Doa Setelah Sholat Syuruq Arab, Latin dan Artinya, Diamalkan Sebagai Ibadah Nafilah

Your Story | Jumat, 24 Juni 2022 06:00

Reporter : Arini Saadah

Simak doa setelah sholat syuruq berikut ini.

Dream - Sholat syuruq merupakan sholat sunnah yang dikerjakan ketika matahari terbit. Sholat syuruq juga dikenal dengan sebutan sholat isyraq.

Sebuah hadis Rasulullah yang diriwayatkan Al Hakim dan Thabrani dari Ummu Hani, disebutkan sholat dhuha yang dilaksanakan pada waktu matahari terbit juga disebut sebagai sholat isyraq.

Akan tetapi sholat syuruq bukanlah sholat dhuha. Sebab waktu sholat dhuha sebenarnya dilakukan pada saat matahari sudah naik sepenggalah. Sementara sholat syuruq dikerjakan tepat saat matahari terbit sampai masuk waktu dhuha.

Sama dengan sholat dhuha yang memiliki doa dan keutamaan luar biasa, begitupula dengan sholat syuruq. Doa setelah sholat syuruq penting diketahui agar pelaksanaan ibadah sunnah ini semakin sempurna.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut bacaan doa setelah sholat syuruq yang perlu diketahui.

Doa Setelah Sholat Syuruq Arab, Latin dan Artinya, Diamalkan Sebagai Ibadah Nafilah
Ilustrasi Berdoa. (Foto: Shutterstock.com)
2 dari 4 halaman

Anjuran Sholat Syuruq

Sebelum membahas doa setelah sholat syuruq, sebaiknya kita juga perlu memahami dalil tentang anjuran melaksanakannya.

Sholat syuruq dianjurkan sebagai ibadah tambahan atau nafilah selain mendirikan sholat wajib lima waktu. Salah satu hadis yang berisi anjuran untuk melaksanakan sholat syuruq adalah sebagai berikut:

Dari Anas bin Malik radhiyallahu'anhu berkata, Rasulullah SAW bersabda,

" Barangsiapa yang sholat pagi hari (subuh) secara berjamaah, kemudian ia duduk berdzikir kepada Allah SWT hingga terbitnya matahari, kemudian ia sholat dua rakaat (sholat syuruq), maka baginya pahala seperti pahala mengerjakan haji dan umrah. Rasulullah SAW bersabda, ‘Sempurna, sempurna, sempurna'." (HR. Tirmidzi no HR. Tirmidzi no. 586, beliau berkata bahwa hadits ini hasan gharib).

3 dari 4 halaman

Bacaan Niat Sholat Syuruq

Mengetahui niat tak kalah penting daripada bacaan doa setelah sholat syuruq. Sebab niat adalah kunci utama untuk memantabkan hati ketika akan mengerjakan ibadah. Niat yang khusyu' akan membawa kekhusyukan dalam sholat.

Niat bisa diucapkan dalam hati atau diucapkan secara lirih dengan lisan. Berikut bacaan niat sholat syuruq yang penting diketahui:

أُصَلِّيْ سُنَّةَ اْلِإشْرَاقِ رَكْعَتَيْنِ لِلهِ تَعَالَى

Ushalli sunnatal isyraqi rak’ataini lillahi ta’ala.

Artinya:

" Aku berniat melaksanakan sholat sunnah isyraq sebanyak dua rakaat karena Allah Ta’ala."

4 dari 4 halaman

Doa Setelah Sholat Syuruq

Dianjurkan bagi kaum Muslim untuk melaksanakan sholat syuru beserta membaca doa setelah sholat syuruq. Berikut bacaan doa setelah sholat syuruq yang dapat diamalkan, mengutip dari pendidik.co.id:

اللهم يَانُوْرَ النُّوْرِ بِالطُّوْرِ وَكِتَابٍ مَسْطُوْرٍ فِيْ رَقٍّ مَنْشُوْرٍ وَالْبَيْتِ الْمَعْمُوْرِ أَسْأَلُكَ أَنْ تَرْزُقَنِيْ نُوْرًا أَسْتَهْدِيْ بِهِ إِلَيْكَ وَأَدُلُّ بِهِ عَلَيْكَ وَيَصْحَبُنِيْ فِيْ حَيَاتِيْ وَبَعْدَ الْإِنْتِقَالِ مِنْ ظَلَامِ مِشْكَاتِيْ وَأَسْأَلُكَ بِالشَّمْسِ وَضُحَاهَا وَنَفْسٍ وَمَا سَوَّاهَا أَنْ تَجْعَلَ شَمْسَ مَعْرِفَتِكَ مُشْرِقَةً بِيْ لَايَحْجُبُهَا غَيْمُ الْأَوْهَامِ وَلَا يَعْتَرِيْهَا كُسُوْفُ قَمَرِ الْوَاحِدِيَّةِ عِنْدَ التَّمَامِ بَلْ أَدِمْ لَهَا الْإِشْرَاقَ وَالظُّهُوْرَ عَلَى مَمَرِّ الْأَيَّامِ وَالدُّهُوْرِ وَصَلِّ اللهم عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ خَاتِمِ الْأَنْبِيَاءِ وَالْمُرْسَلِيْنَ وَالْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ اللهم اغْفِرْ لَنَا وَلِإِخْوَانِنَا فِيْ اللهِ أَحْيَاءً وَأَمْوَاتًا أَجْمَعِيْنَ

Allahumma yaa nuuron nuuri bith-thuuri wa kitaabim masthuurin fii riqqin mansyuurin wal baitl ma’muuri, as`aluka an tarzuqonii nuuron astahdii bihi ilaika wa adallu bihi ‘alaika wa yashhabunii fii hayaatii wa ba’dal intiqooli min dzolaami misykaatii, wa as`aluka bisy-syamsi wa dluhaaha wa nafsin maa siwaahaa an taj’ala syamsa ma’rifatika musyriqotan bii laa yahjubuhaa ghoimul auhaami walaa ya’tariihaa kusuufu qomaril waahidiyyah ‘indat tamaami bal adim lahaal isyrooqo wadz-dzuhuuro ‘alaa mamarril ayyaami wad-duhuuri. Wa shalli Allahumma ‘alaa sayyidinaa Muhammadin khootamil anbiyaa`I wal mursaliina walhamdu lillaahi Rabbil ‘aalamiina. Allahummaghfir lanaa waliwaalidiina wa liikhwaaninaa fillaahi ahyaa`an wa amwaatan ajma’iina.

Artinya: “ Ya Allah, Wahai Cahayanya Cahaya, dengan wasilah bukit Thur dan Kitab yang ditulis pada lembaran yang terbuka, dan dengan wasilah Baitul Ma’mur, aku meminta kepadaMu agar Engkau memberiku cahaya, yang dengannya aku dapat mencari petunjukMu, dan dengannya aku menunjukkan tentangMu. Dan yang terus-menerus mengiringiku dalam kehidupanku dan setelah berpindah (ke alam lain; bangkit dari kubur) dari kegelapan liang (kubur) ku. Dan aku meminta padaMu dengan wasilah matahari beserta cahayanya di pagi hari, dan kemulyaan yang wujud pada selain matahari, agar Engkau menjadikan matahari ma’rifat padaMu (yang ada padaku) bersinar menerangiku, tidak tertutup oleh mendung-mendung keraguan, tidak pula terlintasi gerhana pada rembulan kemaha-esaan dikala purnama. Tapi jadikanlah padanya selalu bersinar dan selalu tampak, seiring berjalannya hari dan tahun. Dan berikanlah rahmat ta’dzim Wahai Allah kepada junjungan kami Muhammad, sang pamungkas para nabi dan Rasul. Dan segala Puji hanya milik Allah tuhan penguasa alam. Ya Allah ampunilah kami, kedua Orang tua kami serta kepada saudara-saudara kami seagama seluruhnya, baik yang masih hidup ataupun yang telah meninggal”.

Itulah bacaan doa setelah sholat syuruq. Mengerjakan sholat sunnah yang satu ini juga akan memberikan banyak keutamaan. Di antara keutamaan sholat syuruq adalah didoakan malaikat, mendapatkan pahala haji dan umroh, terhindar dari api neraka, dan dicukupkan segala kebutuhannya.  

Join Dream.co.id