Doa Menjenguk Orang Sakit dan Artinya Menurut Hadis Nabi yang Perlu Diamalkan

Your Story | Kamis, 23 Juni 2022 06:00

Reporter : Arini Saadah

Menjenguk orang sakit merupakan bagian dari kehidupan bersosial, bahwa setiap orang membutuhkan orang lainnya dalam hidup.

Dream – Islam mengajarkan kepada pemeluknya untuk mendoakan orang yang sakit agar segera sembuh. Bacaan doa untuk kesembuhan orang sakit telah diajarkan oleh Rasulullah SAW. Tak hanya itu, mendoakan orang yang sedang sakit termasuk amalan yang mendatangkan pahala.

Doa untuk kesembuhan orang sakit sering dipanjatkan oleh Rasulullah SAW ketika beliau menjenguk sahabat yang sedang sakit. Bacaan doa menjenguk orang sakit dan artinya ada banyak sehingga tidak ada doa yang baku.

Jika Sahabat Dream hendak menjenguk orang sakit, bacalah doa menjenguk orang sakit berikut ini, dirangkum dari berbagai sumber.

Doa Menjenguk Orang Sakit dan Artinya Menurut Hadis Nabi yang Perlu Diamalkan
Ilustrasi Membaca Doa Menjenguk Orang Sakit. (Foto: Shutterstock.com)
2 dari 6 halaman

1. Doa Menjenguk Orang Sakit dan Artinya

Tujuan membaca doa menjenguk orang sakit supaya Allah SWT segera mengangkat penyakit yang diderita seseorang serta memberikan kesembuhan pada orang tersebut. Berikut salah satu doa menjenguk orang sakit dan artinya yang dibaca Rasulullah SAW seperti yang terdapat dalam sebuah hadis riwayat Bukhari dan Muslim dari Aisyah RA.

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ اشْفِ أَنْتَ الشَّافِي لَا شَافِيَ إلَّا أَنْتَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقْمًا

Allahumma rabban nasi, adzhibil ba’sa. Isyfi. Antas syafi. La syafiya illa anta syifa’an la yughadiru saqaman.

Artinya:

" Tuhanku, Tuhan manusia, hilangkanlah penyakit. Berikanlah kesembuhan karena Kau adalah penyembuh. Tiada yang dapat menyembuhkan penyakit kecuali Kau dengan kesembuhan yang tidak menyisakan rasa nyeri."

3 dari 6 halaman

2. Doa Menjenguk Orang Sakit dan Artinya

Selain doa di atas, masih ada lagi doa menjenguk orang sakit dan berdasarkan hadis Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Abu Dawud dan At-Tirmidzi. Bahwa Rasulullah SAW menganjurkan membaca doa berikut ini di hadapan orang sakit sebanyak 7 kali.

أَسْأَلُ اللهَ العَظِيْمَ رَبَ العَرْشِ العَظِيْمِ أَنْ يَشْفِيَكَ

As’alu allahal adzhiima rabbal ‘arsyil ‘adzhiimi an yassfiyaka.

Artinya:

“ Aku memohon kepada Allah yang agung, Tuhan arasy yang megah agar menyembuhkanmu."

4 dari 6 halaman

3. Doa Menjenguk Orang Sakit dan Artinya

 Ilustrasi© Shutterstock.com

Selanjutnya, dalam Kitab Al Adzkar karangan Imam Nawawi, juga terdapat doa yang dibaca saat menjenguk orang sakit:

امْسَحِ الْبَأْسَ رَبَّ النَّاسِ بِيَدِك الشِّفَاءُ لَا كَاشِفَ لَهُ إلَّا أَنْتَ

Imsahil ba’sa rabban naasi. Bi yadikas syifaa’u. Laa kaasyifa lahu illaa anta.   

Artinya:

“ Tuhan manusia, sapulah penyakit ini. Di tangan-Mu lah kesembuhan itu. Tidak ada yang dapat mengangkatnya kecuali Kau."

5 dari 6 halaman

4. Doa Menjenguk Orang Sakit dan Artinya

Rasulullah SAW membaca doa menjenguk orang sakit berikut ini ketika menjenguk Salman Al-Farisi RA. Doa ini juga bisa kamu baca untuk mendoakan orang sakit yang sedang kamu jenguk.

شَفَى اللهُ سَقَمَكَ، وَغَفَرَ ذَنْبَكَ، وَعَافَاكَ فِي دِيْنِكَ وَجِسْمِكَ إِلَى مُدَّةِ أَجَلِكَ

Syafakallahu saqamaka, wa ghafara dzanbaka, wa ‘afāka fī dīnika wa jismika ila muddati ajalika.

Artinya:

" Wahai (sebut nama orang yang sakit), semoga Allah menyembuhkanmu, mengampuni dosamu, dan mengafiatkanmu dalam hal agama serta fisikmu sepanjang usia."

6 dari 6 halaman

Keutamaan Menjenguk Orang Sakit

Alasan dianjurkannya menjenguk orang sakit dan mendoakannya agar cepat sembuh ini bukan tanpa alasan. Rupanya menjenguk orang sakit memiliki banyak keutamaan.

Menjenguk orang sakit termasuk bagian dari kehidupan bersosial, di mana seseorang pasti membutuhkan orang lainnya.

Islam menganjurkan kepada umatnya untuk peduli kepada sesama, terutama yang sedang ditimpa musibah berupa sakit. Menjenguk orang sakit adalah perbuatan yang sangat mulia dan ada keutamaan di dalamya. Hal ini seperti sabda Rasulullah :

“ Apabila seseorang menjenguk saudaranya yang muslim (yang sedang sakit), maka (seakan-akan) dia berjalan sambil memetik buah-buahan Surga sehingga dia duduk, apabila sudah duduk maka diturunkan kepadanya rahmat dengan deras. Apabila menjenguknya di pagi hari maka tujuh puluh ribu malaikat mendo’akannya agar mendapat rahmat hingga waktu sore tiba. Apabila menjenguknya di sore hari, maka tujuh puluh ribu malaikat mendo’akannya agar diberi rahmat hingga waktu pagi tiba.” (HR. at-Tirmidzi, Ibnu Majah dan Imam Ahmad dengan sanad shahih).

Menjenguk orang sakit juga akan memberikan kebahagiaan baginya. Jika ia bahagia, maka daya tahan tubuhnya akan semakin membaik, sehingga sakitnya bisa segera sembuh. Mereka juga akan merasa bahwa dirinya diperhatikan dan disayang orang lain. Pikiran positif ini juga sangat berperan dalam proses penyembuhan orang sakit.

Itulah beberapa doa menjenguk orang sakit dan artinya yang bisa kamu panjatkan ketika di hadapan orang yang sakit. Selain ikhtiar dengan berobat, untaian doa juga sangat berguna bagi orang yang sakit.

Join Dream.co.id