Doa Pembuka dan Penutup Acara Maulid Nabi yang Perlu Diamalkan

Stories | Rabu, 5 Oktober 2022 20:01

Reporter : Arini Saadah

Berikut bacaan doa pembuka dan penutup acara Maulid Nabi SAW yang perlu kamu ketahui.

Dream – Memasuki bulan Rabiul Awal, masyarakat muslim seluruh dunia memperingati salah satu hari paling istimewa yaitu hari kelahiran Nabi Muhammad SAW atau biasa disebut Maulid Nabi. Peringatan ini dilakukan untuk semakin mencintai Rasulullah yang diutus untuk menyampaikan risalah kenabian berupa agama Islam ke seluruh penghuni bumi.

Beban yang berat tersebut dilaksanakan dengan penuh keikhlasan dan tanggungjawab. Perjalanan Nabi Muhammad SAW dari kecil hingga tutup usia pun dijadikan teladan bagi umat Islam. Budi pekerjanya yang mulia harus menjadi teladan dan diterapkan dalam kehidupan manusia sehari-hari.

Namun tentu saja kita sebagai manusia biasa tidak mampu sepenuhnya meneladani sifat-sifat beliau yang terlampau sempurna. Meski demikian, sebagai umat Islam tentu harus berusaha meneladani dan mengikuti sunnah-sunnahnya.

Inilah mengapa kelahiran Nabi Muhammad SAW menjadi hari yang sangat mulia. Hari Besar Islam ini menjadi pengingat bagi seluruh umat Islam untuk kembali kepada sunnah Nabi dan meneladani sifat serta perilakunya yang luhur.

Biasanya akan banyak acara digelar oleh masyarakat untuk memeringati Maulid Nabi SAW. Sebelum dan sesudah acara sebaiknya kita memanjatkan doa pembuka dan penutup acara Maulid. Dengan membaca doa, kita berharap agar Tuhan senantiasa memasukkan kita semua sebagai umat Rasulullah SAW. Berikut bacaan doa pembuka dan penutup acara Maulid Nabi SAW yang perlu kamu ketahui.

Doa Pembuka dan Penutup Acara Maulid Nabi yang Perlu Diamalkan
Ilustrasi (Foto: Shutterstock.com)
2 dari 5 halaman

Doa Pembuka Acara Maulid

Bacaan doa pembuka acara maulid sebaiknya dibaca ketika membuka acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Selain itu, doa ini juga bisa dibaca untuk menyambut hari besar Islam yang mulia tersebut.

Berikut beberapa doa pembuka acara Maulid yang dapat kamu amalkan:

Doa Pembuka Acara Maulid dengan Sholawat Fatih

اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الفَاتِحِ لِمَا أُغْلِقَ وَالخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ وَالنَّاصِرِ الحَقَّ بِالحَقِّ وَالهَادِي اِلَى صِرَاطٍ مُسْتَقِيْمٍ. صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَعَلَى اَلِهِ وَأَصْحَابِهَ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ العَظِيْمِ

Allahumma shalli wa sallim wa barik ‘ala sayyidina Muhammadinil Fatihi lima ughliqa, wal khatimi lima sabaqa, wan nashiril haqqa bil haqqi, wal hadi ila shiratin mustaqim (ada yang baca 'shiratikal mustaqim'). Shallallahu ‘alaihi, wa ‘ala alihi, wa ashhabihi haqqa qadrihi wa miqdarihil ‘azhim

Artinya:

“ Ya Allah, limpahkanlah shalawat, salam, dan keberkahan kepada junjungan kami, Nabi Muhammad SAW, pembuka apa yang terkunci, penutup apa yang telah lalu, pembela yang hak dengan yang hak, dan petunjuk kepada jalan yang lurus. Semoga Allah melimpahkan shalawat kepadanya, keluarga dan para sahabatnya dengan hak derajat dan kedudukannya yang agung.”

3 dari 5 halaman

Doa Pembuka Acara Maulid dengan Sholawat Ummi

اَللَّــهُمَّ صَلِّ عَـلـٰى سَـيِّـدِنَـا مُحَمَّدٍ عَبْدِكَ وَنَـبِـيِّكَ وَرَسُوْلِكَ نَبِى الْأُمِّـى وَعَــلـٰى أَلِـهِ وَصَحْبِهِ وَسِلِّـمْ.

Allahumma shalli 'alaa sayyidinaa muhammadin 'abdika wanabiyyika wa rasuulika Nabil Ummi wa 'alaa alihi wa shahbihi wasallim

Artinya:

“ Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad Saw, sebagai hamba, Nabi, dan utusan-Mu yang Ummy (tidak bisa membaca dan menulis) beserta keluarga dan sahabatnya dengan salam yang sesungguhnya."

4 dari 5 halaman

Doa Pembuka Acara Maulid dengan Sholawat Ibrahimiyah

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كما صَلَّيْتَ عَلَى إبْرَاهِيمَ وعلى آلِ إبْراهِيمَ، وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كما بَاركْتَ عَلَى إبْرَاهِيمَ وَعَلَى آل إبراهيم في العالَمِينَ إنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ

Allahumma shalli 'alaa Muhammad wa'alaa aali Muhammadi, kamaa shallaita 'alaa Ibrahiim wa'alaa aali Ibrahiima, wabaarik 'alaa Muhammadin wa 'alaa aali Muhammadin, kama baarakta 'alaa Ibraahim wa'alaa aali Ibrahiima, fil 'aalamiina innaka hamiidun majiid

Artinya:

“ Ya Allah, limpahkan lah rahmat kepada Nabi Muhammad dan kepada keluarga Nabi Muhammad, sebagaimana telah Engkau limpahkan rahmat kepada Nabi Ibrahim dan keluarga Nabi Ibrahim. Limpahkan pula keberkahan bagi Nabi Muhammad dan bagi keluarga Nabi Muhammad, sebagaimana telah Engkau limpahkan keberkahan bagi Nabi Ibrahim dan bagi keluarga Nabi Ibrahim. Sesungguhnya di alam semesta Engkau Maha Terpuji dan Maha Agung."

5 dari 5 halaman

Doa Penutup Acara Maulid

Setiap majelis diawali dengan doa, dan diakhir dengan doa pula agar semakin berkah dan manfaat, termasuk acara peringatan Maulid Nabi SAW.

Setelah mengetahui bacaan doa pembuka acara Maulid di atas, maka Sahabat Dream juga perlu mengetahui bacaan doa penutupnya. Berikut doa penutup acara Maulid yang perlu diketahui:

Subhaanakallahumma wa bihamdika, asy-hadu alla ilaha illa anta, astaghfiruka wa atuubu ilaik

Artinya:

“ Maha Suci Engkau, wahai Allah, dan dengan memuji-Mu, aku bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang berhak disembah selain Engkau. Aku meminta ampun kepada-Mu dan aku bertaubat kepada-Mu; kecuali diampuni baginya dosa-dosa selama di majelisnya itu.”

Kemudian tambahkan dengan memperbanyak bacaan sholawat kepada Rasulullah SAW setelah acara usai.

Join Dream.co.id