Doa Agar Terhindar dari Dajjal dan Segala Fitnahnya, Penting Dibaca Tiap Hari

Stories | Jumat, 5 Agustus 2022 20:01

Reporter : Arini Saadah

Doa agar terhindar dari Dajjal ini dibaca setelah tahiyat akhir sebelum salam pada saat sholat.

Dream – Dajjal merupakan makhluk ciptaan Allah SWT yang diyakini akan membawa fitnah besar ketika kehidupan manusia akan memasuki akhir zaman. Rasulullah SAW telah memperingatkan umatnya untuk selalu berdoa memohon kepada Allah agar terhindar dari fitnah Dajjal yang keji.

Menjadi sumber menjauhnya manusia dari Sang Pencipta, Dajjal dikisahkan sebagai sosok yang akan membawa pengaruh buruk bagi manusia. Dajjal juga mengaku sebagai Tuhan untuk meyakinkan para pengikutnya.

Namun demikian terdapat perbedaan pendapat mengenai sosok Dajjal di kalangan para ulama. Ada yang berpendapat Dajjal adalah sosok fiktif yang menjadi simbol kejahatan. Namun pendapat yang paling umum adalah Dajjal merupakan sosok yang benar-benar akan muncul di akhir zaman dengan segala fitnah dan kekejiannya kepada manusia.

Inilah mengapa Rasulullah Saw mengajarkan kepada umat Islam tentang bacaan doa terhindar dari Dajjal. Doa agar terhindar dari Dajjal ini dibaca setelah tahiyat akhir dalam sholat.

Dirangkum Dream dari berbagai sumber, berikut bacaan doa terhindar dari Dajjal yang perlu kamu panjatkan tiap hari.

Doa Agar Terhindar dari Dajjal dan Segala Fitnahnya, Penting Dibaca Tiap Hari
Ilustrasi Berdoa Agar Terhindar Dari Fitnah Dajjal. (Foto: Shutterstock.com)
2 dari 4 halaman

Doa Terhindar dari Dajjal dan Segala Fitnahnya

Pada masa hidupnya, Rasulullah SAW telah menganjurkan kepada umatnya untuk selalu membaca doa terhindar dari Dajjal dan segala fitnah kejinya.

Dajja digambarkan sebagai makhluk yang membawa huru-hara di akhir zaman. Bahkan diceritakan kebaikan yang dibawa Dajjal adalah keburukan, sedangkan keburukan yang dibawanya adalah kebaikan. Tangan kanan Dajjal membawa neraka, sedangkan tangan kiri Dajjal membawa surga.

Maka dari itu kita semua berdoa agar tidak hidup pada zamannya. Namun bagaimanapun juga, tidak ada yang mengetahui kapan kedatangan makhluk ini. Menurut beberapa riwayat, Dajjal akan muncul di akhir zaman. Dengan selalu membaca doa terhindar dari fitnah Dajjal, semoga kita semua terhindar dari fitnahnya.

Doa terhindar dari Dajjal salah satunya terdapat dalam kitab Shahih Muslim yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah. Ia mendengar Rasulullah SAW bersabda:

“ Jika kalian selesai melakukan tasyahud akhir, berlindunglah kepada Allah dari empat hal, azab neraka Jahanam, azab kubur, fitnah hidup dan mati, dan keburukan Dajjal yang terhapus dari rahmat Allah.” (HR Muslim)

3 dari 4 halaman

Dibaca Setelah Tahiyat Akhir

Jumhur ulama berpendapat, doa terhindar dari fitnah Dajjal ini disunahkan dibaca setelah membaca tahiyat akhir dalam sholat, tepatnya sebelum salam. Berikut bacaan doa terhindar dari fitnah Dajjal arab, latin dan artinya:

Allahumma inni audzubika min 'adzabi jahannama wa min adzabil qabri wa min fitnatil mahya wal mamati, wa min syarri fitnatil masihid dajjal.

Artinya:

" Ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari siksa neraka jahannam, dari siksa kubur, dari fitnah kehidupan dan kematian, serta dari kejahatan fitnah al-masikh ad-Dajjal." (Hadits riwayat Imam Muslim dari Anas dan Abu Hurairah).

4 dari 4 halaman

Sepuluh Ayat Pertama Surat Al-Kahfi

Doa terhindar dari fitnah Dajjal di atas juga bisa ditambahkan dengan menghafalkan secara lancar sepuluh ayat pertama dari Surat Al-Kahfi.

Pada sepuluh ayat pertama Surat Al-Kahfi tersimpan keistimewaan sebagai doa agar terhindar dari Dajjal. Sebagaimana yang disebutkan dalam hadits riwayat Muslim. Abu Darda’ pernah berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda:

“ Barangsiapa menghafal sepuluh ayat pertama dari surat Al Kahfi, maka ia akan terlindungi dari (fitnah) Dajjal.” (HR. Muslim)

Bagi setiap Muslim disarankan untuk mengamalkan doa agar terhindar dari Dajjal di atas di setiap sholatnya. Sebab pada zaman itu, kaum beriman mengalami penderitaan. Keimanannya benar-benar diuji dengan kedatangan Dajjal. Bahkan dikatakan makanan kaum beriman pada zaman Dajjal berupa kalimat tasbih.

Nabi Muhammad SAW bersabda:

“ Akan tetapi mereka membaca tasbih dan menyucikan Allah, dan itulah makanan dan minuman kaum beriman saat itu, tasbih dan taqdis.” (HR. Abdul Razzaq, ath-Thayalisi, Ahmad, Ibnu Asakir)

Join Dream.co.id