-orang yang apabila diperingatkan dengannya (ayat-ayat Kami), mereka menyungkur sujud dan bertasbih serta memuji Tuhannya, dan mereka tidak menyombongkan diri."

 

6. Surat Fushilat ayat 38

فَاِنِ اسْتَكْبَرُوْا فَالَّذِيْنَ عِنْدَ رَبِّكَ يُسَبِّحُوْنَ لَهٗ بِالَّيْلِ وَالنَّهَارِ وَهُمْ لَا يَسْـَٔمُوْنَ ۩

Artinya: " Jika mereka menyombongkan diri, maka mereka (malaikat) yang di sisi Tuhanmu bertasbih kepada-Nya pada malam dan siang hari, sedang mereka tidak pernah jemu."

4 dari 7 halaman

Doa Sujud Tilawah dan Artinya

Sujud tilawah bermakna mengagungkan Allah Subhanahu wata'ala. Saat Sahabat Dream mendengar ayat-ayat sajdah, yang di antaranya dijelaskan di atas, maka sebaiknya melakukan sujud tilawah. Berikut bacaan doa sujud tilawah dan artinya yang penting untuk diketahui:

سَجَدَ وَجْهِي لِلَّذِي خَلَقَهُ وَصَوَّرَهُ، وَشَقَّ سَمْعَهُ وَبَصَرَهُ، بِحَوْلِهِ وَقُوَّتِهِ فَتَبَارَكَ اللهُ أَحْسَنُ الخَالِقِيْنَ

Sajada waj-hi lilladzi kholaqohu, wa showwarohu, wa syaqqo sam’ahu, wa bashorohu bi khaulihi wa kuuwatihi fatabarakallahu ahsanul kholiqiin.

Artinya:

" Wajahku bersujud kepada Dzat yang menciptakannya, yang membentuknya, dan yang memberi pendengaran dan penglihatan, Maha berkah Allah sebaik-baiknya pencipta" .”

Doa sujud tilawah dan artinya di atas berdasarkan hadis Rasulullah Saw yang diriwayatkan Imam Ahmad, Abu Dawud, Hakim, Tirmidzi dan Nasa’i.

5 dari 7 halaman

Doa Tambahan dalam Sujud Tilawah

Selain bacaan doa sujud tilawah dan artinya di atas, ada pula doa tambahan yang bisa dibaca setelahnya. Doa ini dikutip dari Kitab I’anatut Thalibin karya Sayyid Bakri, seperti dilansir dari NU Online:

اللَّهُمَّ اكْتُبْ لِي بِهَا عِنْدَكَ أَجْرًا، وَاجْعَلْهَا لِي عِنْدَكَ ذُخْرًا، وَضَعْ عَنِّي بِهَا وِزْرًا، وَاقْبَلْهَا مِنِّي، كَمَا قَبِلْتَهَا مِنْ عَبْدِكَ دَاوُدَ

Allāhummaktub lī bihā ‘indaka ajran, waj’alhā lī ‘indaka dzukhran, wa dha’ ‘annī bihā wizran, waqbalhā minnī kamā qabiltahā min ‘abdika dāwūda.

Artinya:

“ Ya Allah, jadikanlah pahala bagiku di sisi-Mu melalui sujud ini. Jadikan sujud ini sebagai simpananku di sisi-Mu. Lepaskanlah beban dosaku melalui sujud ini. Terimalah sujud dariku ini sebagaimana Kau menerima sujud hamba-Mu, Dawud as.”’ (HR Abu At-Tirmidzi)

6 dari 7 halaman

Cara Pelaksanaan Sujud Tilawah

1. Sujud Tilawah dalam Sholat

Sujud tilawah yang pertama adalah ketika dilakukan dalam sholat. Hal ini terjadi ketika seorang imam membaca ayat sajdah kemudian melanjutkannya dengan sujud tilawah. Maka makmum mengikuti gerakan imam tersebut.

Tetapi apabila sang imam tidak melakukannya, maka tidak masalah dan makmum tidak perlu melakukan sujud tilawah sendiri.

Tata caranya adalah, apabila setelah membaca surat Al-Fatihah kemudian membaca surat yang mengandung ayat sajdah, maka setelah membacanya langsung sujud sambil membaca doa sujud tilawah dan artinya. Hal ini dilakukan tanpa mengangkat tangan dan tanpa disertai rukuk.

Setelah melaksanakan sujud tilawah dan membaca doanya, kemudian berdiri dari sujud dengan membaca takbir dan melanjutkan sholatnya.

7 dari 7 halaman

2. Sujud Tilawah di Luar Sholat

Sementara itu, ketika melaksanakan sujud tilawah di luar sholat, maka tata caranya adalah sebagai beirkut:

  • Pertama berniat dahulu saat akan sujud tilawah.
  • Kemudian membaca takbir.
  • Lalu sujud satu kali sambil membaca doa sujud tilawah dan artinya yang sudah dijelaskan sebelumnya.
  • Selanjutnya duduk dan membaca salam sambil menoleh ke kanan dan kiri.

Itulah bacaan doa sujud tilawah dan artinya lengkap tata cara melaksanakannya lengkap dengan contoh ayat-ayat sajdah. Setelah mengetahui ayat-ayat sajdah tersebut, maka dianjurkan kamu melaksanakan sujud tilawah sebagai tambahan amalan sunnah yang bernilai pahala.

Join Dream.co.id