Doa Pindahan ke Rumah Baru

Stories | Senin, 8 Agustus 2022 10:42

Reporter : Ahmad Baiquni

Rumah baru jadi tempat yang nyaman.

Dream - Pindah rumah, barangkali jadi aktivitas menyenangkan. Kita merasa bahagia karena akan tinggal di rumah dan lingkungan baru.

Bagi yang pindah ke rumah sendiri, tentu kebahagiaan terasa begitu besar. Usaha untuk mendapatkan rumah seperti terbayar sudah.

Bagi yang masih mengontrak, pindah rumah juga bisa jadi kebahagiaan. Bisa jadi karena tarifnya lebih murah atau lokasinya lebih dekat.

Apapun itu, rumah selalu jadi tempat menyenangkan. Tempat kita bersantai maupun melakukan keinginan kita secara bebas hanyalah rumah.

Ketika menempati rumah baru, dianjurkan membaca doa ini

 

Doa Pindahan ke Rumah Baru
(Foto Ilustrasi: Shutterstock)
2 dari 7 halaman

Doa Tempati Rumah Bari

 Doa Tempati Rumah Baru© Dream.co.id

Allahumma ya man falaqal bahra li Musa bin 'Imran, wa najja Yunusa min bathnil hut, wa sayyaral fulka li man sya'a, antal 'alimu bi 'adadi qathril bihari, wa dzarratir rimal. Ya Khaliqa ashnafi 'aja'ibil makhluqat. As'alukal kifayah, ya kafiya man istakfah, ya mujîba man da'ah, ya muqila man rajah. Antal kafi, la kafiya illa anta. Ikfini syarra ma akhafu wa ahdzar. Wamla' manzili hadza khairan wa barakah. Washalli 'ala nabiyyika wa rasalika sayyidina Muhammadin wa alihi wa shahbih wa sallim.

Artinya,

" Ya Allah yang membelah lautan untuk Musa bin 'Imran, dan menyelamatkan Yunus dari perut ikan besar, yang menjalankan perahu kepada siapapun yang dikehendaki. Engkau mengetahui jumlah tetesan air laut dan satuan-satuan kerikil. Wahai zat yang menciptakan beberapa macam keajaiban makhluk-makhluk. Aku memohon kepada-Mu kecukupan, wahai zat yang mencukupi hamba yang memintakan kecukupan kepada-Nya. Wahai zat yang mengabulkan hamba yang berdoa kepada-Nya, yang mengampuni hamba yang mengharap rahmat-Nya, Engkau maha mencukupi. Tiada yang mencukupi selain-Mu. Cukupilah aku dari keburukan sesuatu yang kukhawatirkan, penuhilah tempatku ini dengan kebaikan dan keberkahan. Shalawat salam semoga tercurah kepada nabi dan utusan-Mu, junjungan kami, Nabi Muhammad SAW, dan kepada para keluarga serta sahabatnya."

Sumber: NU Online.

3 dari 7 halaman

Doa Agar Segera Memiliki Rumah

Dream - Tidak bisa kita pungkiri, rumah menjadi salah satu kebutuhan pokok manusia. Tanpa rumah, kita tak bisa menjalani hidup dengan layak.

Sayangnya, bisa memiliki rumah bukan perkara mudah. Harga tanah yang merangkak naik dan bahan bangunan juga semakin mahal jadi sebagian dari sekian alasan.

Ditambah, penghasilan yang tidak memadai membuat kita kesulitan bisa punya rumah. Untuk solusi jangka pendek, sebagian orang memutuskan kontrak rumah.

Tentu, tinggal di rumah sendiri rasanya lebih nyaman. Kita tidak perlu khawatir mengalami masalah seperti bayar sewa dan sebagainya.

Nah, agar bisa segera punya rumah, dianjurkan membaca doa ini.

 

4 dari 7 halaman

Doa Segera Punya Rumah

 Doa Punya Rumah© Dream.co.id

Allahumma rabbal bait as aluka bijahi ahlil bait an tuyassira li khoira bait hatta la naqulu ya lait.

Artinya,

" Ya Allah Engkau pemilik Baitullah, aku memohon dengan wasilah ahlil bait Rasulullah agar Engkau mudahkan untukku sebaik-baiknya rumah. Sehingga kami tidak mengucap: Seandainya aku punya rumah."

Sumber: Laduni

5 dari 7 halaman

Doa Untuk Melapangkan Hidup Terasa Sempit

Dream - Tak selamanya hidup berjalan sesuai harapan. Dalam kondisi tersebut, kita merasa hidup begitu sempit. Rezeki seperti sulit didapat. Masalah datang silih berganti.

Kita bahkan sampai merasa begitu sulitnya berhenti sejenak dari masalah. Yang kita usahakan rasanya seperti sia-sia.

Kondisi semacam ini tentu dialami banyak orang. Tidak sedikit dari mereka sampai putus asa.

Tetapi, seorang Muslim pantang untuk berputus asa. Agar hidup yang sepat menjadi lapang, dianjurkan membaca doa ini.

 

6 dari 7 halaman

Doa Pelapang Hidup

 Doa Pelapang Hidup© Dream.co.id

Allahumma shalli wa sallim wa barik 'ala sayyidina Muhammadinil-fatihi lima ughliqa wal-khatimi lima sabaq, nashiril haqqi bil haqqi wal-hadi ila shirathikal mustaqim. Wa shallallahu 'ala sayyidina Muhammadin wa 'ala alihi wa ashabihi haqqa qadrihi wa miqdarihil 'adzim.

Artinya,

" Ya Allah, limpahkan sholawat, salam dan berkah kepada Sayidina Muhammad, pembuka hal-hal yang terkunci, penutup perkara-perkara yang sudah berlalu, penolong kebenaran dengan kebenaran, dan penunjuk jalan kepada Jalan-Mu yang lurus. Semoga Allah senantiasa melimpahkan sholawat kepadanya, juga kepada keluarga dan para sahabatnya, sesuai dengan derajat dan kedudukannya yang tinggi."

Sumber: Harakah

7 dari 7 halaman

Tata Cara Pindah Rumah Menurut Islam

Dream - Pindah rumah bagi sebagian besar orang menjadi momen yang membahagiakan. Di mana dengan rumah baru nantinya bisa hadir kebahagiaan yang lebih, rezeki yang lancar, dan keluarga yang harmonis. Dalam Islam sendiri selain ada doa menempati rumah baru, sahabat Dream juga perlu mengetahui tata cara pindah rumah menurut Islam. 

Dengan tata cara pindah rumah menurut Islam inilah yang nantinya akan membuat sahabat Dream merasa nyaman, tenteram, dan betah di rumah yang baru. Berikut adalah tata cara pindah rumah menurut Islam sebagaimana dirangkum Dream melalui 99.co:

Bersyukur kepada Allah SWT

Tata cara pindah yang pertama menurut Islam adalah bersyukur kepada Allah SWT. Karena rumah yang sahabat Dream tempati tersebut adalah bagian dari anugerah yang diberikan Allah SWT. Sehingga apa yang sudah didapatkan tersebut wajib untuk disyukuri. Ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk mensyukuri akan rumah baru itu, misalnya saja dengan menyelenggarakan syukuran dengan berdoa bersama.

Silaturahmi ke Rumah Tetangga

Cara yang kedua adalah dengan silaturahmi ke rumah tetangga saat baru saja pindah rumah. Karena tetangga adalah saudara kita yang paling dekat dan merekalah yang akan memberikan bantuan paling awal ketika ada sesuatu yang terjadi pada kita.

Oleh karena itu, membina hubungan yang baik dengan tetangga adalah hal yang sangat dianjurkan dalam Islam. Hal ini seperti dijelaskan dalam sebuah dari yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah berikut:

Demi Allah tidaklah beriman, demi Allah tidaklah beriman, demi Allah tidaklah beriman. Ditanyakan kepada Rasul: ‘Siapa wahai Rasulullah? Beliau bersabda: Orang yang tetangganya tidak merasa aman karena gangguannya’.” (HR. Ahmad dan Bukhari).

Membersihkan Rumah saat Pindah

Saat pindah rumah, maka jangan lupa untuk membersihkan rumah tersebut. Selain bertujuan agar rumah menjadi bersih, kondisi rumah yang bersih juga bisa mendatangkan berkah untuk orang yang menempatinya. Dengan menempati rumah yang bersih, tentu saja sahabat Dream akan merasa nyaman. Apalagi Islam sendiri sangatlah mengajarkan tentang kebersihan. Seperti yang dijelaskan dalam hadis berikut:

Agama Islam adalah agama yang bersih dan suci. Karena itu kamu harus menjaga kebersihan. Maka sesungguhnya tidak akan masuk surga kecuali hanya orang-orang yang suci.” (HR. Al-Baihaqi).

Tidak Meletakkan Pajangan yang Bersifat Syirik

Perlu sahabat Dream ketahui bahwa perbuatan syirik sangatlah dilarang dalam Islam. Termasuk dengan meletakkan pajangan yang sifatnya syirik di dalam rumah. Hal ini seperti dijelaskan dalam hadis berikut:

Malaikat tidak akan masuk rumah yang di dalamnya ada patung.” (HR. Bukhari dan Musim).

Banyak Beribadah

Tata cara pindah rumah menurut Islam yang terakhir adalah banyak melakukan ibadah. Jika penguninya banyak melakukan ibadah, maka hal ini bisa menghiasi rumah. Ibadah tersebut seperti sholat, membaca Al-Quran, dan sebagainya. Seperti halnya yang dijelaskan dalam hadis berikut:

Sinarilah rumahmu dengan memperbanyak sholat dan membaca Al-Quran.” (HR. Al-Baihaqi).

Join Dream.co.id