Doa Niat Sholat Subuh yang Dilengkapi dengan Tata Cara dan Bacaan Doa Qunut

Stories | Selasa, 4 Oktober 2022 08:22

Reporter : Widya Resti Oktaviana

Dalam menjalankan sholat subuh, umat Islam dianjurkan untuk membaca doa qunut yang dibaca pada rakaat kedua.

Dream – Sholat subuh adalah salah satu dari sholat fardhu yang wajib dikerjakan oleh seluruh umat Islam setiap harinya. Sholat subuh ini dilakukan pada pagi hari sebanyak dua rakaat. Sholat subuh pun bisa sahabat Dream kerjakan secara sendiri maupun berjamaah bersama keluarga di rumah atau berjamaah di masjid.

Ada beberapa hal yang membedakan sholat subuh dengan sholat fardhu lainnya. Misalnya saja doa niat sholat subuh yang sudah pasti berbeda dengan niat sholat lainnya. Kemudian ada beberapa jamaah yang ketika menjalankan sholat subuh dengan menggunakan bacaan doa qunut. Tetapi ada juga umat Islam yang tidak membaca doa qunut tersebut, namun hal itu tidaklah sampai membuat sholatnya tidak sah.

Selain itu, menjalankan sholat subuh juga memiliki banyak sekali keutamaan. Sehingga sholat ini bukan hanya sekedar kewajiban yang harus dilakukan saja, tetapi ada keutamaan-keutamaan di dalamnya yang sudah diterangkan secara jelas melalui hadis-hadis Nabi. Salah satunya hadis yang diriwayatkan oleh Muslim dan Ahmad berikut ini:

Dua rakaat sholat subuh, lebih baik daripada dunia dan seisinya.” (HR. Muslim dan Ahmad).

Nah, berikut adalah penjelasan secara lebih lengkap tentang doa niat sholat subuh, tata caranya, serta bacaan doa qunut sebagaimana dirangkum oleh Dream melalui merdeka.com dan islam.nu.or.id.

Doa Niat Sholat Subuh yang Dilengkapi dengan Tata Cara dan Bacaan Doa Qunut
Doa Niat Sholat Subuh (Foto Ilustrasi: Shutterstock.com)
2 dari 5 halaman

Doa Niat Sholat Subuh

 Doa Niat Sholat Subuh© Shutterstock.com

Islam mengajarkan kepada umatnya agar mendahulukan segala sesuatu dengan niat. Begitu juga ketika menjalankan sholat subuh, maka harus didahului dengan membaca doa niat sholat subuh agar sholatnya menjadi sah.

Namun harus diperhatikan juga bacaannya, karena doa niat sholat subuh saat sendiri, saat menjadi imam dan saat menjadi makmum berbeda. Berikut adalah bacaannya yang bisa sahabat Dream hafalkan:

Doa Niat Sholat Subuh

Niat Sholat Subuh Sendiri

أُصَلِّى فَرْضَ الصُّبْح رَكَعتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً لله تَعَالَى.

Ushallii fardash-Shubhi rak’ataini mustaqbilal qiblati adaa’an lillaahi ta’aalaa.

Artinya: “ Saya (berniat) mengerjakan sholat fardhu Shubuh sebanyak dua raka’at dengan menghadap kiblat, karena Allah Ta’ala.”

Niat Sholat Subuh Menjadi Imam

أُصَلِّيفَرْضَالصُّبْحِرَكْعَتَيْنِمُسْتَقْبِلَالْقِبْلَةِأَدَاءًإِمَامًالِلهِتَعَالَى

Ushallii fardash-Shubhi rak’ataini mustaqbilal qiblati imaaman lillaahi ta’aalaa.

Artinya:Saya (berniat) mengerjakan sholat fardhu Shubuh sebanyak dua raka’at dengan menghadap kiblat, sebagai imam, karena Allah Ta’ala.”

Niat Sholat Subuh Menjadi Makmum 

أُصَلِّيفَرْضَالصُّبْحِرَكْعَتَيْنِمُسْتَقْبِلَالْقِبْلَةِأَدَاءًمَأْمُوْمًالِلهِتَعَالَى

Ushallii fardhash-Shubhi rak’ataini mustaqbilal qiblati makmuuman lillaahi ta’aalaa.

Artinya:Saya (berniat) mengerjakan sholat fardhu Shubuh sebanyak dua raka’at dengan menghadap kiblat, sebagai makmum, karena Allah Ta’ala.”

3 dari 5 halaman

Tata Cara Sholat Subuh

Setelah mengetahui bacaan doa niat sholat subuh, penting juga untuk mengetahui tata cara melaksanakan sholat subuh. Meski sholat subuh hampir sama dengan sholat fardhu yang lain, namun tetap ada perbedaannya. Yakni dari jumlah rakaatnya serta adanya penggunaan doa qunut dalam sholat tersebut. Berikut adalah tata cara sholat subuh yang perlu sahabat Dream ketahui:

1. Membaca niat.

2. Takbiratul ihram. Di mana sahabat Dream berdiri sembari menghadap kiblat dan melafalkan kalimat takbir. Lalu pandangan mata mengarah kepada tempat sujud. Sedangkan tangan disedekapkan  dengan posisi tangan kanan di bagian atas tangan kiri.

3. Membaca doa iftitah (hukumnya sunah).

4. Membaca surat Al-Fatihah.

5. Membaca salah satu surat di dalam Al-Quran.

6. Ruku dengan tuma’ninah.

7. I’tidal dengan tuma’ninah.

8. Sujud dengan tuma’ninah.

9. Sujud kembali dengan membaca doa sujud.

10. Berdiri kembali untuk mengerjakan rakaat yang kedua. Gerakannya sama seperti rakaat pertama. Namun ada tambahan doa ketika kamu melakukan i’tidal.

11. Di rakaat kedua ini kamu dianjurkan untuk membaca doa qunut.

12. Selesai membaca doa qunut, selanjutnya melafalkan takbir tanpa mengangkat kedua tangan.

13. Salam.

4 dari 5 halaman

Bacaan Doa Qunut

 Bacaan Doa Qunut© Shutterstock.com

Selain doa niat sholat subuh, perbedaan dalam sholat subuh adalah dianjurkannya untuk membaca doa qunut pada rakaat yang kedua. Berikut adalah bacaan doa qunut yang bisa sahabat Dream hafalkan seperti dikutip dari islam.nu.or.id:

اَللّٰهُمَّاهْدِنِيْفِيْمَنْهَدَيْتَ،وَعَافِنِيْفِيْمَنْعَافَيْتَ،وَتَوَلَّنِيْفِيْمَنْتَوَلَّيْتَ،وَبَارِكْلِيْفِيْمَاأَعْطَيْتَ،وَقِنِيْشَرَّمَاقَضَيْتَ،فَإِنَّكَتَقْضِيْوَلاَيُقْضَىعَلَيْكَوَإِنَّهُلاَيَذِلُّمَنْوَالَيْتَ،وَلاَيَعِزُّمَنْعَادَيْتَ،تَبَارَكْتَرَبَّنَاوَتَعَالَيْتَ،فَلَكَالْحَمْدُعَلَىمَاقَضَيْتَ،وَأَسْتَغْفِرُكَوَاَتُوْبُإِلَيْكَ،وَصَلَّىاللهُعَلَىسَيِّدَنَامُحَمَّدِࣙالنَّبِيِّالْأُمِّيِّوَعَلَىآلِهِوَصَحْبِهِوَسَلَّمَ

Allâhummahdinî fî man hadait, wa ‘âfinî fî man ‘âfait, wa tawallanî fî man tawallait, wa bâriklî fî mâ a‘thait, wa qinî syarra mâ qadhait, fa innaka taqdlî wa lâ yuqdhâ ‘alaik, wa innahû lâ yazillu man wâlait, wa lâ ya‘izzu man ‘âdait, tabârakta rabbanâ wa ta‘âlait, fa lakal ḫamdu a’lâ mâ qadhait, wa astaghfiruka wa atûbu ilaik, wa shallallâhu ‘alâ sayyidinâ muḫammadi-nin-nabiyyil ummiyyi wa ‘alâ âlihî wa shaḫbihî wa sallam.

Artinya: “ Ya Allah tunjukanlah aku sebagaimana mereka yang telah Engkau beri petunjuk. Berilah kesehatan kepadaku sebagaimana mereka yang telah Engkau berikan kesehatan. Peliharalah aku sebagaimana orang-orang yang telah Engkau lindungi. Berikanlah keberkahan kepadaku pada apa yang telah Engkau berikan. Selamatkanlah aku dari bahaya kejahatan yang telah Engkau tentukan. Engkaulah yang menghukum dan bukan dihukum. Tidak hina orang yang Engkau jadikan pemimpin. Tidak mulia orang yang Engkau musuhi. Maha Suci Engkau wahai Tuhan kami dan Maha Tinggi Engkau. Bagi-Mu segala pujian di atas apa yang Engkau tentukan. Aku memohon ampun kepada-Mu dan bertaubat kepada-Mu. Semoga Allah mencurahkan rahmat dan karunia atas junjungan kami Nabi Muhammad SAW, keluarga, dan para sahabatnya.”

5 dari 5 halaman

Bacaan Doa setelah Sholat Subuh

Setelah menyelesaikan sholat subuh, hendaknya sahabat Dream tidak langsung meninggalkan tempat sholat. Namun luangkan waktu sejenak untuk berdoa. Ada beberapa doa yang bisa sahabat Dream panjatkan kepada Allah SWT. Berikut adalah bacaan doanya yang bisa kamu amalkan setelah sholat subuh:

Sayyidul Istighfar

Menurut Imam An-Nawawi, Sayyidul Istighfar adalah bacaan yang baik dan utama untuk dibaca setelah sholat subuh. Bagi yang mengamalkan doa ini, lalu wafat, maka ia bisa mendapatkan garasi surga dari Allah SWT. Berikut adalah bacaan Sayyidul Istughfar:

اَللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ. أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ. أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ. وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ. فَاغْفِرْ لِيْ فَإِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلَّا أَنْتَ

Allâhumma anta rabbî, lâ ilâha illâ anta khalaqtanî. Wa anâ 'abduka, wa anâ 'alâ 'ahdika wa wa'dika mastatha'tu. A'ûdzu bika min syarri mâ shana'tu. Abû'u laka bini'matika 'alayya. Wa abû'u bidzanbî. Faghfirlî. Fa innahû lâ yaghfirudz dzunûba illâ anta.

Artinya:Hai Tuhanku, Engkau Tuhanku. Tiada tuhan yang disembah selain Engkau. Engkau yang menciptakanku. Aku adalah hamba-Mu. Aku berada dalam perintah iman sesuai perjanjian-Mu sebatas kemampuanku. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan yang kuperbuat. Kepada-Mu, aku mengakui segala nikmat-Mu padaku. Aku mengakui dosaku. Maka itu ampunilah dosaku. Sungguh tiada yang mengampuni dosa selain Engkau."

Doa Mohon Kemudahan Rezeki

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا طَيِّبًا وَعَمَلًا مُتَقَبَّلًا

Allahumma innii asaluka 'ilmaanaafi'aa. Wa rizqontoyyibaa wa amalammutaqobbalaa.

Artinya:Ya Allah sesungguhnya aku mohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang halal, dan amal yang diterima." (HR Ahmad dan Ibnu Majah).

Doa Mohon Rezeki yang Halal

اللَّهُمَّ اكْفِنِى بِحَلاَلِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَأَغْنِنِى بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

Allahumak-finii bi halaalika 'an haroomik, wa agh-niniy bi fadhlika 'amman siwaak.

Artinya: Ya Allah cukupkanlah aku dengan yang halal dan jauhkanlah aku dari yang haram, dan cukupkanlah aku dengan karunia-Mu dari bergantung pada selain-Mu." (HR. Tirmidzi).

Join Dream.co.id