Doa Menyambut Bulan Ramadan Sesuai Ajaran Rasulullah yang Bisa Meningkatkan Pahala

Your Story | Rabu, 16 Februari 2022 15:35

Reporter : Widya Resti Oktaviana

Selain menyambut bulan suci Ramadan dengan penuh kebahagiaan, akan lebih baik juga jika diiringi dengan berdoa kepada Allah SWT.

Dream – Menyambut bulan Ramadan adalah momen yang sangat ditunggu-tunggu oleh setiap umat Islam di seluruh dunia. Ramadan memang bulan yang mulia, bulan suci, dan bulan yang penuh akan keberkahan. Pada bulan Ramadan, setiap umat Islam bisa melakukan berbagai ibadah dan amalan yang mampu meningkatkan pahalanya.

Sebelum menjalani bulan Ramadan, setiap umat Islam haruslah mempersiapkan dirinya dengan sebaik mungkin. Yakni dengan membersihkan hati dari hal-hal negatif dan tentu saja semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT. Salah satu hal yang penting dilakukan oleh umat Islam menjelang bulan suci tersebut adalah memanjatkan doa menyambut bulan Ramadan.

Doa menyambut bulan Ramadan ini pun juga diamalkan oleh Nabi Muhammad saw semasa hidupnya. Sehingga alangkah baiknya jika hal tersebut juga diikuti oleh umat Islam. Selain menyambut bulan Ramadan dengan penuh kebahagiaan, akan terasa semakin sempurna jika diiringi dengan berdoa kepada Allah SWT.

Berikut adalah doa menyambut bulan Ramadan yang diajarkan Nabi Muhammad saw dan keistimewaan bulan Ramadan sebagaimana telah dirangkum dari merdeka.com dan muslim.or.id.

Doa Menyambut Bulan Ramadan Sesuai Ajaran Rasulullah yang Bisa Meningkatkan Pahala
Doa Menyambut Bulan Ramadan (Foto Ilustrasi: Pixabay.com)
2 dari 3 halaman

Doa Menyambut Bulan Ramadan Sesuai Ajaran Nabi Muhammad saw

 Doa Menyambut Bulan Ramadan Sesuai Ajaran Nabi Muhammad saw© Shutterstock.com

Betapa bahagianya umat Islam ketika bulan Ramadan sudah berada di depan mata. Meski di bulan ini umat Islam diharuskan untuk berpuasa selama satu bulan penuh, ada banyak suka cita yang dirasakan di bulan penuh berkah ini. Karena di bulan Ramadan, Allah SWT memberikan kesempatan bagi setiap umat Islam untuk mendapatkan pahala sebanyak-banyaknya.

Namun, ada satu hal yang sebaiknya tidak sahabat Dream lupakan yakni memanjatkan doa menyambut bulan Ramadan. Nabi Muhammad saw semasa hidupnya pun selalu memanjatkan doa ini. Sehingga, akan lebih baik jika meniru apa yang diamalkan oleh Nabi Muhammad saw.

Berikut adalah bacaan oda menyambut bulan Ramadan berdasarkan hadis yang diriwayatkan oleh Imam At-Thabarani dan Imam Ad-Dailami seperti dikutip dari merdeka.com:

اللَّهُمَّ سَلِّمْنِيْ لِرَمَضَانَ وَسَلِّمْ رَمَضَانَ لِيْ وَسَلِّمْهُ مِنِّيْ

Allāhumma sallimnī li Ramadhāna, wa sallim Ramadhāna lī, wa sallimhu minnī.

Artinya:Ya Allah, selamatkanlah aku (dari penyakit dan uzur lain) demi (ibadah) Bulan Ramadhan, selamatkanlah (penampakan hilal) Ramadhan untukku, dan selamatkanlah aku (dari maksiat) di Bulan Ramadhan.”

Doa menyambut bulan Ramadan ini berisi permohonan agar diberikan kebaikan oleh Allah SWT selama menjalani bulan Ramadan. Bahkan dengan memanjatkan doa ini mampu memberikan pahala dan sebagai upaya mempersipakan diri menyambut bulan suci Ramadan.

3 dari 3 halaman

Keistimewaan Bulan Ramadan

 Keistimewaan Bulan Ramadan© Pixabay.com

Setelah mengetahui bagaimana bacaan doa menyambut bulan Ramadan, sahabat Dream juga harus mengetahui apa saja keistimewaan di bulan yang agung ini. Berikut adalah beberapa keistimewaan bulan Ramadan seperti dikutip dari muslim.or.id:

Dibukanya Pintu Surga

Keistimewaan pertama di bulan Ramadan adalah dibukanya pintu surga. Hal ini karena ada banyak sekali amal sholeh yang disyariatkan pada bulan suci tersebut yang kemudian membuat orang bisa masuk surga ketika menjalankannya. Keistimewaan ini pun juga dijelaskan dalam firman Allah SWT melalui surat An-Nahl ayat 32 berikut:

الَّذِيْنَتَتَوَفّٰىهُمُالْمَلٰۤىِٕكَةُطَيِّبِيْنَۙيَقُوْلُوْنَسَلٰمٌعَلَيْكُمُادْخُلُواالْجَنَّةَبِمَاكُنْتُمْتَعْمَلُوْنَ

Artinya: “ (yaitu) orang yang ketika diwafatkan oleh para malaikat dalam keadaan baik, mereka (para malaikat) mengatakan (kepada mereka), “ Salamun ‘alaikum, masuklah ke dalam surga karena apa yang telah kamu kerjakan.” (QS. An-Nahl: 32).

Ditutupnya Pintu Neraka

Di bulan Ramadan ini memang menjadi bulan yang sangat mulia. Tidak hanya dibukanya pintu surga seluas-luasnya, tetapi di bulan ini pintu neraka juga ditutup oleh Allah SWT. Hal ini karena sedikitnya maksiat yang bisa memasukkan seseorang ke dalamnya. Sebagaimana telah dijelaskan dalam firman Allah SWT melalui surat An-Naziat ayat 37 hingga 39 berikut ini:

فَاَمَّامَنْطَغٰىۖ وَاٰثَرَالْحَيٰوةَالدُّنْيَاۙ فَاِنَّالْجَحِيْمَهِيَالْمَأْوٰىۗ

 

Artinya: Maka adapun orang yang melampaui batas, dan lebih mengutamakan kehidupan dunia, maka sungguh, nerakalah tempat tinggalnya.” (QS. An-Naziat: 37 – 39).

Setan-setan Dibelenggu

Keistimewaan bulan Ramadan lainnya adalah dibelenggunya setan-setan. Dengan begitu, setan-setan tidak akan mengganggu manusia, apalagi mengajak manusia kepada hal-hal maksiat. Hal ini pun bisa dimanfaatkan oleh umat Islam dengan sebaik mungkin untuk memperbanyak beribadah kepada Allah SWT dan melakukan berbagai amalan yang diperintahkan oleh-Nya. Bahkan di bulan Ramadan, umat Islam juga berkesempatan untuk bisa menghapus dosa-dosanya.

Tidak hanya itu saja, di bulan suci Ramadan ini amal kebaikan pun akan dilipatgandakan oleh Allah SWT. Dijelaskan dalam sebuah hadis bahwa amalan sunah yang dilakukan pada bulan Ramadan bisa mendatangkan pahala yang sama dengan amalan wajib.

Itulah doa menyambut bulan Ramadan yang diamalkan oleh Nabi Muhammad saw untuk bisa sahabat Dream baca juga. Selain itu, ada beberapa keistimewaan di bulan Ramadan yang mampu meningkatkan pahala kamu dan bisa menghapuskan dosa-dosamu.

Join Dream.co.id