Doa Selamat dan Tolak Bala, Demi Hidup Terlindungi dari Bencana

Your Story | Rabu, 29 Juni 2022 06:01

Reporter : Arini Saadah

Membaca doa selamat dan tolak bala setelah sholat wajib adalah salah satu ikhtiar untuk mendapatkan perlindungan dari-Nya.

Dream – Doa selamat dan tolak bala dibaca untuk memohon agar hidup senantiasa dilingungi oleh Allah SWT. Berdoa menjadi kebiasaan umat beragama untuk memohon keselamatan dan perlindungan dari bahaya. Salah satu doa yang bisa diamalkan adalah doa selamat dan tolak bala.

Doa selamat dan tolak bala dibaca agar kita dijauhkan dari musibah. Memang, musibah adalah sesuatu hal yang tidak bisa terelakkan, sebab ini bagian dari ujian Tuhan, tapi kita harus berusaha agar memiliki iman yang kuat.

Membaca doa selamat dan tolak bala setelah sholat wajib adalah salah satu ikhtiar untuk mendapatkan perlindungan dari-Nya. Sebagaimana riwayat hadis Imam Bukhari, Rasulullah Saw bersabda:

" Berlindunglah kalian kepada Allah dari kerasnya musibah, turunnya kesengsaraan yang terus menerus, buruknya qadha serta kesenangan musuh atas musibah yang menimpa kalian."

Membada doa selamat dan tolak bala termasuk bagian dari memasrahkan keselamatan hidup kepada Allah semata. Lantas bagaimana bacaan doanya? Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Doa Selamat dan Tolak Bala, Demi Hidup Terlindungi dari Bencana
Ilustrasi Membaca Doa Selamat Dan Tolak Bala Setelah Sholat Wajib. (Foto: Shutterstock.com)
2 dari 4 halaman

Doa Selamat dan Tolak Bala

Lafadz doa selamat dan tolak bala berisi tentang permohonan keselamatan kepada Allah SWT dari segala bencana, ujian, dan siksa. Doa ini baik dibaca setiap selesai sholat lima waktu agar Allah senantiasa memberikan keselamatan kepada kita dari bala.

Melansir dari laman NU Online, berikut bacaan doa selamat dan tolak bala yang bisa diamalkan setiap hari:

اللَّهُمَّ افْتَحْ لَنَا أَبْوَابَ الخَيْرِ وَأَبْوَابَ البَرَكَةِ وَأَبْوَابَ النِّعْمَةِ وَأَبْوَابَ الرِّزْقِ وَأَبْوَابَ القُوَّةِ وَأَبْوَابَ الصِّحَّةِ وَأَبْوَابَ السَّلَامَةِ وَأَبْوَابَ العَافِيَةِ وَأَبْوَابَ الجَنَّةِ اللَّهُمَّ عَافِنَا مِنْ كُلِّ بَلَاءِ الدُّنْيَا وَعَذَابِ الآخِرَةِ وَاصْرِفْ عَنَّا بِحَقِّ القُرْآنِ العَظِيْمِ وَنَبِيِّكَ الكَرِيْمِ شَرَّ الدُّنْيَا وَعَذَابَ الآخِرَةِ،غَفَرَ اللهُ لَنَا وَلَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ، سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ العِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ وَسَلَامٌ عَلَى المُرْسَلِيْنَ وَ الْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَلَمِيْنَ

Allȃhummaftah lanȃ abwȃbal khair, wa abwȃbal barakah, wa abwȃban ni‘mah, wa abwȃbar rizqi, wa abwȃbal quwwah, wa abwȃbas shihhah, wa abwȃbas salȃmah, wa abwȃbal ‘ȃfiyah, wa abwȃbal jannah. Allȃhumma ‘ȃfinȃ min kulli balȃ’id dunyȃ wa ‘adzȃbil ȃkhirah, washrif ‘annȃ bi haqqil Qur’ȃnil ‘azhȋm wa nabiyyikal karȋm syarrad dunyȃ wa ‘adzȃbal ȃkhirah. Ghafarallȃhu lanȃ wa lahum bi rahmatika yȃ arhamar rȃhimȋn. Subhȃna rabbika rabbil ‘izzati ‘an mȃ yashifūn, wa salȃmun ‘alal mursalȋn, walhamdulillȃhi rabbil ‘ȃlamȋn.

Artinya: “ Ya Allah, bukalah bagi kami pintu kebaikan, pintu keberkahan, pintu kenikmatan, pintu rezeki, pintu kekuatan, pintu kesehatan, pintu keselamatan, pintu afiyah, dan pintu surga. Ya Allah, jauhkan kami dari semua ujian dunia dan siksa akhirat. Palingkan kami dari keburukan dunia dan siksa akhirat dengan hak Al-Qur’an yang agung dan derajat nabi-Mu yang pemurah. Semoga Allah mengampuni kami dan mereka. Wahai Zat yang maha pengasih. Maha suci Tuhanmu, Tuhan keagungan, dari segala yang mereka sifatkan. Semoga salam tercurah kepada para rasul. Segala puji bagi Allah, Tuhan sekalian alam."

3 dari 4 halaman

Kumpulan Doa Selamat Dunia Akhirat Setelah Sholat Wajib

Banyak bacaan doa selamat dan tolak bala yang dibaca setelah sholat fardhu. Berikut kumpulan doa selamat lainnya yang bisa kamu amalkan:

 رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Rabbanaa aatinaa fiddunya hasanah, wa fil aakhiraati khasanah, wa qinaa adzaabannaar.

Artinya:

" Ya Tuhan kami, berila kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan lindungilah kami dari azab neraka."

Selain doa di atas, masih ada lagi doa selamat dunia akhirat yang biasa dibaca oleh kaum Muslim. Doa ini sudah diajarkan sejak dini kepada anak-anak. Berikut bacaan doanya yang perlu diketahui:

 اَللهُمَّ اِنَّا نَسْئَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ. اَللهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا فِىْ سَكَرَاتِ الْمَوْتِ وَالنَّجَاةَ مِنَ النَّارِ وَالْعَفْوَ عِنْدَ الْحِسَابِ

Allahumma innaa nas-aluka salaamatan fiddiini wa 'afiyatan fil jasadi wa ziyaadatan fil 'ilmi wa barokatan fir-rizqi wa taubatan qablal mauti wa rohmatan 'indal mauti wa maghfirotan ba'dal mauti, allahummaa hawwin 'alainaa fil sakaraatil mauti wannajaata minan naari wal 'afwa 'indal hisaab.

Artinya:

" Ya Allah kami memohon kepada-Mu keselamatan dalam agama, dan kesejahteraan/kesegaran pada tubuh dan penambahan ilmu, dan keberkahan rezeki, serta taubat sebelum mati dan rahmat di waktu mati, dan keampunan sesudah mati. Ya, Allah, mudahkanlah kami saat pencabutan nyawa, selamat dari api neraka dan mendapat kemaafan ketika amal diperhitungkan.”

4 dari 4 halaman

Bacaan Doa Selamat Lainnya

Allahumma antassalam, wa minkassalam, wa ilaika ya'uudussalam, fahayyina robbana bissalam, wa adkhilnal jannata daarossalam, tabarokta robbana wa ta'aalayta, yaa dzal jalaali wal ikram.

Artinya:

" Ya Allah, Engkau adalah Dzat yang mempunyai kesejahteraan, dari-Mu kesejahteraan itu, kepada-Mu akan kembali lagi segala kesejahteraan itu, Ya Tuhan kami, hidupkanlah kami dengan sejahtera. Masukkanlah kami ke dalam surga kampung kesejahteraan. Engkaulah yang berkuasa memberi berkah yang banyak dan Engkaulah Yang maha Tinggi, wahai Dzat yang memiliki keagungan dan kemuliaan."

Doa Selamat di Hari Perhitungan

Jika tak mendapat balasan di dunia, kaum Muslim percaya Allah akan membalas setiap perbuatanyya di akhirat nanti. Allah akan membalas setiap amal yang kita kerjakan, kebaikan akan dibalas dengan kebaikan lebih besar. Demikian halnya dengan keburukan. Malah bisa dibalas dengan keburukan yang lebih berat.

Agar kita selamat saat hari perhitungan nanti, dianjurkan untuk membaca doa selamat dunia akhirat berikut ini:

Rabbanaghfirli wa li walidayya wal mukminina yauma yaqumul khisab.

Artinya:

" Ya Tuhan kami, beri ampunilah aku dan kedua ibu bapakku dan sekalian orang-orang mukmin pada hari terjadinya hisab."

Itulah kumpulan doa selamat dan tolak bala yang bisa kamu amalkan setiap hari. Dengan membaca kumpulan doa selamat dan tolak bala di atas, semoga kita terlindungi dari marabahaya dan godaan setan. Amin. (mut)

Join Dream.co.id