Doa Masuk Pasar yang Dibaca Rasulullah dan Adab-adab saat Belanja yang Perlu Diperhatikan

Stories | Kamis, 24 November 2022 20:01

Reporter : Widya Resti Oktaviana

Doa ini untuk melindungi dari transaksi yang tidak baik dan bisa mendatangkan berkah.

Dream – Berbelanja merupakan bagian dari aktivitas manusia untuk bisa memenuhi kehidupan sehari-hari. Sahabat Dream bisa berbelanja di warung, pasar, hingga mall. Jika kamu ingin belanja di tempat yang lengkap dengan harga terjangkau, bahkan bisa menawar, maka pasar menjadi tempat yang tepat.

Mulai dari bahan-bahan makanan hingga perlengkapan rumah tangga bisa kamu jumpai di pasar. Namun, sahabat Dream juga harus berhati-hati ketika sedang berbelanja. Tak bisa dipungkiri bahwa hal-hal buruk bisa saja terjadi, misalnya saja orang yang mencuri uang belanja kamu.

Selain meletakkannya di tempat yang aman, sahabat Dream sebaiknya tidak lupa untuk membaca doa masuk pasar. Tak hanya mampu memberikanmu perlindungan ketika sedang belanja, juga agar keberkahan pun turut hadir.

Nah, berikut adalah bacaan doa masuk pasar dan adab-adab ketika belanja yang perlu kamu ketahui sebagaimana dirangkum Dream melalui jabar.nu.or.id dan rumaysho.com.

Doa Masuk Pasar yang Dibaca Rasulullah dan Adab-adab saat Belanja yang Perlu Diperhatikan
Doa Masuk Pasar Yang Dibaca Rasulullah (Foto Ilustrasi: Unsplash.com)
2 dari 3 halaman

Bacaan Doa Masuk Pasar

 Bacaan Doa Masuk Pasar© Unsplash.com

Ketika sahabat Dream hendak belanja di pasar, maka jangan lupa untuk membaca doa terlebih dahulu. Doa ini mampu menjauhkanmu dari hal-hal yang buruk saat belanja, dijauhkan dari keburukan saat transaksi, dan menghadirkan keberkahan. Berikut adalah doa masuk pasar yang dibaca oleh Nabi Muhammad saw:

باسْمِ اللَّهِ اللَّهُمَّ إنِّي أسألُكَ خَيْرَ هَذِهِ السُّوقِ وَخَيْرَ ما فِيها وأعُوذُ بِكَ مِنْ شَرّها وَشَرّ مَا فِيهَا اللَّهُمَّ إنِّي أعُوذُ بِكَ أنْ أُصِيبَ فِيْهَا يَمِيْناً فاجِرَةً أوْ صَفْقَةً خَاسِرَةً 

Bismillâh allâhumma innî as-aluka khaira hâdzihi-s-sûqi wa khaira mâ fîhâ wa a‘ûdzubika min syarrihâ wa syarri mâ fîhâ. Allâhumma innî a‘ûdzubika an ushîba fîhâ yamînan fâjiratan au shafqatan khâsiratan.

Artinya: “ Dengan nama Allah, ya Allah, aku memohon kebaikan dari pasar ini dan kebaikan dari apa yang ada di dalamnya. Aku berlindung dari keburukan pasar ini dan keburukan apa yang ada di dalamnya. Ya Allah, aku berlindung dari sumpah palsu dan transaksi yang merugikan.”

Selain itu, ada juga doa masuk pasar lainnya yang bisa sahabat Dream amalkan berikut ini:

لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ يُحْيِيْ وَيُمِيْتُ وَهُوَ حَيٌّ لاَ يَمُوْتُ، بِيَدِهِ الْخَيْرُ، وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ 

Lâilâha illâLlâhu wahdahu lâ syarîkalahu, lahu-l-mulku wa lahu-l-hamdu yuhyî wa yumîtu wa huwa hayyun lâ yamûtu biyadihi-l-khair wahuwa ‘alâ kulli syai-in qadîr.

Artinya: “ Tidak ada Tuhan selain Allah. Maha Tunggal. Tiada sekutu bagi-Nya. Dialah pemilik kekuasaan dan segala pujian, yang menghidupkan dan mematikan. Dia Maha Mampu atas segala sesuatu.”

Dengan membaca doa masuk pasar di atas, maka dijelaskan dalam hadir yang diriwayatkan oleh Tirmidzi, bahwasanya Allah SWT akan mencatat satu juta kebaikan dan menghapuskan satu juta keburukan, serta meninggikan untuk orang yang membacanya satu juta derajat.

3 dari 3 halaman

Adab saat Belanja di Pasar

 Adab saat Belanja di Pasar© Unsplash.com

Setelah mengetahui bacaan doa masuk pasar, sahabat Dream juga perlu mengetahui apa saja adab yang perlu diperhatikan saat berbelanja di pasar. Berikut beberapa adab belanja di pasar yang perlu sahabat Dream ketahui:

Berzikir saat Masuk Pasar

Adab pertama saat belanja di pasar adalah berzikir. Para ulama pun menganjurkan zikir yang dibaca adalah berikut ini:

Laa ilaha illallah wahdahu laa syarika lah, lahul mulku wa lahul hamdu yuhyii wa yumiit wa huwa hayyu laa yamuut bi yadihil khoir wa huwa ‘ala kulli syai-in qodiir.”

Ada sebagian ulama yang berpendapat bahwa zikir di atas berasal dari hadis yang tidak shahih. Tetapi, karena perintah untuk berzikir yang disebutkan itu umum, di mana pun tetap dianjurkan berzikir. Maka zikir tersebut boleh dibaca tanpa meyakini keistimewaannya.

Bahkan dengan membaca zikir di pasar itu lebih baik, karena artinya berzikir di tengah orang-orang yang lalai. Di mana setiap orang sedang sibuk untuk melakukan transaksi dan jarang yang mengingat Allah SWT.

Masuk Pasar Seperlunya

Adab yang kedua adalah masuk ke pasar seperlunya saja. Hal ini karena di dalam pasar ada banyak maksiat, kecurangan, dan perbuatan yang sia-sia. Dengan begitu, amalan kebaikan di dalam pasar pun terbilang sedikit. Dijelaskan oleh Salman Al-Farisi ra berikut:

Jika anda mampu, janganlah menjadi orang yang pertama kali masuk pasar. Jangan pula menjadi yang terakhir keluar dari pasar. Sebab pasar adalah tempat perangnya setan, di sanalah ia menancapkan benderanya.” (HR. Muslim)

Jujur dan Amanah

Adab berikutnya saat belanja di pasar adalah jujur dan amanah. Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah saw bersabda:

Tanda orang munafik itu ada tiga, dusta dalam perkataan, menyelisihi janji jika membuat janji dan khianat terhadap amanah.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Kemudian Rasulullah saw juga bersabda:

Sesungguhnya para pedagang akan dibangkitkan pada hari kiamat nanti sebagai orang-orang fajir (jahat) kecuali pedagang yang bertakwa kepada Allah, berbuat baik, dan berlaku jujur.” (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah)

Menundukkan Pandangan

Salah satu adab saat berbelanja di pasar adalah menundukkan pandangan. Perintah ini pun telah dijelaskan dalam Al-Quran melalui surat An-Nur ayat 30 - 31 yang artinya berikut ini:

Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman, “ Hendaklah mereka menahan pandanganya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat.”Katakanlah kepada wanita yang beriman, “ Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya.” (QS. An-Nuur: 30-31)

Join Dream.co.id